KESESUAIAN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) PADA KURIKULUM 2013 SMK KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON (TKBB) DENGAN KEBUTUHAN DUNIA USAHA/DUNIA INDUSTRI (DU/DI) JASA KONSTRUKSI DI D.I. YOGYAKARTA

Nuzulul Alifin Nur, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sutarto HP, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


ABSTRACT

                This study aimed to reveal: (1) competence needs BW/IW of construction services in DIY in accordance with CGS in Curriculum 2013 SMK competency of SCCT; (2) CGS contained in Curriculum 2013 SMK competency of SCCT; (3) the conformity of CGS on Curriculum 2013 SMK competency of SCCT with the needs of BW/IW construction services in DIY; (4) the implementation of CGS on Curriculum 2013 SMK competency of SCCT, which was held in SMKN 2 Yogyakarta and SMKN 1 Seyegan. This research was descriptive quantitative research. The results of this study are as follows. (1) Competence needs BW/IW of construction services in D.I. Yogyakarta in accordance with CGS in Curriculum 2013 SMK competency of SCCT expertise is as much as 50 competencies, which is divided into 3 subjects, Stone Construction 22 competence, Concrete Reinforcement 16 Competence, and Building Finishing 12 competencies. (2) CGS contained in Curriculum 2013 SMK competency of SCCT expertise is 50 competencies, which is divided into 3 subjects, Stone Construction 22 competence, Concrete Reinforcement 16 competence, and Building Finishing 12 competencies. (3) The conformity of CGS on Curriculum 2013 SMK competency of SCCT with the needs of SCCT construction service in D.I. Yogyakarta is 97.18%. (4) The implementation of CGS in Curriculum 2013 SMK Competency of SCCT is 70.75%. Percentage of implementation in each school that is SMKN 2 Yogyakarta equal to 76,5% and SMKN 1 Seyegan equal to 65%.

 

Keywords: competency graduate standards, curriculum 2013, stone and concrete construction technique,                                       business world/industrial world construction service

 

 

ABSTRAK

                Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) kompetensi kebutuhan DU/DI jasa konstruksi di DIY yang sesuai dengan SKL pada Kurikulum 2013 SMK Kompetensi Keahlian TKBB; (2) SKL yang terdapat pada Kurikulum 2013 SMK Kompetensi Keahlian TKBB; (3) kesesuaian SKL pada Kurikulum 2013 SMK Kompetensi TKBB dengan kebutuhan DU/DI jasa konstruksi di DIY; (4) keterlaksanaan SKL pada Kurikulum 2013 SMK Kompetensi Keahlian TKBB, yang dilaksanakan di SMKN 2 Yogyakarta dan SMKN 1 Seyegan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Kompetensi kebutuhan DU/DI jasa konstruksi di DIY yang sesuai dengan SKL pada Kurikulum 2013 SMK Kompetensi Keahlian TKBB adalah sebanyak 50 kompetensi, yang dibagi pada 3 mata pelajaran, yaitu Konstruksi Batu 22 kompetensi, Konstruksi Beton Bertulang 16 kompetensi, dan Finishing Bangunan 12 kompetensi. (2) SKL yang terdapat pada Kurikulum 2013 SMK Kompetensi Keahlian TKBB adalah 50 kompetensi, yang dibagi menjadi 3 mata pelajaran, yaitu Konstruksi Batu 22 kompetensi, Konstruksi Beton Bertulang 16 kompetensi, dan Finishing Bangunan 12 kompetensi. (3) Kesesuaian SKL pada Kurikulum 2013 SMK Kompetensi Keahlian TKBB dengan kebutuhan DU/DI jasa konstruksi di DIY adalah sebesar 97,18%. (4) Keterlaksanaan SKL pada Kurikulum 2013 SMK Kompetensi Keahlian TKBB adalah sebesar 70,75%. Persentase keterlaksanaan pada tiap sekolah yaitu SMKN 2 Yogyakarta sebesar 76,5% dan SMKN 1 Seyegan sebesar 65%.

Kata Kunci: standar kompetensi lulusan, kurikulum 2013, konstruksi batu dan beton, dunia usaha/dunia industri jasa konstruksi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpts.v1i1.28275

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Teknik Sipil




 
 
Online (e-ISSN): e-ISSN 2715-0437 || Printed (p-ISSN): p-ISSN 2715-7601


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Teknik Sipil by Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (uny.ac.id) was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.