Model Pembelajaran Keterampilan Terintegrasi Kewirausahaan

Authors

  • NUR KHOLIFAH
  • RODIA SYAMWIL Universitas Negeri Semarang
  • EKO SUPRAPTONO Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.21831/hej.v4i1.24755

Keywords:

model pembelajaran, keterampilan, kewirausahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model dan menguji kevalidan model pembelajaran keterampilan tata busana terintegrasi kewirausahaan di Madrasah Aliyah. Menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang dimodifikasi ke tujuh tahapan (1) potensi dan masalah; (2) studi Literatur dan Pengumpulan data; (3) desain model pembelajaran; (4) validasi desain model; (5) revisi desain; (6) pembuatan model pembelajaran; (7) uji coba terbatas model, sebagai model final yang pelaksanaannya dilaksanakan dalam tahap studi pendahuluan dan tahap pengembangan. Hasil penelitian ini menunjukkan model pembelajaran keterampilan tata busana terintegrasi kewirausahaan yang dikembangkan menghasilkan model konseptual, model hipotetik dan model akhir. Model pembelajaran keterampilan yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis untuk meningkatkan kompetensi siswa, membuat produk dan keterampilan berwirausaha bagi siswa Madrasah Aliyah

References

Badan Pusat Statistika, "Pengangguran terbuka menurut pendidikan tertinggi yang ditamatkan 2015," 2015.

Subroto, Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.

Kemendiknas, "Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan.," 2010.

Trianto, Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D). Bandung: Bumi Aksara, 2015.

Downloads

Published

2020-05-06

Issue

Section

Articles