Pendidikan demokratis di era revolusi industri 4.0

Fiska Ilyasir, Universitas Alma Ata, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana sebuah pembelajaran demokratis yang ideal dapat dikembangkan dengan mempertimbangkan penggunaan metode yang relevan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Jenis riset yang digunakan dalam artikel ini adalah jenis penelitian kualitatif yaitu riset yang didasarkan pada upaya mengonstruksi pandangan terhadap objek penelitian secara rinci, dibentuk dengan menggunakan kata-kata, gambaran yang bersifat holistic dan kompleks. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif analitik yaitu penelitian yang dimaksudkan untuk menggali dan menemukan data yang mengandung makna yang mendalam, serta menelaah masalah yang ada pada saat ini. Teknik pengumpulan data menggunakan metode studi pustaka, yaitu dengan memilah sumber-sumber referensi dan literature ilmiah yang terkait dengan teori-teori pendidikan dan pembelajaran demokratis, pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi, serta perkembangan teknologi pendidikan di era revolosi industri 4.0. Data-data yang telah ditemukan kemudian dikaji dan dianalisis untuk kemudian disajikan dalam tulisan yang sistematis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan demokratis di era pendidikan 4.0 ini membutuhkan peran guru yang mampu menyesuaikan dirinya dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di bidang pembelajaran.

Abstract

This study aims to examine how ideal democratic learning can be developed by considering the use of methods that are relevant to the development of information and communication technology. This type of research used in this article is a type of qualitative research that is research-based on efforts to construct views of the object of research in detail, formed using words, images that are holistic and complex. This study uses a descriptive-analytic approach which is to explore and find data that contains profound meanings, as well as examining existing problems at the moment. Data collection techniques using literature study, by sorting sources of references and scientific literature related to theories of education and democratic learning, ICT-based learning, and the development of educational technology in the industrial revolution era 4.0. The data that has been found is then reviewed and analyzed and then presented in systematic writing.  The results of this study indicate that democratic education in the 4.0 education era requires the role of teachers who are able to adjust themselves to the development of information and communication technology


Keywords


Guru; pembelajaran demokratis; teknologi informasi dan komunikasi; teacher; democratic learning; information and communication technology

Full Text:

PDF

References


Anderson, J., Van Weert, T., & Duchâteau, C. (2002). Information and communication technology in education: A curriculum for schools and programmes of teacher development. United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO).

Anderson, J. (2010). ICT transforming education: A regional guide. Bangkok: United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Bastian, A. R. (2002). Reformasi pendidikan: Langkah-langkah pembaharuan dan pemberdayaan pendidikan dalam rangka desentralisasi sistem pendidikan Indonesia. Yogyakarta: Lappera Pustaka Utama.

Bustami, Y., Corebima, A. D., Suarsini, E., & Ibrohim, I. (2017). The social attitude empowerment of biology students: Implementation JiRQA learning strategy in different ethnicities. International Journal of Instruction, 10(3), 15–30. Doi: https://doi.org/10.12973/iji.2017.1032a

Creswell, J. W. (2009). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approach. California: SAGE Publication.

Dewey, J. (1923). Democracy and education: An introduction to the philosophy of education. New York: Macmillan Publishing Co., Inc.

Galvan, J. L. (2015). Writing Literature Reviews: A guide for students of the social and behavioral sciences (6th ed.). California: Pyrczak Publishing.

Gibbons, M. T., Coole, D. H., Ellis, E., & Ferguson, K. (Eds.). (2015). The encyclopedia of political thought. Wiley Blackwell.

Haryanti, N. P. P. (2016). Tantangan di Indonesia: Menuju Masyarakat Informasi. Retrieved from https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_penelitian_1_dir/be58fe3e6a0dc5cca07cc7a23b8ae1a9.pdf

Henderson, J., & Hawthorne, R. D. (2000). Transformative Curriculum Leadership (2nd ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.

Kemendikbud: 40 persen guru tak siap dengan teknologi. (2018, December 4). Liputan 6. Retrived from https://www.liputan6.com/news/read/3798441/kemendikbud-40-persen-guru-tak-siap-dengan-teknologi

Lestari, I. D. (2018). Peranan guru dalam penggunaan media pembelajaran berbasis Information and Communication Technology (ICT) di SDN RRI Cisalak. SAP: Susunan Artikel Pendidikan, 3(2), 137–142. Doi: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v3i2.3033

Moleong, L. J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pusposari, D. (2017). Pendidikan yang demokratis di era global: Bahasa dan sastra Indonesia dalam konteks global. Universitas Jember.

Sanjaya, W. (2013). Perencanaan & desain sistem pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Semenov, A. (2005). Information and communication technologies in schools: A handbook for teachers. Paris: United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Sihono, T. (2011). Upaya menuju demokratisasi pendidikan. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8(1), 1–22.

Straubhaar, J., Larose, R., & Davenport, L. (2012). Media Now: Understanding media, culture, and technology. Michael Rosenberg.

Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tapscott, D. (1997). The digital economy: Promise and peril in the age of networked intelligence. New York: McGraw-Hill.

Warsita, B. (2008). Teknologi pembelajaran: Landasan & aplikasinya. Jakarta: Rineka.




DOI: https://doi.org/10.21831/jppfa.v7i1.25998

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

Supervised by:

RJI Main logo



Printed ISSN (p-ISSN): 2302-6383 | Online ISSN (e-ISSN): 2502-1648

Creative Commons License
Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi by https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats