Analisis efektifitas pembelajaran online terhadap pemahaman konsep matematis siswa selama pandemi Covid-19

Intan Tri Utami, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Situbondo, Indonesia
Miftahus Surur, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Situbondo, Indonesia
Amil Sholihin, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Situbondo, Indonesia
Zidat Aidi Rusdi, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Situbondo, Indonesia
Yuliana Dwi Faradila, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Situbondo, Indonesia
Zainul Kurama’i, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Situbondo, Indonesia

Abstract


Pembelajaran online adalah salah satu langkah yang diambil untuk menunjang kebutuhan pembelajaran agar tetap terlaksana selama masa pandemi Covid-19.  Pembelajaran online yang dilaksanakan dapat dikatakan belum efektif karena banyaknya kendala yang dihadapi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan permasalahan yang dialami selama pembelajaran online, serta efektifitas pembelajaran online terhadap pemahaman konsep matematis siswa. penulis menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penetapan objek dilakukan secara purposive sampling, yaitu pada siswa SMP Nurul Huda kelas VII Pelean pada tahun ajaran ganjil 2021/2022. Teknik pengumpulan data meliputi teknik observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes dalam bentuk soal-soal. Hasil uji pemahaman konsep matematis siswa didapat bahwa siswa dengan kategori pemahaman konsep matematis tinggi sebanyak 6%, siswa dengan pemahaman konsep matematis sedang sebanyak 55%, dan siswa dengan kategori pemahaman konsep matematis rendah sebanyak 39%. Artinya efektifitas pembelajaran online sangat berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis yang dikuasai oleh peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VII pada materi bilangan masih tergolong rendah.

Abstract

Online learning is one of the steps to support the learning needs to continue during the Covid-19 pandemic. Online learning that is implemented can be said to be ineffective because of the many obstacles faced. This study aimed to describe the problems experienced during online learning and the effectiveness of online learning on students' understanding of mathematical concepts. The author uses qualitative research methods with a qualitative descriptive approach. The object is determined by purposive sampling, namely the students of SMP Nurul Huda class VII Pelean in the odd academic year 2021/2022. Data collection techniques include observation, documentation, interviews, and tests in the form of questions. The results of the student's understanding of mathematical concepts found that students with high mathematical concept understanding categories were 6%, students with moderate mathematical concept understanding were 55%, and students with low mathematical concept understanding categories were 39%. This means that the effectiveness of online learning is very influential on the understanding of mathematical concepts that students master. It can be concluded that the seventh-grade students in the number material are still relatively low.


Keywords


Pandemi Covid-19; pembelajaran online; pemahaman konsep matematis; Covid-19 pandemic; online learning; understanding mathematical concepts

Full Text:

PDF

References


Adnan, M., & Anwar, K. (2020). Online learning amid the COVID-19 pandemic: Students’ perspectives. Journal of Pedagogical Sociology and Psychology, 1(2), 45–51. https://doi.org/10.33902/jpsp.2020261309

Aisyah, N., & Firmansyah, D. (2021). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP pada materi bangun datar segiempat. MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 403–410. https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/644

Anam, S., & Hanik, E. U. (2020). Problematika kebijakkan pendidikan di tengah pandemi dan dampaknya terhadap proses pembelajaran di sekolah dasar. Qiro’ah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(2), 73–81. https://doi.org/10.33511/qiroah.v10n2.73-81

Anggraeni, A. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap pemahaman konsep peserta didik (studi quasi eksperimen pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS Negeri 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019) [Universitas Siliwangi]. http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/614

Basar, A. M. (2021). Problematika pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19: (Studi kasus di SMPIT Nurul Fajri–Cikarang Barat–Bekasi). Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112

Chaeroni, Y., Hamdani, N. A., Margana, A., & Rahadian, D. (2019). Penerapan I-Spring Suite 8 pada model pembelajaran IMPROVE untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematis peserta didik pada pokok bahasan program linear di tingkat sekolah menengah. Gunahumas, 2(2), 357–386. https://doi.org/10.17509/ghm.v2i2.23026

Ekantini, A. (2020). Efektivitas pembelajaran daring pada mata pelajaran IPA di masa pandemi Covid-19: Studi komparasi pembelajaran luring dan daring pada mata pelajaran IPA SMP. Jurnal Pendidikan Madrasah, 5(2), 187–194. https://doi.org/10.14421/jpm.2020.52-04

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika : Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fitri, M. J., Trisna, S., & Yanti, I. R. (2021). The development of a physucs module based on the sets learning model to improve students’ conceptual understanding. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 6(3), 254–262. https://doi.org/10.26737/jipf.v6i3.2131

Fitria, E. (2021). Analisis pemanfaatan media online pada pembelajaran daring fisika terhadap motivasi belajar siswa. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 2(1), 43–51. https://doi.org/10.52690/jitim.v2i1.173

Hamdani, A. R., & Priatna, A. (2020). Efektifitas implementasi pembelajaran daring (full online) dimasa pandemi Covid-19 pada jenjang sekolah dasar di Kabupaten Subang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.120

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran daring sebagai upaya Study From Home (SFH) selama pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(1), 496–503. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p496-503

Harisantoso, J., Surur, M., & Suhartini, S. (2020). Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 8(1), 73–82. https://doi.org/10.25139/smj.v8i1.2537

Isabela, I., Surur, M., & Puspitasari, Y. (2021). Penerapan model PBL (Problem Based Learning) untuk meningkatkan kemampuan percaya diri siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2729–2739. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1291

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.825

Nambiar, D. (2020). The impact of online learning during COVID-19: Students’ and teachers’ perspective. The International Journal of Indian Psychology, 8(2), 783–793. https://doi.org/10.25215/0802.094

Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis pembelajaran daring terhadap kejenuhan belajar mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember di tengah pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 30–38. https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i1.7

Rizki, I. Y., Surur, M., & Noervadilah, I. (2021). Pengaruh model inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap keterampilan komunikasi siswa. Visipena, 12(1), 124–138. https://ejournal.bbg.ac.id/visipena/article/view/1433

Safaruddin, S., Degeng, I. N. S., Setyosari, P., & Murtadho, N. (2020). The effect of PjBL with WBL media and cognitive style on students’ understanding and science-integrated concept application. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(3), 384–395. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i3.24628

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan karakter pada pembelajaran daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19. https://doi.org/10.23887/ivcej.v3i1.27830

Silalahi, T. F., & Hutauruk, A. F. (2020). The application of cooperative learning model during online learning in the pandemic period. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal) : Humanities and Social Sciences, 3(3), 1683–1691. https://doi.org/10.33258/birci.v3i3.1100

Simamora, R. M. (2020). The Challenges of online learning during the COVID-19 pandemic: An essay analysis of performing arts education students. Studies in Learning and Teaching, 1(2), 86–103. https://doi.org/10.46627/silet.v1i2.38

Sirri, E. L., Ni’mah, K., & Ratnaningsih, N. (2021). Analisis kemampuan spasial siswa ditinjau dari kemandirian belajar siswa selama pembelajaran daring. JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(1), 34–42. https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i1.8088

Solehuzain, S., & Dwidayati, N. K. (2017). Kemampuan berpikir kreatif dan rasa ingin tahu pada model problem-based learning dengan masalah open ended. Unnes Journal of Research Mathematics Education, 6(1), 103–111. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/18422/8905

Utami, R. P., & Rohaeti, E. (2019). Students’ concept understanding in chemistry learning using Macromedia Flash based inquiry learning. International Journal on New Trends in Education and Their Implications, 10(3), 1–12. https://eric.ed.gov/?id=ED598600

Yensy, N. A. (2020). Efektifitas pembelajaran statistika matematika melalui media whatsapp group ditinjau dari hasil belajar mahasiswa (masa pandemik Covid 19). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 65–74. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11410




DOI: https://doi.org/10.21831/jppfa.v9i2.44748

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

Supervised by:

RJI Main logo



Printed ISSN (p-ISSN): 2302-6383 | Online ISSN (e-ISSN): 2502-1648

Creative Commons License
Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi by https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats