PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN, FT, UNY MELALUI METODE DRILL BERBASIS KOMUNIKASI VERBAL-NON VERBAL

Galeh Nur Indriatno Putra Pratama, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Suparman Suparman, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


ABSTRACT

This study aims to investigate whether the drill method (verbal and non-verbal communication skill drill) is able to improve the basic teaching skills in microteaching context. This is classroom action research. The population consisted of students majoring in Civil Engineering and Planning Education Department, Faculty of Engineering, Yogyakarta State University who were taking microteaching practice course at 2019. The sample of the study was class A2 consisted of 11 students. The study was conducted in three cycles. Cycle 1 contained basic verbal communication, cycle 2 encompassed basic non-verbal communication, and cycle 3 covered both basic verbal and non-verbal communication types. Observation and skills assessment sheets were employed. The qualitative descriptive and descriptive statistics methods were then used to analyze the data.The results show that: (1) basic verbal communication skill drill in microteaching practices improves student teachers' basic microteaching skills and (2) basic non-verbal communication skill drill in microteaching practices improve student teachers' basic microteaching skills.

Keywords: drill, communication, instructional media, posters, workshop

 

 

ABSTRAK

Tujuan kajian ini adalah untuk mengungkap bagaimana pengaruh metode drill keterampilan dasar mengajar (verbal maupun nonverbal) mampu meningkatkan keterampilan dasar mengajar terbatas pada pengajaran mikro. Kajian ini merupakan kajian tindakan kelas (classroom research). Populasi  kajian ini  adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY yang sedang melaksanakan praktik pengajaran Mikro pada tahun 2019. Sampel kajian adalah kelas A2 sejumlah 11 mahasiswa. Kajian dilaksanakan selama tiga siklus. Tinjauan pertama adalah dasar komunikasi verbal, tinjauan kedua adalah dasar komunikasi non verbal, tinjauan ketiga adalah dasar komunikasi verbal dan non verbal. Observasi kegiatan dilakukan oleh peneliti dengan lembar pengamatan. Penilaian keterampilan juga menggunakan lembar penilaian keterampilan. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil kajian menunjukan bahwa: (1) metode drill keterampilan dasar  komunikasi verbal yang diterapkan pada praktik keterampilan dasar mengajar terbatas dalam pengajaran mikro dapat meningkatkan keterampilan mengajar dasar terbatas. (2) metode drill keterampilan dasar komunikasi nonverbal yang diterapkan pada praktik keterampilan dasar mengajar terbatas dalam pengajaran mikro dapat meningkatkan keterampilan mengajar dasar terbatas.

Kata kunci: drill, komunikasi, pengajaran mikro


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpts.v1i1.28271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Teknik Sipil




 
 
Online (e-ISSN): e-ISSN 2715-0437 || Printed (p-ISSN): p-ISSN 2715-7601


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Teknik Sipil by Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (uny.ac.id) was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.