Peningkatan Self-Directed Learning Readiness Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Fotografi Dasar Melalui Flipped Classroom Dan Ict

Putra Uji Deva Satrio, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo, Indonesia
Athika Dwi Wiji Utami, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo, Indonesia

Abstract


Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Lesson Study berbasis Classroom Action Research. Kegiatan Lesson Study mencakup 3 tahap kegiatan dalam satu siklus yaitu Plan, Do, dan See selama 3 siklus yang melibatkan dua dosen observer. Hasil Lesson Study menunjukkan bahwa pelaksanaan Lesson Study selama 3 siklus ini, antara lain : (1) Suasana perkuliahan menjadi “lebih hidup” ditunjukkan oleh meningkatnya keaktifan belajar mahasiswa selama 3 siklus tersebut; (2) Penerapan Flipped classroom meningkatkan kesiapan mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan, yang dapat dilihat dari adanya peningkatan keaktifan dan kesiapan mahasiswa pada setiap siklusnya saat berada pada sesi tanya jawab dan diskusi kelompok; (3) Terjadi perubahan pola pembelajaran dosen berupa semakin mengurangi penggunaan ceramah dan menambah variasi metode serta penggunaan media; (4) Semua dosen yang terlibat baik dosen model maupun dosen observer ada kecenderungan semakin bisa bekerja sama dengan teman sejawat ,semakin terbuka dalam mengemukakan kekurangan, dan semakin berkeinginan untuk selalu meningkatkan kualitas pembelajarannya; dan (5) Tanggapan mahasiswa terhadap penerapan flipped classroom berbantu ICT terhadap kemandirian mahasiswa pada perkuliahan Fotografi Dasar adalah positif.


Keywords


Self Directed Learning Readiness, Fotografi Dasar, Flipped Classroom, Lesson Study

Full Text:

PDF

References


“Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0 Bagi Perguruan Tinggi Indonesia,” May 15, 2018. [Online]. Available: https://www.quipper.com/id/blog/quipper-campus/campus-info/revolusi-industri-4-0/.

I. Ahmad and D. Jenderal, “Proses Pembelajaran Digital dalam Era Revolusi Industri 4.0,” pp. 1–13, 2018.

“Flipped Classroom ‘Membalik’ Model Pembelajaran Tradisional,” August 2, 2013. [Online]. Available: http://guraru.org/info/flipped-classroom-membalik-model-pembelajaran-tradisional/.

T. Dalgleish et al., “Self-Directed Learning with ICT : Theory, Practice, and Assessment,” J. Exp. Psychol. Gen., vol. 136, no. 1, pp. 23–42, 2007.

J. M. Read, “Training and Developing Self-directed Learning Through Menitoring, Coaching other Developmental Activities and Opportunities.,” 2000




DOI: https://doi.org/10.21831/hej.v2i2.23274

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Putra Uji Deva Satrio, Athika Dwi Wiji Utami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

index by 

 

Creative Commons License

Home Economic Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Home Economics Journal Stats