Analisis hubungan karakter semangat kebangsaan terhadap hasil belajar siswa

Menza Hendri, Universitas Jambi, Indonesia
Limbar Pramudya, SMP Negeri 30 Tanjung Jabung Timur, Indonesia
Nur Ika Sandi Pratiwi, Universitas Jambi, Indonesia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan karakter semangat kebangsaan siswa dengan hasil belajar siswa di SMPN 1 Muaro Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode asosiatif kuantitatif jenis korelasional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket atau kuesioner dan soal  yang dibagikan kepada siswa dengan sampel 35 orang yaitu siswa kelas VII SMPN 1 Muaro Jambi. Dengan populasi seluruh siswa SMPN 1 Muaro Jambi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan program SPSS untuk melakukan uji asumsi ( normalitas dan linearitas) dan membuat hipotesis melalui uji korelasional. Hasil dari penelitian menunjukkan dengan menggunakan uji korelasi didapatkan nilai Pearson correlation 0,027 < 0,05 maka dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak atau  terdapat hubungan antara karakter semangat kebangsaan dengan hasil belajar siswa di SMPN 1 Muaro Jambi. 


Abstract

The purpose of this study was to find out how the character of the nationality of students correlates with the learning outcomes of SMPN 1 Muaro Jambi. This type of research is a quantitative research using a correlational quantitative type associative method. The data collection technique in this study was to use questionnaires or questionnaires and questions that were distributed to students with a sample of 35 people namely VII SMPN 1 Muaro Jambi. With a population of all students of Muaro Jambi Middle School 1. Data analysis in this study uses a type of quantitative research using the SPSS program to test assumptions (normality and linearity) and make hypotheses through correlational tests. The results of the study show that using the correlation test obtained Pearson correlation value 0.027 <0.05, it can be stated that Ho is rejected or there is a relationship between the character of national spirit and student learning outcomes at SMPN 1 Muaro Jambi.


Keywords


Hasil Belajar; karakter semangat kebangsaan; learning outcomes; character of national spirit

Full Text:

PDF

References


Ahman, E., & Indriani, E. (2007). Ekonomi dan akutansi: Membina kompetensi ekonomi. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Alfianika, N. (2018). Buku ajar metode penelitian pengajaran bahasa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish.

Aprilia, N dan Indrijati, H. (2014). Hubungan antara kecerdasan emosi dengan perilaku tawuran pada remaja laki-laki yang pernah terlibat tawuran di SMK 'B' Jakarta. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 3(1), 1 - 11.

Astalini, Kurniawan, D. A, & Putri, A. D. (2019). Indentifikasi Sikap Implikasi Sosial dari IPA, Ketertarikan Menambah Waktu Belajar IPA, dan Ketertarikan Berkarir Dibidang IPA Siswa SMP Sekabupaten Muaro Jambi. Jurnal Tarbiyah, 7(2), 93-108.

Citra, Y. (2012). Pelaksanaan pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(1), 237-249. doi: https://doi.org/10.24036/jupe7950.64

Gunawan, G., Harjono, A., dan Sahidu, H. (2015). Pengembangan model laboratrium virtual berorientasu pada kemampuan pemecahan masalah bagi calon guru fisika. PROSIDING: Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika, 6(4).

Ghazali, I. (2013). Aplikasi analisis multivariente dengan program SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 17(1), 66-79. doi: https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5

Ismaya, E. A, & Romadlon, F. N. (2017). Strategi membentuk karakter semangat kebangsaan anggota ambalan Kyai Mojo dan Nyi Ageng Serang. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 140-144. doi: https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1224

Kurniawan, D. A. (2019). Pengembangan instrumen sikap siswa Sekolah Menengah Pertama terhadap mata pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 7(1), 1-7. doi: https://doi.org/10.26714/jps.7.1.2019.1-7

Kurniawan, R., & Yuniarto, B. (2016). Analisis regersi dasar dan penerapannya dengan R. Jakarta: Djambatan.

Kaniawati, I. (2017). Pengaruh simulasi komputer terhadap peningkatan penguasaan konsep impuls-momentum siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Sains, 1(1), 24-26. doi: http://dx.doi.org/10.17977/um033v1i1p24-26

Mardiyah, I. H. (2017). Penanaman nilai-nilai karakter melalui pembelajaran IPA di MI Istiwomah Sambas Kabupaten Purbalingga (Unpublished bachelor thesis). Institut Islam Negeri Purowokerto, Indonesia.

Maryati, K., & Suryawati, J. (2007). Sosiologi untuk SMA dan MA kelas XII. Jakarta: Erlangga

Muslim, M. (2013). Pengaruh pelaksanaan pendidikan karakter pada mata pelajaran sejarah terhadap sikap nasionalisme siswa kelas XI MA Al Asror Semarang tahun ajaran 2012/2013 (Unpublished bachelor thesis). Universitas Negeri Semarang, Indonesia.

Neoloka, A., & Neoloka, G. A. A. (2017). Landasan pendidikan: Dasar pengenalan diri sendiri menuju perubahan hidup. Jakarta: Kencana.

Putra, N. A. A. (2012). Hubungan karakter siswa dengan prestasi belajar siswa kelas XI program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) di SMK Negeri 2 Yogyakarta (Unpublished bachelor thesis). Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia.

Ramayani, C. (2016). Interaksi Antara Strategi Pembelajaran dan Sikap Belajar Siswa. Jurnal Pelangi, 8(2), 187-190. doi: https://doi.org/10.22202/jp.2016.v8i2.1729

Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kuantitatif (Quantitative research approach). Yogyakarta: Deepublish.

Santoso, S. (2012). Aplikasi SPSS pada statistik parametrik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Santoso, W. K. (2017). Smart fisika SMP. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Septian, D. (2018). Pembelajaran IPA dengan learing cycle berbantuan multimedia interaktif ditinjau dari pengetahuan awal dan gaya belajar siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains, 1(1), 1-13.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar metodologi penelitian. Yogyakarta: Literasi Mrdia Publishing.

Supriyadi, D. A. (2015). Peningkatan hasil belajar materi besaran dan satuan menggunakan Macromedia Flash 8 pada siswa kelas VII di MTs NU. 05 Sunan Katong Kaliwungu Tahun pelajaran 2015/2016 (Unpublished bachelor thesis). Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia.

Suryani, H. (2015). Metode riset kuantitatif: Teori dan aplikasi pada penelitian bidang manajemen dan ekonomi Islam. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.

Triyanto, E., Anitah, A. S., & Surayni, N. (2013). Peran kepemimpnan kepala sekolah dalam pemanfaatan media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kualitas proses pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 226-238.

Umar, H. (2003). Metode riset bisnis: Panduan mahasiswa untuk melaksanakan riset dilengkapi contoh proposal dan hasil riset bidang manajemen dan akuntansi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Presiden Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Utami, S. A., Hendri, M., & Darmaji, D.. (2017). Hubungan lingkungan belajar terhadap hasil belajar fisika kelas XI SMAN 1 Muaro Jambi. Jurnal EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2), 58-67. doi: https://doi.org/10.22437/edufisika.v2i02.4544

Yaumi, M. (2016). Pendidikan karakter: Landasan, pilar, dan implementasi. Jakarta: Prenadamedia Group.




DOI: https://doi.org/10.21831/jppfa.v7i1.25209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

Supervised by:

RJI Main logo



Printed ISSN (p-ISSN): 2302-6383 | Online ISSN (e-ISSN): 2502-1648

Creative Commons License
Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi by https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats