PEMBENTUKAN KARAKTER CALON PENGURUS ORGANISASI SANTRI BINA UMAT (OSB)
DOI:
https://doi.org/10.21831/jipsindo.v6i1.24331Keywords:
Pembentukan karakter, Calon pengurus OSB, DisiplinAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui metode yang digunakan dalam pembentukan karakter peserta didik yang akan menjadi calon pengurus OSB masa bhakti 2018-2019 serta karakter yang harus ada pada diri pengurus OSB itu sendiri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah pembimbing OSB, wali kelas, dan lima peserta didik kelas 11. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan Karakter yang dibentuk dalam menyiapkan calon Pengurus OSB yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, cinta tanah air, bersahabat, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggungjawab. Metode yang digunakan dalam membentuk karakter calaon pengurus OSB yaitu: (1) Metode ceramah, Metode ini dilakukan dalam setiap kegitatan yang dilakukan oleh pembimbing ataupun wali kelas; (2) Metode Diskusi, metode ini dilakukan ketika sedang ada kumpul dengan pengurus OSB ataupun ketika mendampingi rapat pengurus OSB; (3) metode Pemberian tugas (resitasi), Pengurus OSB diberikan tugas sesuai dengan bagiannya; dan (4) Metode Pembiasaan, Pengurus OSB dilatih untuk disiplin, memutuskan untuk mengadakan kegiatan dalam rapat atau dengan musyawarah mufakat. KataReferences
Ali Ibrahim Akbar. (2000). Pendidikan Karakter. USA : Harvard University.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Departemen pendidikan nasional. (2011). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Erie Sudewo. (2011). Character Building, Jakarta: Republika.
F Rudy Dwiwibawa & Theo Riyanto. (2008). Siap Jadi Pemimpin: Latihan Dasar Kepemimpinan. Yogyakarta: Kanisius.
Heri Gunawan. (2014). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi, (Bandung: Alfabeta CV.
Jamal Ma'mur Asmani,. (2012) Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter disekolah . Yogyakarta: Diva Press.
Lorens Bagus. (2005). Kamus Filsafat, Jakarta: Gramedia.
Moh. Haitami dan Syamsul Kurniawan. (2012). Filsafat Ilmu. Pontianak: STAIN Pontianak Press, 2012.
Muchlas Samani dan Hariyanto. (2011). Konsep Dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nana Syaodih Sukmadinata. (2007). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Pupuh Fathurrohman, dkk. (2013). Pengembangan pendidikan Karakter, Bandung: Refika Aditama.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (1986). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bina Aksara.
Sutrisno Hadi. (2002). Metodologi Research. jilid II. Yogyakarta: Andi Offset.
Syamsul Kurniawan. (2016). Pendidikan Karakter konsepsi & Imlimentasinya secara Terpadu di Lingkungan keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, & Masyarakat. cet. III Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Tatang M. Amirin. (1995). Menyusun Rencana Penelitian, Jakarta: Raja Grafika persada.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan pengembangan Bahasa, (1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia, cet. III. Jakarta: Balai Pustaka.
UU RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Sinar Grafika.
Winarno Surahmat. (1975). Dasar-Dasar Teknik Research, Pengantar Metode Ilmiah, Tarsito.
Zaim Elmubarok. (2008). Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: konsepsi dan alikasinya dalam lembaga pendidika, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo.