Model Pembelajaran Keterampilan Terintegrasi Kewirausahaan
DOI:
https://doi.org/10.21831/hej.v4i1.24755Keywords:
model pembelajaran, keterampilan, kewirausahaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model dan menguji kevalidan model pembelajaran keterampilan tata busana terintegrasi kewirausahaan di Madrasah Aliyah. Menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang dimodifikasi ke tujuh tahapan (1) potensi dan masalah; (2) studi Literatur dan Pengumpulan data; (3) desain model pembelajaran; (4) validasi desain model; (5) revisi desain; (6) pembuatan model pembelajaran; (7) uji coba terbatas model, sebagai model final yang pelaksanaannya dilaksanakan dalam tahap studi pendahuluan dan tahap pengembangan. Hasil penelitian ini menunjukkan model pembelajaran keterampilan tata busana terintegrasi kewirausahaan yang dikembangkan menghasilkan model konseptual, model hipotetik dan model akhir. Model pembelajaran keterampilan yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis untuk meningkatkan kompetensi siswa, membuat produk dan keterampilan berwirausaha bagi siswa Madrasah Aliyah
References
Badan Pusat Statistika, "Pengangguran terbuka menurut pendidikan tertinggi yang ditamatkan 2015," 2015.
Subroto, Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.
Kemendiknas, "Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan.," 2010.
Trianto, Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D). Bandung: Bumi Aksara, 2015.