Relevansi berpikir matematis terhadap perkembangan psikososial berbasis teksonomi bloom dalam pembelajaran matematika

Muhammad Fendrik, Universitas Riau, Indonesia

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dari pentingnya pembelajaran matematika untuk melatih berpikir matematis terhadap perkembangan psikososial berbasis Taksonomi Bloom bagi siswa sekolah dasar. Hal ini terlihat dari asumsi guru di lapangan, yakni bahwa siswa dikatakan telah mengusai materi yang diberikan bila telah memperoleh nilai yang baik dari suatu tes. Ditambah dari beberapa survei Internasional seperti WEF, TIMSS, dan PISA yang menyebutkan bahwa capaian pembelajaran matematika anak-anak Indonesia masih jauh dari kata yang menggembirakan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan memilah-milah sumber referensi yang terkait untuk dapat dikaji dan dianalisis secara komprehensif. Hasil dari penelitian ini adalah guru harus memperhatikan tingkatan Taksonomi Bloom yang tepat, termasuk dalam membuat dan menyusun soal yang berguna untuk melatih berpikir matematis dalam kehidupan sehari-hari yang juga harus ditunjang dari lingkungan sosial siswa agar dapat mencapai tujuan pembelajaran pembelajaran matematika sekolah dasar.

Keywords


Matematika; taksonomi bloom; berpikir matematis; psikososial; sekolah dasar



DOI: https://doi.org/10.21831/jppfa.v7i2.29649

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

Supervised by:

RJI Main logo



Printed ISSN (p-ISSN): 2302-6383 | Online ISSN (e-ISSN): 2502-1648

Creative Commons License
Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi by https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats