PERSEPSI GURU SEKOLAH DASAR TENTANG IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI WILAYAH III KECAMATAN KEBAYORAN BARU JAKARTA SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.21831/jipsindo.v2i1.2884Keywords:
Persepsi, Guru, Pendidikan karakterAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui persepsi guru sekolah dasar terhadap pendidikan karakter di Wilayah III, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Subjek penelitian ini adalah guru sekolah dasar Wilayah III, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Objek penelitiannya adalah persepsi guru terhadap pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif menggunakan Uji-T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan persepsi guru Sekolah Dasar di di Wilayah III, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan terhadap pendidikan karakter hipotesis (H1) diterima artinya ada perbedaan persepsi antara guru yang berpengalaman dan yang belum berpengalaman dalam implementasi pendidikan karakter. Karena angka yang diperoleh dalam penelitian lebih besar dari > ). Hasil perhitungan yang lebih besar dari pada juga dapat dilihat dari hasil rata-rata skor angket guru yang berpengalaman lebih besar yakni sedangkan hasil rata-rata skor angket guru yang tidak berpengalaman adalah sebesar 126.5.
References
A, Doni Koesoema. 2010. Pendidikan Karakter : Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo
A, Najib Sulhan M. 2011. Karakter Guru Masa Depan : Sukses & Bermartabat. Surabaya : Jaring Pena
Aunillah, Nurla Isna. 2011. Panduan Penerapan Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: Laksana
Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya.
Danim, Sudarwan . 2011. Pengembangan Profesi Guru : Dari Pra-Jabatan, Induksi, ke Profesional Madani. Jakarta : Kencana
Fakhruddin, Asef Umar. 2011. Menjadi Guru Favorit: Pengalaman, pemahaman, dan Praktek Mewujudkannya. Jogjakarta: DIVA Press
Khan, D. Yahya. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri: Mendongkrak Kualitas Pendidikan. Yogyakarta: Pelangi publishing.
KEMENDIKNAS. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah
Nur Wahyuni Kusuma, Dharmadkk. 2011. Pendidikan Karakter : Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Rosdakarya
Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter "Menjawab Tangtangan Krisis Multidimensional". Jakarta: PT Bumi Aksara
Mu'in, Fatchul Mu'in. 2011. Pendidikan Karakter: "kontruksi Teoretik & praktik". Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.
Robbins, Stephen P, 2007. Perilaku Organisasi Buku 1, Jakarta: Salemba Empat.
Samani, Muchlas & Hariyanto, M.S. 2011. Pendidikan Karakter, Jakarta: PT Remaja Rosdakarya
Sudrajat. 2014. Pendidikan multikultural untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di sekolah dasar, Jipsindo, 1(1), 1-19.
Sugiyono,2011. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo.