PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DI SMP NEGERI 3 KEBUMEN JAWA TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.21831/jipsindo.v5i1.20180Keywords:
Pendidikan lingkungan hidup, Sekolah adiwiyata, SMP Negeri 3 KebumenAbstract
Program Adiwiyata adalah salah satu program Kementrian Lingkungan Hidup RI dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam pelestarian lingkungan hidup. Implementasi program Adiwiyata di SMP Negeri 3 Kebumen merupakan tema yang menarik untuk diteliti guna memberikan gambaran yang kongkrit program pendidikan lingkungan hidup di sekolah. Metode penelitian yang dipergunakan adalah penelitian kualitatif. Informan penelitian adalah: kepala sekolah, guru, wakil kepala sekolah bidang sarana prasarana, humas sekolah, karyawan sekolah dan peserta didik. Lokasi penelitian terletak di SMP Negeri 3 Kebumen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan sudah terlaksana sesuai dengan panduan adiwiyata. Hal tersebut ditandai pada komponen kebijakan berwawasan lingkungan, sekolah merubah visi misi sekolah dan pada kebijakan anggaran, sekolah mengalokasikan dari dana Bantuan Operasional Sekolah. Komponen kurikulum berwawasan lingkungan, dilaksanakan dengan mengintegrasikan nilai-nilai peduli lingkungan ke dalam pembelajaran di setiap mata pelajaran. Komponen kegiatan lingkungan bersifat partisipasif dilaksanakan melalui kegiatan aksi lingkungan baik yang diselenggarakan pihak sekolah ataupun dari pihak luar.
References
Adam, A., & Fajarisma, B., (2014). Analisis Implementasi Kebijakan Kurikulum Berbasis Lingkungan Hidup Pada Program Adiwiyata Mandiri SDN Dinoyo Malang, Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 2, (2), 166-173.
Arianto, I., (1988). Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup untuk IKIP dan FKIP. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi.
Ibrahim Bafadal. (2004). Menejemen perlengkapan sekolah: teori dan aplikasinya. Jakarta: Bhumi Aksara.
Masruri, MS. (2002). Pendidikan lingkungan hidup. Yogyakarta: Yogyakarta University Press.
Sudrajat & Satriyo Wibowo, 2016. (2016). Pemahaman menejemen bencana alam pada siswa sekolah menengah pertama, Jipsindo, 3(2), 168-189.
Suryosubroto, (1998). Humas dalam dunia pendidikan. Yogyakarta: Mitragama Widya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo.