Analisis Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama di SDIT Cendekia Kabupaten Purwakarta
DOI:
https://doi.org/10.21831/foundasia.v14i2.65063Abstract
Moderasi beragama lahir sebagai sebuah konsep yang dicanangkan oleh Kementerian Agama RI guna menangkal ekstrimisme dan penyimpangan dalam pengamalan agama. Moderasi beragama masuk dalam dunia pendidikan dalam bentuk nilai-nilai yang ditanamkan pada peserta didik. Nilai-nilai tersebut meliputi: a) komitmen kebangsaan; b) toleransi; c) anti-kekerasan; dan d) akomodatif terhadap budaya lokal. Penelitian ini dilakukan guna menganalisis keberadaan nilai-nilai tersebut di SDIT Cendekia. Penelitian ini juga mengkaji bagaimana proses, faktor-faktor pendukung dan penghambat, serta dampak yang ditimbulkan dari pengimplementasian nilai-nilai moderasi beragma di SDIT Cendekia. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Data-data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi yang kemudian data-data tersebut di reduksi, disajikan, hingga disimpulkan berdasarkan kaidah-kaidah ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai moderasi beragama di SDIT Cendekia telah terimplementasi dengan baik melalui pembiasaan-pembiasaan rutin yang dilakukan sekolah sehingga melalui pembiasaan tersebut dapat membentuk karakter peserta didik yang toleran dan dapat menghargai perbedaan-perbedaan yang ada.References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (P. Rapanna (ed.); 1 ed.). CV Syakir Media Press. https://osf.io/preprints/juwxn/
Akhmadi, A. (2019). Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia. INOVASI - Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 45–55. https://bdksurabaya.e-journal.id/bdksurabaya/article/view/82
Alim, M. S., & Munib, A. (2021). Aktualisasi Pendidikan Moderasi Beragama di Madrasah. Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas dan Intelektualitas, 9(2), 263. https://doi.org/10.31942/pgrs.v9i2.5719
Amelia, F., Bakar, A., & Zuliani, H. (2017). Strategi Pencegahan Tindakan Kekerasan terhadap Anak di Sekolah Dasar Negeri Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 2(1), 1–11. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pbk/article/view/2053
Amelia, R. F., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan dalam Meminimalisir Pengaruh Globalisasi terhadap Karakter Cinta Tanah Air pada Siswa SMAN 1 Majalaya. Ensiklopedia of Journal, 3(3), 103–110. http://jurnal.ensiklopediaku.org
Amran, M., Sahabuddin, E. S., & Muslimin. (2018). Peran Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 254–261. http://eprints.unm.ac.id/11744/
Aslan. (2019). Hidden Curriculum. Pena Indis. https://ejournal.staisyamsululum.ac.id/index.php/attadbir/article/view/58
Benawa, A. (2021). Urgensi dan Relevansi Pendidikan Moderasi Beragama dalam Pendidikan Agama di Sekolah. Jurnal Pasupati, 8(1), 65–84.
Fathurahman, M., & Umah, R. Y. H. (2022). Membangun Nalar Kritis Bagi Anak Dan Implementasinya Dalam Praktik Moderasi Beragama. Jurnal Ibriez: Jurnal ..., 7(1), 95–104. https://doi.org/https://doi.org/10.21154/ibriez.v7i1.243
Hendra, & Hajri, P. (2023). Kajian Komparasi Dinamika Pendidikan Kewarganegaraan di Indonesia dan Malaysia. Foundasia, 14(1), 42–54. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/foundasia
Hiung, J. N. (2021). Peranan Agama dalam Kehidupan Keseharian Umat. Tim Mimbar Konghucu. https://kemenag.go.id/read/peranan-agama-dalam-kehidupan-keseharian-umat-orvgw
Lessy, Z., Widiawati, A., Alif, D., Himawan, U., Alfiyaturrahmah, F., & Salsabila, K. (2022). Implementasi Moderasi Beragama di Lingkungan Sekolah Dasar. Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 3(2), 137–148. https://doi.org/doi.org/10.52593/pdg.03-2-03
Leton, S. S., & Keban, Y. B. (2023). Pendidikan Moderasi Beragama Dalam Penguatan Wawasan Kebangsaan Pada Era Disrupsi Di SD Inpres Ekasapta Larantuka. NALAR: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2(April), 1–8. https://doi.org/10.31004/aulad.vxix.xx
Nisa, K. (2009). HIDDEN CURRICULUM: UPAYA PENINGKATAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 12(1), 72–86. https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n1a6
Nisa, Y. F., Nasuhi, H., Abdallah, Rohayati, T., Faiqoh, Mubarak, M. Z., Nurhaetali, E., Hendramin, L. A., Utama, A. P., Ruswandi, B., Alfajri, A., & Saputra, R. E. (2018). Pelita yang Meredup Keberagamaan Guru Sekolah/Madrasah di Indonesia (Abdallah & H. Nasuhi (ed.)). PPIM UIN Jakarta.
Nur, A., & Mukhlis, L. (2015). Konsep Wasathiyah dalam Al-Quran (Studi Komparatif antara Tafsir al-Tahrí®r wa at-Tanwí®r dan Aisar at-Tafí¢sí®r). An-Nur, 4(2), 205–225. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Annur/article/view/2062
Nur, M., Yasriuddin, Y., & Azijah, N. (2022). Identifikasi Perilaku Bullying Di Sekolah (Sebuah Upaya Preventif). Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 685. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1054
UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20 (2003).
Perbup Nomor 69 Tahun 2015 tentang Pendidikan Berkarakter, Pub. L. No. 69, Pemerintah Kabupaten Purwakarta (2015). http://bagianhukum.purwakartakab.go.id/wp-content/uploads/2015/06/PERBUP-NO-69-THN-2015-TTG-PENDIDIKAN-BERKARAKTER.pdf
Lampiran Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024, Bappenas 313 (2020). https://www.bappenas.go.id/id/data-dan...dan.../rpjmn-2015-2019/
Putra, A. F., & Fathoni, A. (2022). Penerapan Karakter Disiplin melalui Pembiasaan pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6307–6312. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3236
Saodah, Amini, Q., Rizkyah, K., Nuralviah, S., & Urfany, N. (2020). Pengaruh Globalisasi Terhadap Siswa Sekolah Dasar. Pandawa: Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 2(3), 375–385. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/pandawa.v2i3.907
Sasmita, R. (2023). Sekolah Ramah Anak dalam Pespektif Teori Belajar Humanistik. Foundasia, 15(2), 406–413.
Shihab, M. Q. (2022). Wasathiyyah, Wawasan Islam tentang Moderasi Beragama (3 ed.). Penerbit Lentera Hati.
Suadi, A. (2022). Filsafat Agama, Budi Pekerti, dan Toleransi (Nilai-nilai Moderasi Beragama) (2 ed.). Kencana.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif (S. Y. Suryandari (ed.); 3 ed.). Penerbit Alfabeta.
Sulaiman. (2022). Konsep Moderasi Beragama dalam Pandangan Pendidikan Hamka. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2704–2714. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2593
Sumarto. (2021). Implementasi Program Moderasi Beragama Kementerian Agama Ri. Jurnal Pendidikan Guru, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v3i1.294
Sutrisno, E. (2019). Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan. Jurnal Bimas Islam, 12(1), 323–348. https://doi.org/10.37302/jbi.v12i2.113
Suyanti, S. (2019). PERAN GURU SEJARAH DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. FOUNDASIA, 10(2), 33–44. https://doi.org/10.21831/foundasia.v10i2.27924
Taufiq, A. (2018). Hakikat Pendidikan di Sekolah Dasar. In Pendidikan Anak di SD (2 ed., Vol. 2, hal. 1–37). Universitas Terbuka. http://repository.ut.ac.id/4122/1/PDGK4403-M1.pdf
Thohir, M. (2021). Pendidikan Tanpa Kekerasan. Jurnal Pendidikan dan Budaya: Warta Pendidikan, 5(5), 31–34. https://doi.org/https://doi.org/10.0503/wp.v5i5.96
Tim Penyusun Kementerian Agama RI. (2019). Moderasi Beragama (1 ed.). Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama RI.
Umah, R. Y. H., Werdiningsih, W., & Anggraini, Y. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, 6(1), 818–825. https://doi.org/10.36835/ancoms.v6i1.424
Zamimah, I. (2018). Moderatisme Islam Dalam Konteks Keindonesiaan. Jurnal Al-Fanar, 1(1), 75–90. https://doi.org/10.33511/alfanar.v1n1.75-90
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
![]() | ProGCouns: Professional Guidance and Counseling Journal by https://journal.uny.ac.id/index.php/progcouns is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |