KEEFEKTIFAN HUMAN CAPITAL INVESTMENT DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN BAGI TENAGA KEPENDIDIKAN DI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

 Fitri Nur Mahmudah, Lantip Diat Prasojo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) payback period (PP), 2) benefit/cost ratio, 3) return on investment (ROI), 4) net present value (NPV), dan 5) internal rate of return (IRR) dalam perspektif pendidikan bagi tenaga kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini adalah Evaluasi dengan model Discrepancy. Instrumen pengumpul data berupa angket yang ditujukan kepada tenaga kependidikan di UNY dengan skala Guttman. Validitas instrumen meliputi validitas logis dan validitas empiris yang dihitung dengan Pearson product moment. Reliabilitasnya dihitung dengan teknik Kuder Richardson (KR20). Teknik analisis data dengan menggunakan deskriptif dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) payback period investasi dalam bentuk pendidikan bagi tenaga kependidikan yang melakukan peningkatan kualifikasi pendidikan tidak melebihi batas waktu yang ditentukan, sehingga invetasi dalam bentuk pendidikan efektif (feasible); 2) benefit/cost ratio investasi dalam pendidikan memberikan manfaat positif bagi tenaga kependidikan; 3) return on investment dalam perspektif pendidikan bagi tenaga kependidikan memiliki nilai positif sehingga investasi dapat dipertimbangkan; 4) net present value yang diperoleh bernilai positif sehingga investasi dalam perspektif pendidikan bagi tenaga kependidikan di Unviersitas Negeri Yogyakarta dapat dikatakan feasible.

Keywords


human capital investment; payback period; benefit/cost ratio; return on investment; net present value; internal rate of return

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/amp.v4i1.8201

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2337-7895 (print) || ISSN 2461-0550 (online)


View Journal Statistics