IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN IPS DI MADRASAH TSANAWIYAH

 Ardilla Elfira Safitri, Victor Novianto

Abstract


IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN IPS DI MADRASAH TSANAWIYAH
Ardilla Elfira Safitri
Victor Novianto
Jurusan Pendidikan IPS, Program Pascasarjana, UPY
email: iraftr9@gmail.com, victor@upy.ac.id
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai karakter, hasil implementasi pendidikan karakter, dan faktor pendorong dan penghambat implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran IPS adalah siswa membantu teman, guru memberikan tugas, siswa membaca asmaul khusna, siswa hadir ke kelas tepat waktu, guru dan siswa melakukan tanya jawab. Hasil implementasi pendidikan karakter adalah siswa senang membantu teman, siswa dapat mengerjakan tugas mandiri, siswa rajin beribadah, siswa tidak terlambat datang ke kelas, dan siswa dapat menjawab pertanyaan. Faktor pendorong implementasi pendidikan karakter adalah siswa merupakan seorang santri dan faktor penghambatnya adalah guru belum memahami tentang pendidikan karakter.
Kata kunci: pendidikan karakter, pembelajaran IPS, Madrasah Tsanawiyah




DOI: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v6i1.24328

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ardilla Elfira Safitri, Victor Novianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia dan HISPISI 

INDEXING BY:

 

 

 

_____________________________________________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
Jurnal Informasi by http://journal.uny.ac.id/index.php/informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ISSN 2355-0139 (print) 

ISSN 2615-7594 (online)