Revitalisasi Sumberdaya Manusia Melalui Pengembangan Profesi Berkelanjutan di Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Grobogan
Abstract
Peningkatan kualifikasi dan kompetensi pendidik merupakan salah satu komponen penting dalam peningkata nutu layanan pendidikan bagi peserta didik di satuan pendidikan. Informasi dalam RPJMN Tahun 2015-2019 bahwa: kualitas, kompetensi, dan profesionalisme pendidi kmasih harus ditingkatkan.Selain itu, meskipun guru-guru telah memenuhi kualifikasi dan legalitas guru profesional, belum mencerminkan pada tingginya kompetensi mereka. Uji kompetensi guru yang dilakukan tahun 2012 & 2013 terhadap sekitar 850 ribu guru menunjukkan hasil yang tidak cukup baik. Rata-rata nila iuji kompetensi tersebut adalah sebesar 43 dari skala nilai 0 – 100. Adapun yang menjadi persoalan adalah bagaimana revitalisasi guru di Kabupaten Grobogan melihat hasil rata-rata UKG, UN guru masih dibawah standar yang ditetapkan pemerintah, bagaimana meningkatkan kompetensi guru?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini guru SD Kab. Grobogan. Teknik pengambilan data menggunakan obsevasi, FGD dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif serta validasi reponden. Berdasarkan hasilpenelitian menunjukkan bahwa (1) hasil ujian sekolah, UKG di Kab grobogan menunjukkan masih cukup memprehatikan karena masih di bawah target yang ditentukan pemerintah, (2) penilaian kinerja guru yang dilakukan oleh kepala sekolah menunjukkan hasil yang cukup baik, namun subyektifitas penilai cukup tinggi. Rekomendasinya: hendaknya kepala dinas pendidikan Kab Grobogan
mengadakan pengembangan diri meliputi : Diklat Strategi pembelajran, model dan trategi pembelajaran, penyusunan kurikulum (baik RPP, Penilaian Autentik, pembuatan kisi-kisi soal), dan pembelajaran berbasis IT. 2. Publikasi Ilmiah meliputi: pendampingan PTK dan PTS, Publikasi karya ilmiah, dan pembuatan karya ilmiah. 3 Karya inovatif meliputi : membuat alat peraga dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru.
Downloads
Published
2020-04-30
How to Cite
Fatkuroji, F. (2020). Revitalisasi Sumberdaya Manusia Melalui Pengembangan Profesi Berkelanjutan di Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Grobogan. Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 12(2). Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jmp/article/view/14507
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The copyright of the accepted for publication articles shall be assigned to Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) as the publisher of the journal. The intended copyright includes the rights to publish articles in various forms (including reprints).
- Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) maintain the publishing rights of the published articles.
- Authors are permitted to republish or disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP). Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) with an acknowledgment of initial publication to this journal.