PENINGKATAN MOTIVASI, KEDISIPLINAN, DAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA MELALUI METODE GROUP INVESTIGASI
DOI:
https://doi.org/10.21831/jipsindo.v6i1.24334Keywords:
Motivasi, Kedisiplinan, Prestasi belajar.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi, kedisiplinan, dan prestasi belajar siswa kelas VIIE SMP Negeri 2 Kalasan Tahun Pelajaran 2015/2016 melalui Metode Group Investigasi (GI). Metode penelitian GI yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dikelas VIIE SMP Negeri 2 Kalasan dengan jumlah subjek 32 Siswa, terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan, dengan penelitian dua siklus. Siklus 1 terdiri dari 2 pertemuan, demikian juga siklus 2 terdiri dari 2 pertemuan. Hasil dari penelitian motivasi belajar mengalami peningkatan dari pra siklus 21,00%, siklus 1 66,78%, siklus 2 76,25%, Kedisiplinan belajar Pra Siklus 37,00 Siklus 1 70,17% Siklus 2 76,37% , Sedang untuk Prestasi Belajar Pra Siklus 21,88% Siklus 1 77,19% Siklus 2 81,25%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi, kedisiplinan, dan prestasi belajar siswa kelas VIIE SMP Negeri 2 Kalasan tahun 2015/2016 dapat ditingkatkan melalui pembelajaran group investigasi. Dengan pembelajaran tipe grup investigasi menjadikan bersaingnya tiap kelompok yang akan berdampak pada peningkatan prestasi kelompok maupun individu.References
Agustin, Mubiar. 2014. Permasalahan Belajar dan Inovasi Pembelajaran. Bandung: PT. Rifika Aditama.
Ali, Muhammad. 2010. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Aqip, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Rama Widya.
Aqip, Zainal. 2014. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Konstektual (Inovatif). Bandung: CV.Yrama Widya.
Asy Mas'udi. 2000. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Yogyakarta: PT Tiga Serangkai.
Eko Putro W. 2015 . Evaluasi Program Pembelajaran. Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Evelinen Siregar, & Hartini Nara. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media Gredler,
Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Hamiyah, Nur & Muhammad Jauhar. (2014). Strategi Belajar Mengajar Di Kelas.Jakarta: Prestasi Pustaka
Khanifatul. (2013). Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Kompri. 2015. Motifasi Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Kurniawan, Imas. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Margaret E.Bell. 1994. Belajar dan Membelajarkan. Jakarta: PT.Raja Grafindo: Persada.
Maryanto, A. 1994. Kurikulum Lintas Bidang Studi. Jakarta: Gramedia
Sudrajat, supermini, satriyo. 2015. Strategi Cooperative Learning Sebagai Peningkatan Kualitas Pembayaran IPS di SMP, Jipsindo, 2(2) 120-142
The Liang Gie. 1995: 167 Cara Belajar Yang Efisien. Yogyakarta: Liberti.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo.