Model Pembelajaran Keterampilan Terintegrasi Kewirausahaan

NUR KHOLIFAH,
RODIA SYAMWIL, Universitas Negeri Semarang
EKO SUPRAPTONO, Universitas Negeri Semarang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model dan menguji kevalidan model pembelajaran keterampilan tata busana terintegrasi kewirausahaan di Madrasah Aliyah. Menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang dimodifikasi ke tujuh tahapan (1) potensi dan masalah; (2) studi Literatur dan Pengumpulan data; (3) desain model pembelajaran; (4) validasi desain model; (5) revisi desain; (6) pembuatan model pembelajaran; (7) uji coba terbatas model, sebagai model final yang pelaksanaannya dilaksanakan dalam tahap studi pendahuluan dan tahap pengembangan. Hasil penelitian ini menunjukkan model pembelajaran keterampilan tata busana terintegrasi kewirausahaan yang dikembangkan menghasilkan model konseptual, model hipotetik dan model akhir. Model pembelajaran keterampilan yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis untuk meningkatkan kompetensi siswa, membuat produk dan keterampilan berwirausaha bagi siswa Madrasah Aliyah


Keywords


model pembelajaran, keterampilan, kewirausahaan

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistika, “Pengangguran terbuka menurut pendidikan tertinggi yang ditamatkan 2015,” 2015.

Subroto, Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.

Kemendiknas, “Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan.,” 2010.

Trianto, Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D). Bandung: Bumi Aksara, 2015.




DOI: https://doi.org/10.21831/hej.v4i1.24755

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 NUR KHOLIFAH, RODIA SYAMWIL, EKO SUPRAPTONO

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

index by 

 

Creative Commons License

Home Economic Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Home Economics Journal Stats