Pengaruh penerapan metode learning by conversation dan kepercayaan diri terhadap prestasi belajar mata pelajaran bahasa Inggris

Irene Iswindarti, Pascasarjana, Universitas PGRI Adibuana Surabaya, Indonesia
Rufii Rufii, Pascasarjana, Universitas PGRI Adibuana Surabaya, Indonesia
Hartono Hartono, Pascasarjana, Universitas PGRI Adibuana Surabaya, Indonesia

Abstract


Pelaksanaan pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah dasar hingga saat ini belum efektif. Pada kenyataannya banyak permasalahan terkait dengan pelaksanaan pengembangan pembelajaran bahasa Inggris. Padahal, perkembangan itu sendiri sangat bermanfaat bagi siswa SD, sehingga dapat meningkatkan kemampuannya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah metode eksperimen dengan desain Factorial Group Design (FGD) dengan 2 kategori. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan two way anova, dengan bantuan komputer yaitu: program SPSS for Windows versi 24. Hasil penelitian dapat disimpulkan, yaitu: 1.) Ada perbedaan hasil belajar bahasa Inggris antara metode learning by conversation dan metode konvensional siswa kelas 4 St. SDK. Mary; 2.) Tidak ada perbedaan hasil belajar bahasa Inggris antara siswa kelas 4 SDK St. Mary dengan kepercayaan diri tinggi dan kepercayaan diri rendah; dan 3.) Tidak ada interaksi metode dengan kepercayaan diri terhadap prestasi belajar bahasa inggris.

Abstract
The implementation of English learning in elementary schools until now has not been effective. In reality, there are many problems related to the implementation of the development of learning English. The research method used in this class action research is an experimental method with a Factorial Group Design (FGD) design with two categories. The data analysis technique in this research uses Two Way Anova, with the help of a computer called the SPSS for Windows version 24 program. The results of the study can be concluded: 1.) There is a difference in English learning achievement between the Learning by Conversation method and the conventional method of Grade 4 students of St. SDK. Mary; 2.) There is no difference in English learning achievement between high self-confidence and low self-confidence of students of grade 4 SDK St. Mary; 3.) There is no interaction of methods with confidence in learning achievement in English.


Keywords


Percaya diri; prestasi belajar; pembelajaran; metode percakapan; confidence; conversation method; learning achievement

Full Text:

PDF

References


Amar, A., & Rufi’i, R. (2009). Pengaruh eksperient learning model dan gaya belajar terhadap prestasi belajar fisika siswa SMPN 2 Jatirogo dan SMPN 1 Kenduruan Tuban tahun pelajaran 2008/2009. Improving Teachers Professionalism to Face the Global Education Challanges, 89–102. Retrieved from https://karyailmiah.unipasby.ac.id/wp-content/uploads/2018/04/PROCEEDINGS-ICETA-1_2009.pdf#page=93

Arikunto, S. (2009). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Asiyah, A., Walid, A., & Kusumah, R. G. T. (2019). Pengaruh rasa percaya diri terhadap motivasi berprestasi siswa pada mata pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 217–226. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p217-226

Brown, H. D. (2001). Principles of language learning and teaching. New York: Longman.

Fatmala, L., Yusmansyah, Y., & Andrianto, R. E. (2018). Hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar siswa kelas VIII. Alibkin : Jurnal Bimbingan Konseling, 6(3). Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/16998

Hyland, K. (2013). Writing in the university: education, knowledge and reputation. Language Teaching, 46(1), 53 ­ 70. https://doi.org/10.1017/S0261444811000036

Kementerian Riset dan Teknolgi Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. (2006). Dokumen standar kompetensi guru kelas SD-MI lulusan S1 (SKKG-SD/MI). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Listiyani, L. (2019). Hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan kepercayaan diri. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 10–20. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17315

Mardiyah, M., Mustaji, M., & Sitompul, N. C. (2018). Meningkatkan keterampilan writing of narrative text dengan menggunakan teaching materials. Edcomtech : Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(2), 89–95. https://doi.org/10.17977/um039v4i22019p089

Riyani, G. S., & Rufi’i, R. (2019). Pengaruh pendekatan kontekstual, konvensional dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Negeri 6 dan SMP Negeri 12 Surabaya. Improving Teachers Professionalism to Face the Global Education Challanges, 303–317. Retrieved from https://karyailmiah.unipasby.ac.id/wp-content/uploads/2018/04/PROCEEDINGS-ICETA-1_2009.pdf#page=93

Saepudin, A., & Mentari, B. N. (2016). Menumbuhkan minat baca masyarakat melalui taman bacaan masyarakat berbasis teknologi informasi. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(1), 43–54. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v4n1.p43--54

Suhud, S., Sitompul, N. C., & Sugito, S. (2020). Pengembangan bahan ajar berbasis karakter di abad-21 pelajaran bahasa Indonesia kelas XI. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 8(2), 417. Retrieved from http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1731

Sukardi, S. (2004). Metodologi penelitian: Kompetensi dan praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukarno, S. (2008). Teaching English to Young Learners and Factors to Consider in DesigningThe Materials. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.21831/jep.v5i1.603

Wardani, M. A. P., Rufi’i, R., & Harwanto, H. (2020). Pengaruh penerapan strategi pembelajaran berbasis ICT terhadap pencapaian hasil belajar sistem komputer siswa kelas X SMK. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 99–106. https://doi.org/10.30998/fjik.v7i2.3459

Yamin, M. (2017). Metode pembelajaran bahasa Inggris di tingkat DAS. Pesona Dasar (Jurnal Pendidikan Dasar Dan Humaniora), 1(5), 82–97.

Yunita, R., & Pertiwi, N. (2017). Developing English program for elementary school teacher education students. The International Journal of Learning, 3(3), 176–183. https://doi.org/10.18178/IJLT.3.3.176-183

Zulkifli, N. A. (2015). Meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa dengan menggunakan running dictation melalui materi agama di SD IT Al-Fittiyah Pekanbaru. Kutubkhanah, 17(2), 175–197. Retrieved from ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Kutubkhanah/article/view/816




DOI: https://doi.org/10.21831/jppfa.v8i2.38823

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

Supervised by:

RJI Main logo



Printed ISSN (p-ISSN): 2302-6383 | Online ISSN (e-ISSN): 2502-1648

Creative Commons License
Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi by https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats