Pengelolaan Kurikulum dan Sarana Prasarana Sebagai Penunjang Keberhasilan Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar

Ghina Fauziah Hazimah, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Sekar Ayu Cahyani, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Siti Nur Azizah, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Prihantini Prihantini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Abstract


Upaya dalam meningkatkan keberhasilan pembelajaran siswa Sekolah Dasar (SD) dapat dilakukan dengan berbagai faktor penunjang, diantaranya adalah kurikulum dan sarana prasarana. Penelitian ini merupakan penelitian studi literartur dengan pendekatan kualitatif. Instrumen penilaian dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mencari sumber referensi terkait melalui buku, artikel ilmiah dari jurnal bereputasi baik nasional maupun internasional, koran, dan majalah. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa, jika didalam sebuah proses pembelajaran dengan peneglolaan kurikulum yang baik, maka hasilnya akan baik sesuai dengan yang diharapkan. Sama halnya dengan pengelolaan kurikulum, jika dalam suatu sekolah sarana dan prasananya baik, maka hal dapat menunjang keberhasilan siswa dalam proses belajar mengajar. Pengelolaan kurikulum sangat penting demi tercapainya tujuan pembelajaran untuk waktu yang telah ditetapkan, supaya tersusun dengan rinci program yang akan dilakukan untuk kedepannya. Begitupun dengan pengelolaan sarana prasarana, krusial sekali demi mewadahi berjalannya suatu program pembelajaran yang telah disusun dalam pengelolaan kurikulum. Oleh karena itu, sekolah dengan pengelolaan kurikulum serta pengelolaan sarana prasarananya yang baik, maka tingkat keberhasilan pembelajarn siswanya pun meningkat dan dapat dikatakan terjamin.

Abstract

Efforts to improve the learning success of elementary school students can be made with various supporting factors, including the curriculum and infrastructure. This research is a literature study with a qualitative approach. The assessment instrument in this study was the researcher himself. Data collection techniques are carried out by looking for related reference sources through books and scientific articles from reputable nationally and internationally journals, newspapers, and magazines. The results of this study indicate that, if in a learning process with good curriculum management, the results will be good as expected. Likewise, with curriculum management, if the facilities and infrastructure are good in a school, it can support student success in the teaching and learning process. Curriculum management is very important to achieve learning objectives for a predetermined time so that a detailed program will be arranged for the future. Likewise, with the management of infrastructure, it is crucial to facilitate the passage of a learning program that has been prepared in curriculum management. Therefore, in schools with good curriculum management and infrastructure facilities, the success rate of student learning also increases and can be guaranteed.


Keywords


Kurikulum; sarana prasarana; sekolah dasar; curriculum; infrastructure; elementary school

Full Text:

PDF

References


Alawiyah, F. (2013). Kesiapan guru dalam implementasi Kurikulum 2013. Aspirasi : Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 4(1), 65–74. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v4i1.480

Azwar, S. (2011). Tes prestasi : Fungsi pengembangan pengukuran prestasi belajar (2nd ed.). Pustaka Pelajar.

Dimyati, D., & Mudjiono, M. (2013). Belajar dan pembelajaran. Rineka Cipta.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2008). Strategi belajar mengajar. Rineka Cipta.

Hasibuan, H. M. S. P. (2005). Manajemen sumber daya manusia. Bumi Aksara.

Indrawan, I. (2015). Pengantar manajemen sarana dan prasarana sekolah. Deepublish.

Jannah, S. N., & Sontani, U. T. (2018). Sarana dan prasarana pembelajaran sebagai faktor determinan terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 3(1), 63–70. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9457

Jelantik, K. (2015). Menjadi kepala sekolah yang profesional: Panduan menuju PKKS. Deepublish.

Juliya, M., & Herlambang, Y. T. (2021). Analisis problematika pembelajaran daring dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(1), 281–294. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/585

Khikmah, N. (2020). Manajemen sarana dan prasarana untuk mengembangkan mutu pendidikan. JAMP : Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(2), 123–130. https://doi.org/10.17977/um027v3i22020p123

Miller, J. P., & Seller, W. (1985). Curriculum perspective and practice. Longman Inc.

Miski, R. (2015). Pengaruh sarana dan prasarana terhadap hasil belajar siswa. Ta’dibi: Jurnal Pendidikan FKIP Universitas Djuanda, 4(2), 69–73. https://doi.org/10.30997/jtm.v4i2.341

Mulyasa, E. (2011). Manajemen berbasis sekolah : Konsep, strategi dan implementasi. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2014). Pengembangan dan implementasi Kurikulum 2013 (A. S. Wardan (ed.)). Remaja Rosdakarya.

Munthe, M. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan kurikulum ditinjau dari sudut manajerial. Majalah Ilmiah Warta Dharmawangsa, 14(2), 269–279. https://doi.org/10.46576/wdw.v14i2.626

Nuryani, P., Abidin, Y., & Herlambang, Y. T. (2019). Model pedagogik multiliterasi dalam mengembangkan keterampilan berpikir abad ke-21. EduHumaniora : Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 117– 126. https://doi.org/10.17509/eh.v11i2.18821

Prastyawan, P. (2016). Manajemen sarana dan prasarana pendidikan. Al Hikmah : Jurnal Studi Keislaman, 6(1), 33–46. https://doi.org/10.36835/hjsk.v6i1.2797

Prihantini, P., & Rustini, T. (2020). Dasar teori dan penerapannya pada satuan pendidikan jenjang Dikdasmen. Pustaka Amma Alamia.

Puspitasari, W. D. (2016). Pengaruh sarana belajar terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2), 105–120. https://doi.org/10.31949/jcp.v2i2.338

Rohiat, R. (2008). Manajemen sekolah : Teori dasar dan praktik (A. Saridewi (ed.)). Refika Aditama.

Rusman, R. (2011). Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. RajaGrafindo Persada.

Saajidah, L. (2018). Fungsi-fungsi manajemen dalam pengelolaan kurikulum. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 3(2), 201–208. https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5012

Sanjaya, W. (2007). Kurikulum dan pembelajaran, Teori dan praktik pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). (1st ed.). Kencana Predana Media Group.

Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. RajaGrafindo Persada.

Suharno, S. (2008). Manajemen pendidikan: Suatu pengantar bagi calon guru (2nd ed.). Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) UNS dan UPT.

Sukmadinata, N. S. (1999). Pengembangan kurikulum : Teori dan praktek. In M. Mukhlis (Ed.), Bandung: Remaja Rosdakarya. Remaja Rosdakarya.

Sumiharsono, R., & Hasanah, H. (2017). Media pembelajaran: Buku bacaan wajib dosen, guru dan calon pendidik (D. Ariyanto (ed.)). Pustaka Abadi.

Yunansah, H., & Herlambang, Y. T. (2017). Pendidikan berbasis ekopedagogik dalam menumbuhkan kesadaran ekologis dan mengembangkan karakter siswa sekolah dasar. EduHumaniora : Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 27–34. https://doi.org/10.17509/eh.v9i1.6153




DOI: https://doi.org/10.21831/jppfa.v9i2.44591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

Supervised by:

RJI Main logo



Printed ISSN (p-ISSN): 2302-6383 | Online ISSN (e-ISSN): 2502-1648

Creative Commons License
Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi by https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats