TRACER STUDY JURUSAN PENDIDIKAN IPS: PEMETAAN DAN IDENTIFIKASI KETERSERAPAN LULUSAN JURUSAN PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL FIS UNY DI DUNIA KERJA TAHUN 2014

Authors

  • Saliman Saliman Universitas Negeri Yogyakarta
  • Supardi Supardi Universitas Negeri Yogyakarta
  • Satriyo Wibowo Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jipsindo.v0i0.4526

Keywords:

Alumni, Pendidikan IPS, Dunia kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan profil lulusan Jurusan Pendidikan IPS tahun 2008-2010 dan relevansi kurikulum di Jurusan Pendidikan IPS UNY dengan kebutuhan pasar kerja. Profil lulusan meliputi masa tunggu lulusan, persen lulusan yang sudah bekerja, dan penghasilan pertama yang diperoleh. Metode penelitian Tracer Study ini dilakukan secara deskriptif dengan pendekatan survei. Subjek penelitian adalah lulusan Jurusan Pendidikan IPS FIS UNY tahun 2008-2010 sebanyak 51 orang. Hasil pengumpulan data dengan teknik angket dan dokumentasi diperoleh balikan sejumlah 47 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan persentase kemudian dideskripsikan sebagai gambaran profil dari lulusan. Hasil penelitian diperoleh 1. Profil lulusan Jurusan Pendidikan IPS tahun 2008-2009 sebagai berikut: a. sebanyak 63,8 persen lulusan sudah memperoleh pekerjaan kurang dari enam bulan, 36,2 persen lulusan memperoleh pekerjaan pertama lebih dari 6 bulan, b. Persentase lulusan yang sudah bekerja sebagai Guru yaitu 60 persen dan non Guru 28,4 persen, serta hanya 11, persen belum bekerja. c. Penghasilan pertama yang diperoleh sebanyak 52 persen kurang dari Rp 700.00,-, dan 47 persen lulusan antara Rp 751.000,00 – Rp 1000.000,00. 2. Relevansi kurikulum dengan kebutuhan pasar kerja diperoleh hasil sebanyak 78,95 persen lulusan merasa memiliki life skill untuk jenis pekerjaan yang sesuai latar pendidikan dan 78,79 persen lulusan menyatakan materi kuliah yang diberikan di Jurusan Pendidikan IPS sudah sesuai kebutuhan pekerjaan yang sesuai latar belakang pendidikan.

Author Biography

Saliman Saliman, Universitas Negeri Yogyakarta

Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial UNY

References

Bastaman, H. D. 1996. Meraih Hidup Bermakna: Kisah Pribadi dengan Pengalaman Tragis. Jakarta: Paramadina. Cetakan 1.

Hasan Alwi (dkk.). 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Edisi Ketiga.

John M. Echols & Hasan Shadily. 1995. Kamus Inggris–Indonesia: An English–Indonesian Dictionary. Jakarta Gramedia. Cetakan 21.

Masri Singarimbun & Sofian Effendi (ed.). 1995. Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES. Cetakan 2.

Danim, S. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung. Cet-1.

Arikunto, S. 1996. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudrajat. 2014. Pendidikan Multikultural untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di sekolah dasar, Jipsindo, 1(1), 1-19. DOI: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v1i1.2874

Downloads

How to Cite

Saliman, S., Supardi, S., & Wibowo, S. (2015). TRACER STUDY JURUSAN PENDIDIKAN IPS: PEMETAAN DAN IDENTIFIKASI KETERSERAPAN LULUSAN JURUSAN PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL FIS UNY DI DUNIA KERJA TAHUN 2014. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 2(1), 83–100. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v0i0.4526