Pengembangan Modul Pembelajaran Mata Kuliah Praktik Kerja Plambing dan Sanitasi di Prodi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY

Rudi Nur Syamsudin, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Nur Hidayat, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Wisnu Rachmad Prihadi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abdul Malik, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Dian Eksana Wibowo, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


ABSTRACT

This study aims to: (1) understand and carry out the stages of preparing the learning module for the plumbing and sanitation work practice course; (2) determine the feasibility level of the learning module for the plumbing and sanitation work practice course. This study uses a 4-D model research and development approach which consists of four stages, namely: defining, planning, developing, and disseminating. The results of the module development research are: (1) define, there is no learning module for plumbing and sanitation work practice courses, (2) design, there are sixteen material discussions that are adjusted based on the curriculum and learning outcomes and are composed of learning objectives, material descriptions, summaries. , independent assignments,
worksheets; (3) development, the assessment of the material obtained a score of 3.45 in the very appropriate category, the media assessment obtained a score of 3.37 in the appropriate category, and the assessment of the lecturer in charge of the subject received a score of 3.11 in the appropriate category; (4) dissemination, submission of modules to lecturers who are in charge of plumbing and sanitation work practices in the form of hardcopy and softcopy.

Keywords: Module, Plumbing, Sanitation, Model 4-D

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memahami dan melaksanakan cara penyusunan modul pembelajaran mata kuliah praktek kerja plambing dan sanitasi; (2) mengetahui kelayakan modul pembelajaran mata kuliah praktek kerja plambing dan sanitasi. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan model 4-D yang terdiri dari empat tahap, yaitu: define (pendefinisian), design (perencanaan), develop (pengembangan), disseminate (penyebarluasan). Hasil penelitian pengembangan modul ini adalah: (1) define, belum tersedianya modul pembelajaran pembelajaran mata kuliah praktek kerja plambing dan sanitasi, (2) design, terdapat empat pembahasan materi, modul tersusun dari tujuan pembelajaran, uraian materi, rangkuman, dan soal latihan; (3) development, saran yang didapat adalah (detail materi dilengkapi, komposisi gambar dengan keterangan, dan ilustrasi menggunakan warna kontras dengan latar). Penilaian pada materi memperoleh skor 3,50 kategori sangat layak, penilaian media memperoleh skor 3,02 kategori layak, dan penilaian guru memperoleh skor 3,59 kategori sangat layak; (4) disseminate, penyerahan modul kepada dosen pengampu mata kuliah praktek kerja plambing dan sanitasi berupa softfile dan hardfile.


Keywords


Modul, Plambing, Sanitasi, Model 4-D

Full Text:

PDF 9

References


Arianto, B. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Perekonomian Dunia. Jurnal Ekonomi Perjuangan (JUMPER), 2(2).

Alam, S. O. (2021). Kapan COVID-19 masuk ke Indonesia? Begini kronologinya. Diakses pada 15 Februari 2022, dari https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5781536/kapan-covid-19-masuk-ke-indonesia-begini-kronologinya

Admin. (2020). Visi dan Misi Pendidikan Teknik Sipil & Perencanaan - S1. Diakses pada 17 Februari 2022, dari http://ptsp.ft.uny.ac.id/id/visi-dan-misi-pendidikan-teknik-sipil-perencanaan-s1

Fianti, D. A. (2021). Efektivitas Penggunaan Modul Sistem Utilitas Bangunan Gedung (SUBG) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Depok. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, III (2).

Hibatullah, A. & Nayono, S. E. (2021). Pengembangan Modul Menggambar Isometri Instalasi Air Bersih dan Air Kotor Rumah 2 Lantai Mapel Konstruksi dan Utilitas Gedung Kelas XII Program Studi DPIB di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, III (2).

Mufidah, C. I. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran pada Kompetensi Dasar Hubungan Masyarakat Kelas X APK di SMKN 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Adminitrasi Perkantoran (JPAP), 2(2).

Peraturan Pemerintah. (2020). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 21 tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Jakarta.

Shen, H., Fu, M., Pan, H., Yu, Z., and Chen, Y. (2020). The Impact of the COVID-19 Pandemic on Firm Performance. Emerging Markets Finance and Trade, 56(10).

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Development for Training Teachers of Exeptional Children. Indiana: Indiana University.

Xiang, Y.T., et al. (2020). Timely research papers about COVID-19 in China. The Lancet, 395(10225).




DOI: https://doi.org/10.21831/jpts.v4i1.49374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rudi Nur Syamsudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 
 
Online (e-ISSN): e-ISSN 2715-0437 || Printed (p-ISSN): p-ISSN 2715-7601


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Teknik Sipil by Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (uny.ac.id) was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.