Pemanfaatan aplikasi Google Classroom sebagai alternatif dalam pembelajaran online

Siti Lestari, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
Marhamah Marhamah, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

Abstract


Pandemi Covid-19 yang sangat memberikan dampak pada dunia pendidikan. Salah satu dampak pandemi Covid-19 bagi dunia pendidikan adalah terhambatnya proses kegiatan belajar-mengajar. Semua institusi pendidikan harus melaksanakan pembelajaran secara dalam jaringan (daring). Di sisi lain, perkembangan teknologi yang sangat pesat memberikan pengaruh yang sangat besar di dunia, hingga ke setiap aspek kehidupan manusia termasuk di bidang pendidikan. Perkembangan teknologi yang pesat ini memberikan kemudahan bagi para siswa untuk belajar secara mandiri, dengan menggunakan bahan belajar tertulis dan melalui komputer, smartphone dan internet. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai pemanfaatan aplikasi Google Classroom sebagai alternatif dalam pembelajaran online di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Pengumpulan data menggunakan metode studi pustaka atau telaah pustaka dari berbagai sumber yang relevan dan wawancara. Hasil penelitian mendukung bahwa aplikasi Google Classroom dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran online. Hal ini dikarenakan Google Classroom berbasis internet, bisa dibuat ruang kelas di dunia maya atau kelas online yang berarti siswa tidak perlu datang ke sekolah. Selain itu aplikasi Google Classroom  dapat menghemat biaya, waktu, dan lebih fleksibel.

Abstract

The Covid-19 pandemic has had a huge impact on the world of education. One of the impacts of the Covid-19 pandemic on the world of education is the delay in the process of teaching and learning activities. All educational institutions must carry out online learning. On the other hand, the rapid development of technology has a very big influence on the world, in every aspect of human life, including in the field of education. This rapid technological development makes it easy for students to study independently, using written learning materials and through computers, smartphones, and the internet. This study aims to provide information about using the Google Classroom application as an alternative to online learning at SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Collecting data using the literature study method or literature review from various relevant sources and interviews. The results of the study support that the Google Classroom application can be used as an alternative to online learning. This is because Google Classroom is internet-based. Classrooms can be created in cyberspace or online, meaning students do not need to come to school. In addition, the Google Classroom application can save costs and time and is more flexible.


Keywords


Google Classroom; pandemi Covid-19; pembelajaran online; Covid-19 pandemic; online learning

Full Text:

PDF

References


Azhar, K. A., & Iqbal, N. (2018). Effectiveness of Google Classroom: Teachers’ perceptions. PRIZREN SOCIAL SCIENCE JOURNAL, 2(2), 52–66. http://www.prizrenjournal.com/index.php/PSSJ/article/view/39/24

Efendi, Y., & Utami, N. (2019). Pengukuran efektifitas pembelajaran menggunakan media e-learning Google Classroom (SMK Sulthan Muazzamsyah Pekanbaru). Prosiding Seminar Nasional Computation Technology and Its Aplication, 1(1), 24–27. https://ejurnal.umri.ac.id/index.php/CTIA/article/view/1822

Hammi, Z. (2017). Implementasi Google Classroom pada kelas XI IPA MAN 2 Kudus [Universitas Negeri Semarang]. http://lib.unnes.ac.id/31039/

Irawan, Y., Susanti, N., & Triyanto, W. A. (2015). Analisa dan perancangan sistem pembelajaran online (e-learning) pada SMK Mambaul Falah Kudus. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 6(2), 345–352. https://doi.org/10.24176/simet.v6i2.471

Maharani, N., & Kartini, K. S. (2019). Penggunaan Google Classroom sebagai pengembangan kelas virtual dalam keterampilan pemecahan masalah topik kinematika pada mahasiswa jurusan sistem komputer. Pendipa : Jurnal Pendidikan Sains, Universitas Bengkulu, 3(3), 167–173. https://doi.org/10.33369/pendipa.3.3.167-173

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi virus corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 4(2), 30–36. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/181

Permata, A., & Bhakti, Y. B. (2020). Keefektifan virtual class dengan Google Classroom dalam pembelajaran fisika dimasa pandemi Covid-19. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 4(1), 27–33. https://doi.org/10.30599/jipfri.v4i1.669

Presiden Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Presiden Republik Indonesia. http://simkeu.kemdikbud.go.id/index.php/peraturan1/8-uu-undang-undang/12-uu-no-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional

Sabran, S., & Sabara, E. (2018). Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar “Diseminasi Hasil Penelitian Melalui Optimalisasi Sinta Dan Hak Kekayaan Intelektual,” 122–125. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/8256

Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen pembelajaran dalam meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar di masa pandemi Covid-19. Bidayatuna : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 285–312. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i2.638

Sari, I. N. (2019). Pengaruh penggunaan Google Classroom terhadap efektivitas pembelajaran mahasiswa Universitas Islam Indonesia [Universitas Islam Indonesia]. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/13733

Sewang, A. (2017). Keberterimaan Google Classroom sebagai alternatif Peningkatan Mutu di IAI DDI Polewali Mandar. JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner), 1(1), 35–46. https://doi.org/10.36915/jpi.v1i1.34

Sutrisna, D. (2018). Meningkatkan kemampuan literasi mahasiswa menggunakan Google Classroom. Fon : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(2), 69–78. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v13i2.1544

Walinda, W. (2020). Efektivitas penggunaan Google Classroom sebagai media pembelajaran [IAIN Kediri]. http://digilib.iainkendari.ac.id/2376/

Watson, J. (2008). Blended learning: The convergence of online and face-to-face education. Promising Practices in Online Learning. National American Council for Online Learning. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED509636.pdf




DOI: https://doi.org/10.21831/jppfa.v9i2.37057

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

Supervised by:

RJI Main logo



Printed ISSN (p-ISSN): 2302-6383 | Online ISSN (e-ISSN): 2502-1648

Creative Commons License
Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi by https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats