Motivasi penggunaan media oleh guru untuk memperkuat pemahaman deep learning

Authors

  • Salsabila shofia Rahma UNY, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21831/ino.v29i2.90315

Keywords:

deep learning, game, media ajar, pelatihan

Abstract

Sebagai bagian dari urun rembuk perguruan tinggi dalam konsep dosen bertugas di luar kampus, tim PkM merancang pelatihan penyusunan media pembelajaran berbantuan game bagi guru MGMP Bahasa Indonesia MTs di Kabupaten Bantul. Program berorientasi kinerja: penguatan konsep inti (deep learning, taksonomi Solo, rapid prototyping (tradisional-plus dan digital-ringan), simulasi/uji coba untuk umpan balik sejawat lalu pendampingan revisi hingga siap implementasi. Melalui pendekatan ini, diharapkan guru memiliki kerangka kerja yang operasional untuk merancang pengalaman belajar yang berpusat pada peserta didik, meningkatkan keterlibatan tiga dimensi, dan menumbuhkan kompetensi literasi yang lebih mendalam serta berkelanjutan. Pelatihan ini diikuti oleh 40 guru Bahasa Indonesia MTs se-Kabupaten Bantul dan dirancang sebagai program berbasis kinerja yang memadukan penguatan konsep, studio desain, simulasi/umpan balik, serta pendampingan implementasi. Metode pelatihan dilakukan dengan cara blended yang menggabungkan kegiatan secara daring dan luring. Pengelompokkan peserta dilakukan berdasarkan indikator lama mengajar, penguasaan teknologi informasi, dan kekerapan menggunakan media, serta tantangan penggunaan media dalam pembelajaran. Pelatihan  penyusnan  berhasil meningkatkan kapasitas psikologis mereka dalam menghadapi tantangan kerja. Peningkatan ini menunjukkan bahwa intervensi berbasis pengembangan kepribadian dan profesionalisme memiliki dampak positif terhadap kualitas. Namun, efektivitas pelatihan tidak hanya dapat dinilai dari hasil jangka pendek berupa peningkatan motivasi dan resiliensi, tetapi juga dari sejauh mana guru mampu mengimplementasikan perubahan tersebut dalam praktik pembelajaran dan interaksi sehari-hari. Berdasarkan uraian di atas, program pengembangan kompetensi profesional guru MTs harus dilakukan secara kontinyu dan sebaiknya diintegrasikan dalam sistem pendampingan berkelanjutan yang holistik.

References

Arsyad, A. (2011). BAB II KAJIAN TEORI A. Tinjauan Tentang Media Pembelajaran.

Eccles, J. S., & Wigfield, A. (2002). Motivational beliefs, values, and goals. Annual Review of Psychology, 53, 109–132. https://doi.org/10.1146/ANNUREV.PSYCH.53.100901.135153

Fullan, M., Foreword, M. L., & Barber, M. (2014). A Rich Seam How New Pedagogies Find Deep Learning. www.michaelfullan.ca

Kirkpatrick, D. L. (1994). Kirkpatrick, D. L. (1994). Evaluating Training Program—The Four Levels. San Francisco, CA Berret-Koehler Publishers, Inc. - References - Scientific Research Publishing. https://www.scirp.org/reference/referencespapers?referenceid=1735233

Krathwohl, D. R. (2002). A Revision Of Bloom’s Taxonomy Of Educational Objectives. Theory into Practice, 41, 302. http://www.citeulike.org/user/mapto/article/961573%5Cnhttp://www.mendeley.com/research/a-taxonomy-for-learning-teaching-and-assessing-a-revision-of-blooms-taxonomy-of-educational-objectives-abridged-edition-1/%5Cnhttp://www.amazon.ca/exec/obidos/redirect?

McClelland, D. C. (1967). Achieving Society - David Clarence McClelland - Google Buku. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Rl2wZw9AFE4C&oi=fnd&pg=PA1&dq=McClelland,+D.+C.+(1967).+The+achieving+society.+Free+Press.&ots=NJOkZhoGI1&sig=tsdrSDFoeiGe4dz8yXKVn8ucyKo&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Pincus, J. D. (2023). The structure of human motivation. BMC Psychology, 11(1), 1–25. https://doi.org/10.1186/S40359-023-01346-5/TABLES/13

Plass, J. L., Homer, B. D., & Kinzer, C. K. (2015). Foundations of Game-Based Learning. Educational Psychologist, 50(4), 258–283. https://doi.org/10.1080/00461520.2015.1122533

Published

2025-10-01

How to Cite

Rahma, S. shofia. (2025). Motivasi penggunaan media oleh guru untuk memperkuat pemahaman deep learning. INOTEKS: Jurnal Inovasi Ilmu Pengetahuan,Teknologi, Dan Seni, 29(2). https://doi.org/10.21831/ino.v29i2.90315

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.