Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Microsoft Teams Dimasa Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah Kelas X DPIB Semester Gasal Tahun Ajaran 2021/2022 di SMK Negeri 2 Wonogiri

Lilik Haryanto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Maricha Husada Murti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran jarak jauh menggunakan Microsoft Teams dimasa pandemi covid-19 pada mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah kelas X DPIB semester gasal tahun ajaran 2021/2022 di SMK Negeri 2 Wonogiri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data terdiri dari kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data statistik deskriptif kuantitatif.

            Hasil penelitian: (1) kesiapan guru masuk dalam kategori “Baik” dengan skor rerata 93; (2) kesiapan siswa masuk dalam kategori “Hampir Baik” dengan skor rerata 75; (3) kesiapan sarana dan prasarana yang menunjang guru dan siswa masuk dalam kategori “Baik” dengan skor rerata 95 untuk guru dan masuk dalam kategori “Hampir Baik” dengan skor rerata 75 untuk siswa; (4) perencanaan pembelajaran masuk dalam kategori “Baik” dengan skor rerata 96 untuk guru dan masuk dalam kategori “Hampir Baik” dengan skor rerata 80 untuk siswa; (5) pelaksanaan pembelajaran masuk dalam kategori “Baik” dengan skor rerata 88 untuk guru dan masuk dalam kategori “Hampir Baik” dengan skor rerata 77 untuk siswa; (6) evaluasi pembelajaran masuk dalam kategori “Hampir Baik” dengan skor rerata 70 untuk guru dan 77 untuk siswa.

Keywords


Pembelajaran jarak jauh, Microsoft teams, Dasar-dasar konstruksi bangunan

Full Text:

PDF

References


Anggriawan, F.S. (2019). Pengembangan Learning Management System (LMS) Sebagai Media Pembelajaran untuk Sekolah Menengah Sederajat. Jurnal Tata Rias, 9(2), 1-10.

Arikunto, S. (2017). Pengembangan instrumen penelitian dan penilaian program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemendikbud. (2022). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan RI nomor 16, tahun 2022, tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah.

Majid, A. (2014). Pembelajaran tematik terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munir. (2009). Pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Munir. (2012). Pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Setiyo, W. & Anang L. (2013). Perancangan E-Learning dengan Menggunakan Learning Management System (LMS). Widya Warta, 37(02), 332-341.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualutatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualutatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta.

Widoyoko, E. (2012). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpts.v4i2.54086

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Lilik Haryanto and Maricha Husada Murti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 
 
Online (e-ISSN): e-ISSN 2715-0437 || Printed (p-ISSN): p-ISSN 2715-7601


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Teknik Sipil by Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (uny.ac.id) was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.