Analisis Faktor Penyebab Keterlambatan Pengumpulan Tugas Pada Pembelajaran Daring Di SMKN 6 Bandung

Syam Afra Fadilla, Indonesia University of Education, Indonesia
Sukadi -, Indonesia University of Education, Indonesia
Sri Rahayu, Indonesia University of Education, Indonesia

Abstract


Pembelajaran dalam jaringan yang dilaksanakan di SMKN 6 Bandung khususnya pada program keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan berjalan dengan kurang baik karena memiliki beberapa kendala, hal ini menyebabkan tujuan pembelajaran dan hasil belajar tidak tercapai dengan baik. Permasalahan ini disebabkan oleh beberapa faktor internal maupun eksternal dari guru maupun siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran umum  mengenai faktor penyebab keterlambatan pengumpulan tugas pada pembelajaran daring di SMKN 6 Bandung, mengetahui persentase faktor internal penyebab keterlambatan pengumpulan tugas pada pembelajaran daring di SMKN 6 Bandung, mengetahui persentase faktor eksternal penyebab keterlambatan pengumpulan tugas pada pembelajaran daring di SMKN 6 Bandung dan untuk mengetahui faktor yang dominan menyebabkan keterlambatan pengumpulan tugas pada pembelajaran daring di SMKN 6 Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kuantitatif dengan analisis perhitungan persentase. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persentase faktor internal lebih besar dari pada faktor eksternal. Lebih dari setengahnya siswa menyatakan penyebab keterlambatan pengumpulan tugas pada pembelajaran daring di SMKN 6 Bandung berasal dari faktor internal, sedangkan kurang dari setengahnya siswa menyatakan penyebab keterlambatan pengumpulan tugas pada pembelajaran daring di SMKN 6 Bandung berasal dari faktor eksternal. Persentase dari kedua faktor tersebut tidak terlalu jauh sehingga tidak menutup kemungkinan dari kedua faktor tersebut dapat saling menyebabkan keterlambatan pengumpulan tugas pada pembelajaran daring. Untuk faktor yang dominan menyebabkan pengumpulan tugas pada pembelajaran daring yaitu faktor internal dalam aspek motivasi.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Metode Penelitian. Jakarta: Rieka Cipta.

Hidayatullah, I. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penyelesaian Skripsi pada Program Studi Teknik Bangunan pada Saat Pandemi Covid-19. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Muis, A. A. (2013). PRINSIP-PRINSIP BELAJAR DAN PEMBELAJARAN (Principles of Teaching and Learning). ISTIQRA, 30-36.

Nama, T. (Tanpa Tahun). Estimasi Biaya Konstruksi. Retrieved from Repository.usu: Repository.usu

Pratama, R. E., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, Vol.1, No.2, 49-59.

Reka, D. (2020). Fakto-faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Menjadi Entrepreneur pada Mahasiswa Departemen Pendidikan Teknik Mesin FPTK UPI. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Rohani. (2019). Media Pembelajaran. Sumatera Utara: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: PT. Tarsito.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian . Bandung: Alfa Beta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfa Beta.

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19)

Syarifuddin, A. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. TA’DIB, Vol. XVI, No. 01, 113-136.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpts.v4i2.51060

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Syam Afra Fadilla, Sukadi -, Sri Rahayu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 
 
Online (e-ISSN): e-ISSN 2715-0437 || Printed (p-ISSN): p-ISSN 2715-7601


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Teknik Sipil by Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (uny.ac.id) was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.