PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN IPS TERHADAP MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI
DOI:
https://doi.org/10.21831/jipsindo.v2i1.2887Keywords:
persepsi, mitigasi bencana, gempa bumiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa pendidikan IPS Universitas Negeri Yogyakarta terhadap mitigasi bencana gempa bumi. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan populasi mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS UNY yang berjumlah 264 mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proportional stratified random sampling sedangkan perhitungan pengambilan sampel berdasarkan monogram Harry King. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket atau kuesioner. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus alpha cronbach. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa Pendidikan IPS UNY terhadap mitigasi bencana gempa bumi berada pada kategori sangat baik sebesar 59,9%, kategori baik sebesar 43,4%, kategori cukup sebesar 0,7%, dan kategori kurang sebesar 0%. Kesimpulan untuk masing-masing indikator dapat dirinci sebagai berikut: (1) Persepsi mahasiswa Pendidikan IPS terhadap mitigasi struktural bencana gempa bumi sebesar 56,6% berkategori sangat baik, 41,5% berkategori baik, dan 5,9% berkategori cukup; (2) Persepsi mahasiswa Pendidikan IPS terhadap mitigasi nonstruktural bencana gempa bumi sebesar 50,6% berkategori sangat baik, 48,7% berkategori baik, dan 0,7% berkategori cukup. Persepsi mahasiswa Pendidikan IPS terhadap mitigasi bencana gempa bumi berdasarkan angkatan atau tingkatan sebagai berikut: (a) Mahasiswa Pendidikan IPS angkatan 2012, sebesar 48,1% berkategori sangat baik, 50% berkategori baik, dan 1,9% berkategori cukup; (b) Mahasiswa Pendidikan IPS angkatan 2011, sebesar 52% berkategori sangat baik dan 48% berkategori baik; serta (c) Mahasiswa Pendidikan IPS angkatan 2010, sebesar 64% berkategori sangat baik dan 36% berkategori baik.
References
Bimo Walgito. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.
Dadang Sungkawa. (2011). Letak Indonesia (Jurnal).http://file.upi.edu/Direktori/FPIPS/JUR._PEND._GEOGRAFI/195502101 980021-DADANG_SUNGKAWA/letak_Indonesia.pdf. diunduhpada tanggal12 Desember 2012 jam 07.25 WIB.
DEPKOMINFO. (2008). Memahami Bencana: Informasi Tindakan Masyarakat Mengurangi Resiko Bencana. Jakarta: Badan Informasi Publik Pusat.
Ella dan Usman. (2008). Mencerdasi Bencana. Jakarta: PT. Grasindo.
Hadi Purnomo dan Ronny Sugiantoro. (2010). Manajemen Bencana: Respons dan Tindakan terhadap Bencana. Jakarta: Media Pressindo.
Nanang Martono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Lange; M. Ivanova; N. Lebedeva. (1991). Geologi Umum (alihbahasa: Eric Jayaporhas Silitonga). Jakarta: Gaya Media Pratama.
Radianta Triatmadja. (2010). Tsunami: Kejadian, Penjalaran, Daya Rusak, dan Mitigasinya. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.S.
Arie Prambodo. (2005). Panduan Praktis Menghadapi Bencana. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Undang-undang No. 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.
Wasis Suprapto, dkk. (2011). "Penerapan Program Pembelajaran Mitigasi Bencana Bagi Siswa SMP (Studi Kasus Di SMPN 2 Sanden)". Pelita (Volume VI, Nomor 2). Yogyakarta: Lembaga Penelitian
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo.