Evaluasi Efektivitas Pelaksanaan Program Bilingual Mata Pelajaran Matematika

Rafinda Putri Mentari, Departemen Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
Amat Jaedun, Departemen Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
Rina Safitri, Departemen Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui aspek proses, aspek produk, dan penerapan setelah dilaksanakan evaluasi pada program bilingual mata pelajaran matematika di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan Mix metode, diawali dengan penggunaan metode kualitatif dilanjutkan dengan kuantitatif. Model evaluasi context, input, process dan product (CIPP) digunakan dalam penelitian ini dengan fokus pada dua komponen yaitu komponen process dan komponen product. Penelitian evaluasi ini menggunakan data penelitian kualitatif yang diperoleh melalui catatan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Sumber data diperoleh dari guru dan peserta didik program kelas bilingual. Hasil penelitiannya yaitu pelaksanaan proses pembelajaran program bilingual termasuk pada kategori “Baik”. Hasil evaluasi pelaksanaan penilaian program bilingual dengan menggunakan telaah dokumen berada pada kategori cukup dengan persentase 65%. Setelah dilakukan evaluasi, penerapan hasil evaluasi dengan melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan peserta didik serta melaksanakan pengayaan didapatkan hasil bahwa penerapan hasil evaluasi efektif menggunakan uji t dengan nilai gain 0,32 kategori “Sedang” pada program bilingual mata pelajaran matematika. Kesimpulan dari penelitiannya ini yaitu secara keseluruhan proses pembelajaran program bilingual di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta ketercapaian pelaksanaan dengan persentase yaitu 70,45% termasuk pada kategori “Baik”. Pada kegiatan pendahuluan dan kegiatan inti sudah dilaksanakan dengan baik.

 

The purpose of this research is to find out the process aspects, product aspects, and results of the implementation after evaluating the bilingual program in mathematics at SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. The research was conducted using the Mix Methods approach, beginning with the use of qualitative methods followed by quantitative. The CIPP evaluation model is used in this study with a focus on two components, namely the process component and the product component. This evaluation research uses qualitative research data obtained through interview notes, observations, and document studies. Sources of data were obtained from teachers and students of bilingual class programs. The results of his research are that the implementation of the learning process for bilingual programs is included in the "Good" category. The results of the evaluation of the implementation of the bilingual program assessment using document review are in the sufficient category with a percentage of 65%. After evaluating, applying the results of the evaluation by reflecting or making a summary by involving students and carrying out enrichment, it was found that the application of the evaluation results was effective using the t test with a gain value of 0.32 in the "Medium" category in the bilingual program in mathematics. The conclusion from this research is that overall the learning process of the bilingual program at SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta has achieved implementation with a percentage of 70.45% included in the "Good" category. In the preliminary activities and core activities have been carried out properly.


Keywords


Evaluasi; pelajaran matematika; program bilingual

Full Text:

PDF

References


Amelia, M. R., & Levianti, L. (2012). Motivasi belajar siswa kelas bilingual dan siswa kelas non-bilingual di SMP N 89 Jakarta Barat. Jurnal Psikologi, 10(1), 1-13. https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/psiko/article/view/1472/1341

Arikunto, S., & Jabar, C. S. (2018). Evaluasi Program. PT Bumi Aksara.

Aziz, M. R., & Safitri, M. (2022). Interactive bilingual mathematics multimedia. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 6(3), 464-474. https://jurnal.uns.ac.id/jdc/article/viewFile/68115/37990

Azwar, S. (2016). Metodologi Penelitian. Pustaka Pelajar Offset.

Artini, L. P., & Nitiasih, P. K. (2014). Bilingualisme dan Pendidikan Bilingual. Graha Ilmu.

Khoiruzzadi, M. & Karimah N. (2020). Pembelajaran bilingual dan usaha sekolah memaksimalkan perkembangan kognitif, sosial, dan motorik anak. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 2(2), 147-160. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i2.709

Lendo, O., & Tamzil, F. (2018). Evaluasi efektivitas program pembelajaran bilingual terhadap kesempurnaan komunikasi peserta didik kelas 2 Sekolah Dasar Budi Luhur Pondok Aren. Forum Ilmiah, 15(2), 300-315. https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/Formil/article/view/2366.

Listyani, E., Marsigit, M., & Hidayati, K. (2008). Mengembangkan kreativitas siswa pada pembelajaran matematika di smp bilingual. Pythagoras: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(2), 74-90. https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/viewFile/563/421

Mahmudi, I. & Saputra. (2018). Evaluasi program billingual di pondok pesantren darunnajah 2, Cipining Bogor. Jurnal At-Ta’dib, 13(2), 62-82. https://doaj.org/article/2135ccd233b84949859e46c8bbb4545a

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). An Expended Sourrcebook : Qualitative Data Analysis. Sage publication.

Montolalu, C., & Langi, Y. (2018). Pengaruh pelatihan dasar komputer dan teknologi informasi bagi guru-guru dengan uji-t berpasangan (paired sample t-test). d’Cartesian, 7(1), 44–46. https://doi.org/10.35799/dc.7.1.2018.20113

Murtadho, N. (2023). An Overview of Bilingual Education Practices in Pesantren. KnE Social Sciences, 8(7), 194-206. https://doi.org/10.18502/kss.v8i7.13250

Nugraheni, A. S. (2017). Implementasi program bilingual school untuk meningkatkan kecerdasan linguistik di SD Intis School Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 81-90. https://doi.org/10.24042/terampil.v4i1.1806

Pransiska, R. (2020). Program bilingualisme bahasa inggris pada pendidikan anak usia dini. Jurnal Serambi Ilmu Journal of Scientific Information and Educational CreatifityIlmu, 21(1), 35-47. https://doi.org/10.32672/si.v21i1.1741

Purwanti, K. A., Adiwijaya, P. A., & Dharma, I. P. S. (2021). The implementation of bilingual education at Bali Bilingual School Kindergarten. Journal on Studies in English Language Teaching, 1(1), 1-15. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/joselt/article/view/704.

Sari, D. P., & Mundilarno, M. (2020). Penerapan manajemen program kelas bilingual Cambridge Primary Curriculum Framework. MMP: Media Manajemen Pendidikan, 2(3), 419-431. https://doi.org/10.30738/mmp.v2i3.6785

Siswo. (2020). Implementation of academic supervision and clinicalsupervisors in the quality development of learning inislamic religiouseducation and practices at SMP Negeri 1 Gringsing Batang. International Conference on Islam, Law, and Society (INCOILS), 2(1). https://incoils.or.id/index.php/INCOILS/article/view/30.

SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. (2019). Sekolah Islami Dengan Karakter Internasional. https://www.smpmugayogya.sch.id/read/114/sekolah-islami-dengan-karakter-internasional.

Sugianto, B. (2014). Optimalisasi penerapan kelas bilingual menuju pembelajaran efektif di SMP Negeri 1 Dukun Gresik. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 2(1), 35-41. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:62633346

Sulastri, S., & Sholeh, M. (2017). Manajemen pembelajaran berbasis bilingual di SMP Muhammadiyah 17 Surabaya. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 5(1), 1-7. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/20292

Susiana, S. (2011). Problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Turen. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.




DOI: https://doi.org/10.21831/pythagoras.v18i2.65299

Refbacks



PYTHAGORAS: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika indexed by:


Creative Commons License Pythagoras is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras.

All rights reserved p-ISSN: 1978-4538 | e-ISSN: 2527-421X

Visitor Number:

View Pythagoras Stats