Analisis prinsip konstruktivisme dalam pembelajaran fisika berbasis Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics (STEAM)

Ika Kartika, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
Elvara Norma Aroyandini, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
Slamet Maulana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Siti Fatimah, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan teori pembelajaran konstruktivisme dalam pembelajaran fisika berbasis Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics (STEAM). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan 40 mahasiswa semester V Pendidikan Fisika Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga sebagai responden penelitian. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan angket terbuka, dimana ketiga teknik pengambilan data tersebut sekaligus sebagai triangulasi untuk mengecek keabsahan data yang dikumpulkan. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yang tahapannya yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis STEAM yang dilakukan telah menerapkan prinsip-prinsip konstruktivisme seperti menggunakan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari untuk menstimulasi proses belajar, adanya proses inkuiri melalui pengkajian dan eksperimen, ada dorongan untuk bertanya dan berinteraksi dengan dosen, hingga memberikan peluang kepada mahasiswa untuk menemukan pengetahuan baru. Pembelajaran STEAM memberikan kontribusi yang besar terhadap perkembangan kemampuan berpikir mahasiswa, diantaranya yaitu mengaktifkan mahasiswa, meningkatkan kemampuan komunikasi dan kerja sama, meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi, serta mengembangkan sikap ilmiah mahasiswa. Meskipun begitu, pembelajaran STEAM juga memiliki kendala, diantaranya yaitu membutuhkan waktu pembelajaran yang cukup lama.

Abstract

This study aims to analyze the application of constructivism learning theory in physics learning based on Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics (STEAM). This research is qualitative research with 40 fifth-semester students of Physics Education at the State Islamic University (UIN) Sunan Kalijaga as research respondents. Research data was collected through observation, interview, and open questionnaire techniques. The three data collection techniques also served as triangulation to check the validity of the data collected. The research data were analyzed using interactive analysis techniques developed by Miles and Huberman, the stages of data collection, data reduction, data presentation, and conclusion. The results of the analysis show that STEAM-based learning has implemented constructivism principles such as using problems in everyday life to stimulate the learning process, there is a process of inquiry through assessment and experimentation, there is an encouragement to ask questions and interact with lecturers, providing opportunities for students to discover new knowledge. STEAM learning contributes significantly to developing students' thinking skills, including activating students, improving communication and collaboration skills, increasing higher-order thinking skills, and developing students' scientific attitudes. Even so, STEAM has obstacles, including an extended learning time.


Keywords


Etno-STEAM; konstruktivisme; pembelajaran fisika; constructivism; physics learning

Full Text:

PDF

References


Agry, F. P., & Kartono, K. (2021). Implementasi untuk model STEAM (Sains, Technology, Engineering, Art, and Mathematic): Pembelajaran matematika untuk mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 126–129. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/834

Ahmad, D. N., Astriani, M. M., & Alfahnum, M. (2020). Analisis mengukur kemampuan berpikir kritis melalui pembelajaran menggunakan metode STEAM-PjBL. Prosiding Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI, 331–336. https://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/4755

Ahsani, E. L. F., & Nurhaliza, Y. A. (2021). Penerapan Pembelajaran STEAM untuk mengembangkan kreativitas siswa sekolah dasar di daerah terluar terdepan tertinggal Indonesia. Al Hikmah: Journal of Education, 2(1), 91–100. https://doi.org/10.54168/ahje.v2i1.41

Anafidah, A., Sarwanto, S., & Masykuri, M. (2018). Pengembangan modul fisika berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning) pada materi dinamika partikel untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 1 Ngawi. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 6(3), 29–40. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v6i3.17834

Baharuddin, B., & Wahyuni, E. N. (2015). Teori belajar dan pembelajaran. Ar-Ruzz Media.

Bassham, G., Irwin, W., Nardone, H., & Wallace, J. M. (2011). Critical thinking : A student’s introduction (4th ed.). McGraw-Hill. http://e-library.bem-unsoed.com/wp-content/uploads/2019/07/Students_Guide_to_Critical_Thinking.pdf

Creswell, J. W. (2014). Research design : qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Sage Publication. https://fe.unj.ac.id/wp-content/uploads/2019/08/Research-Design_Qualitative-Quantitative-and-Mixed-Methods-Approaches.pdf

Dewi, L., & Darsinah, D. (2021). Implementasi pembelajaran IPA berbasis konstruktivisme dalam menumbuhkan sikap ilmiah peserta didik. Jurnal Pendidikan Dan Sains Lentera Arfak (JPSLA), 1(1), 41–46. https://docplayer.info/228193039-Implementasi-pembelajaran-ipa-berbasis-konstruktivisme-dalam-menumbuhkan-sikap-ilmiah-peserta-didik.html

Gunawan, G., Sahidu, H., Harjono, A., & Suranti, N. M. Y. (2017). Efektivitas penerapan model project based learning berbantuan media virtual terhadap kreativitas fisika peserta didik. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 167–179. https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13514

Haderiah, H., Hasan, K., & Alamsyah, H. (2022). Penerapan pendekatan STEAM dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V sekolah dasar. Pinisi Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 165–172. https://ojs.unm.ac.id/pjp/article/view/30041

Hanna, D., Sutarto Sutarto, & Harijanto, A. (2016). Model pembelajaran tema konsep disertai media gambar pada pembelajaran fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1), 23–29. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3558

Hatabu, A., Mao, X., Zhou, Y., Kawashita, N., Wen, Z., Ueda, M., Takagi, T., & Tian, Y.-S. (2020). Knowledge, attitudes, and practices toward COVID-19 among university students in Japan and associated factors: An online cross-sectional survey. PLOS ONE, 15(12), e0244350. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0244350

Jumaat, N. F., Tasir, Z., Halim, N. D. A., & Ashari, Z. M. (2017). Project-based learning from constructivism point of view. Advanced Science Letters, 23(8), 7904–7906. https://doi.org/10.1166/asl.2017.9605

Khairani, K., Mukhni, M., & Aini, F. Q. (2018). Pembelajaran berbasis STEM dalam perkuliahan kalkulus di perguruan tinggi. UJMES (Uninus Journal of Mathematics Education and Science), 3(2), 104–111. https://doi.org/10.30999/ujmes.v3i2.544

Lodico, M. G., Spaulding, D. T., & Voegtle, K. H. (2006). Methods in educational research: From theory to practice. John Wiley & Sons. http://stikespanritahusada.ac.id/wp-content/uploads/2017/04/Marguerite_G._Lodico_Dean_T._Spaulding_KatherinBookFi.pdf

Lotulung, C. F., Ibrahim, N., & Tumurang, H. (2018). Effectiveness of learning method Contextual Teaching Learning (CTL) for increasing learning outcomes of entrepreneurship education. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 17(3), 37–46. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1184198.pdf

Marufi, M., Ilyas, M., Winahyu, W., & Ikram, M. (2021). An implementation of ethno-STEM to enhance conceptual understanding. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 35–44. https://doi.org/10.24042/ajpm.v12i1.7834

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis (2nd ed.). SAGE Publication. https://vivauniversity.files.wordpress.com/2013/11/milesandhuberman1994.pdf

Mu’minah, I. H., & Suryaningsih, Y. (2020). Implementasi STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathmatics) dalam pembelajaran abad 21. BIO EDUCATIO : (The Journal of Science and Biology Education), 5(1), 65–73. https://doi.org/10.31949/be.v5i1.2105

Nasrah, N., Amir, R. H., & Purwanti, Y. R. (2021). Efektivitas model pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) pada siswa kelas IV SD. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 6(1), 1–13. https://doi.org/10.26618/jkpd.v6i1.4166

Nurhasanah, A., & Zalela, Z. (2021). Penerapan pembelajaran inovatif STEAM di sekolah dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(2), 204–211. https://doi.org/10.26858/jkp.v5i2.20309

Nurhikmayati, I. (2019). Implementasi STEAM Dalam pembelajaran matematika. Didactical Mathematics, 1(2), 41–50. https://doi.org/10.31949/dmj.v1i2.1508

Permanasari, A. (2016). STEM education : Inovasi dalam pembelajaran sains. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains 2016, 23–34. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/viewFile/9810/7245

Pramudyani, A. V. R., & Indratno, T. K. (2022). Pemahaman Science, Technology, Engineering, Art dan Mathematic (STEAM) pada calon guru PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4077–4088. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2261

Qomaria, N., & Wulandari, A. Y. R. (2022). Pengembangan keterampilan kolaboratif siswa melalui pembelajaran dengan pendekatan ethno-STEAM project konteks pesapean. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1306–1318. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4586

Rany, T. D., Kuswanto, H., & Abdillah, A. J. (2020). Development of physics-based learning media for android integrated with earthquake disaster education. Journal of Physics: Conference Series, 1440(1), 012029. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012029

Saputro, M. N. A., & Pakpahan, P. L. (2021). Mengukur keefektifan teori konstruktivisme dalam pembelajaran. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 4(1), 24–39. https://doi.org/10.31539/joeai.v4i1.2151

Sugiyono, S. (2013). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D (17th ed.). Alfabeta.

Sugrah, N. U. (2020). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. HUMANIKA, 19(2), 121–138. https://doi.org/10.21831/hum.v19i2.29274

Sukaesih, S. (2011). Analisis sikap ilmiah dan tanggapan mahasiswa terhadap penerapan model pembelajaran berbasis praktikum. Jurnal Penelitian Pendidikan, 28(1), 77–85. https://doi.org/10.15294/jpp.v28i1.5628

Thobroni, M. (2015). Belajar dan pembelajaran : Teori dan praktik. Ar-Ruzz Media.

Voon, S. H., & Amran, M. S. (2021). Pengaplikasian teori pembelajaran konstruktivisme dalam pembelajaran matematik (pp. 421–438). Universiti Sains Islam Malaysia. https://oarep.usim.edu.my/jspui/bitstream/123456789/18040/1/Pengaplikasian Teori Pembelajaran Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Matematik.pdf

Wannapiroon, N., & Pimdee, P. (2022). Thai undergraduate Science, Technology, Engineering, Arts, and Math (STEAM) creative thinking and innovation skill development: A conceptual model using a digital virtual classroom learning environment. Education and Information Technologies, 27(4), 5689–5716. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10849-w

Yakman, G., & Lee, H. (2012). Exploring the exemplary STEAM education in the U.S. as a practical educational framework for Korea. Journal of The Korean Association For Science Education, 32(6), 1072–1086. https://doi.org/10.14697/jkase.2012.32.6.1072

Yustina, Y., & Suwondo, S. (2015). Sikap ilmiah dan kreativitas produk pada isu lingkungan melalui pembelajaran berbasiskan proyek. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 48. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v8i2.3876

Yustina, Y., Suwondo, S., & Handayani, O. (2016). Profil hasil belajar dan sikap ilmiah tema pencegahan kebakaran lahan dan hutan berbasis pendekatan konstruktivisme. Jurnal Biogenesis, 13(2), 115–122. https://doi.org/10.31258/biogenesis.13.2.115-122




DOI: https://doi.org/10.21831/jppfa.v10i1.46381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

Supervised by:

RJI Main logo



Printed ISSN (p-ISSN): 2302-6383 | Online ISSN (e-ISSN): 2502-1648

Creative Commons License
Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi by https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats