Kemiskinan dan pembangunan sektor pendidikan di Kabupaten Ngawi: merumuskan isu strategis

Fajar Sidik, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tulisan ini bertujuan menjelaskan problem kemiskinan dan kinerja pembangunan sektor pendidikan di Kabupaten Ngawi. Penelitian ini difokuskan untuk mencermati kaitan antara kinerja pemerintah daerah Kabupaten Ngawi, kesejahteraan penduduk dicermati dari dimensi pendidikan, dan dampak pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil kinerja pembangunan sektor pendidikan tahun 2016-2018 belum mampu optimal dalam mencapai target yang direncanakan dan menyebabkan rendahnya kualitas kesejahteraan (pendidikan) yang diterima penduduk miskin. Kualitas kesejahteraan (pendidikan) yang masih rendah telah berkontribusi terhadap persoalan pengangguran yang terjadi saat ini. Isu strategis yang perlu segera direspon dan ditindaklanjuti, antara lain; (1) meningkatkan akses pendidikan, (2) meningkatkan pemberantasan buta huruf, dan (3) menjalin kerjasama dengan Provinsi Jawa Timur untuk meningkatkan kualitas lulusan Sekolah Menengah Kejuruan.

Abstract

This paper aims to explain the problem of poverty and the performance of development in the education sector in Ngawi Regency. This research is focused on examining the link between the performance of the local government of Ngawi Regency, the welfare of the population being examined from the educational dimension, and the impact of education. This research uses the library method. The results showed that the results of the education sector development performance in 2016-2018 were not able to be optimal in achieving the planned targets and caused the low quality of welfare (education) received by the poor. The low quality of welfare (education) has contributed to the current unemployment problem. Strategic issues that need to be immediately responded and acted upon include; (1) increasing access to education, (2) increasing illiteracy eradication, and (3) establishing cooperation with the Province of East Java to improve the quality of vocational high school graduates.

 


Keywords


Kemiskinan; pendidikan; akses pendidikan; kualitas pendidikan; kerjasama; poverty; education; access to education; quality of education; cooperation

References


Alfianto, D. B. M., Istiyani, N., & Priyono, T. H. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kemiskinan di Provinsi Jawa Timur. e-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 6(1), 85–90.

Ardianto, T. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kemiskinan Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur Tahun 2009-2013. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 4(2).

Badan Pusat Statistik Kabupaten Ngawi. (2020). Kabupaten Ngawi Dalam Angka 2019. Badan Pusat Statistik Kabupaten Ngawi. https://ngawikab.bps.go.id/publication/2019/08/16/e0479d509718f6fb0c6a51ce/kabupaten-ngawi-dalam-angka-2019.html

BPS. (2020). Indeks Pembangunan Manusia. https://www.bps.go.id/subject/26/indeks-pembangunan-manusia.html

Fajriyah, N., & Rahayu, S. P. (2016). Pemodelan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemiskinan Kabupaten/Kota di Jawa Timur Menggunakan Regresi Data Panel. Jurnal Sains dan Seni ITS, 5(1), D45–D50.

Hafidh, A. A. (2011). Analisis Hubungan Pengeluaran Pendidikan dan Pertumbuhan Ekonomi dengan Menggunakan Pendekatan Kausalitas Granger. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.21831/jep.v8i2.791

Huberman, M., & Miles, M. B. (2002). The qualitative researcher’s companion. Sage.

Jawa Pos. (2019). 45 Persen Warga Ngawi Kategori Miskin, Pengentasan Butuh Peran Lintas Sektoral. https://radarmadiun.jawapos.com/45-persen-warga-ngawi-kategori-miskin-pengentasan-butuh-peran-lintas-sektoral/

Kompas. (2019). Maret 2019, Penduduk Miskin Indonesia Turun Jadi 25,14 Juta Orang. https://money.kompas.com/read/2019/07/15/135853726/maret-2019-penduduk-miskin-indonesia-turun-jadi-2514-juta-orang

Lugastoro, D. P., & Ananda, C. F. (2013). Analisis Pengaruh PAD dan Dana Perimbangan Terhadap Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 1(2).

Majalah Spektroem. (2020). Bapelitbang Forum Koordinasi Integritas, Sinkronisasi dan Sinergitas. http://spektroem.com/bapelitbang-forum-koordinasi-integritas-sinkronisasi-dan-sinergitas/

Maulana, R., & Bowo, P. A. (2013). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pendidikan dan Teknologi terhadap IPM Provinsi di Indonesia 2007-2011. JEJAK: Jurnal Ekonomi dan Kebijakan, 6(2).

Mirza, D. S. (2012). Pengaruh Kemiskinan, Pertumbuhan Ekonomi, Dan Belanja Modal Terhadap Indeks Pembangunan Manusia Di Jawa Tengah Tahun 2006-2009. Economics Development Analysis Journal, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.15294/edaj.v1i2.474

Novita Dewi, Yusbar Yusuf, & Rita Yani Iyan. (2017). Pengaruh Kemiskinan dan Pertumbuhan Ekonomi terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Provinsi Riau. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau, 4(1), 870–882.

Nugroho, S. (2016). Pengaruh Pendidikan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi. Media Ekonomi dan Manajemen, 29(2).

Putri, A. M. P. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kemiskinan Di Provinsi Jawa Timur Tahun 2008-2012. Skripsi StudiIlmu Ekonomi dan Studi Pembangunan. Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Yogyakarta.

Suara Indonesia. (2020). Ditengah Pandemi Covid-19, Musrenbangkab Ngawi Sukses di Gelar Via Online. https://www.suaraindonesia.co.id/read/15244/20200407/222016/post-style-2.html

Sumargo, B., & Simanjuntak, N. M. M. (2019). Deprivasi Utama Kemiskinan Multidimensi Antarprovinsi di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia, 19(2), 160–172. https://doi.org/10.21002/jepi.v19i2.793

Suryawati, C. (2005). Memahami Kemiskinan Secara Multidimensional. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, 8(03), 121–129.

Ustama, D. D. (2009). Peranan Pendidikan Dalam Pengentasan Kemiskinan. “Dialogue” JIAKP, 6(1), 12.

Zain, I., & Melliana, A. (2013). Analisis Statistika Faktor yang Mempengaruhi Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur dengan Menggunakan Regresi Panel. Jurnal Sains dan Seni ITS, 2(2), 16083.

Zed, M. (2004). Metode Peneletian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.21831/jppfa.v7i2.32210

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi



Our journal indexed by:

Supervised by:

RJI Main logo



Printed ISSN (p-ISSN): 2302-6383 | Online ISSN (e-ISSN): 2502-1648

Creative Commons License
Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi by https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats