Kontribusi komunikasi dan keterampilan manajemen konflik kepala sekolah terhadap kinerja guru

Syaifulloh Nugroho, Program Studi Pendidikan Dasar, Universtas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1.) Mengetahui kontribusi komunikasi kepala sekolah terhadap kinerja guru; 2.) Mengetahui kontribusi keterampilan manajemen konflik kepala sekolah terhadap kinerja guru; dan 3.) Mengetahui kontribusi komunikasi dan keterampilan manajemen konflik kepala sekolah terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis expost-facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru di SD Negeri Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data menggunakan regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kontribusi komunikasi dan keterampilan manajemen konflik kepala sekolah terhadap kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kontribusi komunikasi kepala sekolah terhadap kinerja guru adalah sebesar 64,9%, kontribusi keterampilan manajemen konflik kepala sekolah terhadap kinerja guru adalah sebesar 80,6%, dan kontribusi komunikasi dan keterampilan manajemen konflik kepala sekolah terhadap kinerja guru adalah sebesar 85,8%.

 

Abstract

This research aims to: 1.) Knowing the contribution of communication made by the headmaster to teacher performance; 2.) Knowing the contribution of headmaster conflict management skills to teacher performance, and 3.) Knowing the contribution of communication and conflict management skills by the headmaster to the performance of teachers in Primary Schools in Mlati District, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta. This study uses a post-facto type with a quantitative approach. The study population was all teachers at the Primary School in Mlati District, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta in the academic year 2017/2018. Data collection techniques using a questionnaire. Data analysis techniques using simple regression and multiple regression. The results of this study indicate that there is a contribution of communication and conflict management skills made by the principal to the performance of elementary school teachers in the Mlati District, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta. The contribution of communication made by the headmaster to teacher performance was 64.9%, the contribution of conflict management skills made by the headmaster to teacher performance was 80.6%, and the contribution of communication and conflict management skills made by the headmaster to performance the teacher is 85.8%.


Keywords


Komunikasi kepala sekolah; keterampilan manajemen konflik; kinerja guru; principal’s communication; management conflict skills; teachers performance

Full Text:

PDF

References


Anwar, C. (2015). Manajemen konflik untuk menciptakan komunikasi yang efektif (Studi kasus di Departemen Purchasing Pt. Sumi Rubber Indonesia). Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 148-157. Doi: https://doi.org/10.14710/interaksi.4.2.148-157

Bangun, W. (2012). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Erlangga

Budiono, B., & Wibowo, U. B. (2014). Pengaruh komunikasi organisasi, kecerdasan emosi dan pengambilan keputusan terhadap implementasi peran kepemimpinan kepala SD. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 2(2), 147-158. Doi: https://doi.org/10.21831/amp.v2i2.2445

Ivancevich, J. M., Konopakse, R., & Matteson, M. T. (2014). Organizational behavior & management (10th ed.). New York: McGraw-Hill.

Luthans, F. (2005). Organizational behavior (10th ed). New York: McGraw-Hill.

Millar, E. (2005). Training: Performance improvement challenges, the way ahead. Pulp & paper Canada, 106(10), 28-29.

Pandoyo, R., & Wuradji, W. (2015). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru, komite sekolah terhadap keefektifan SDN Se-Kecamatan Mlati. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 250-263. Doi: https://doi.org/10.21831/amp.v3i2.6341

Rahmat, A., & Kadir, S. (2017). Manajemen kepemimpinan dan kemampuan berkomunikasi kepala sekolah pada kinerja pendidik. Jurnal Komunikasi, 8(1), 1-11. Doi: https://doi.org/10.24912/jk.v8i1.43

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2015). Organizational behavior (16th ed). USA: Pearson Educations.

Usman, H. (2013). Manajemen: Teori, praktik, dan riset pendidikan (4th ed.). Jakarta: Bumi Aksara

Wibowo, W. (2014). Manajemen kinerja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wirawan, W. (2010). Konflik dan manajemen konflik: Teori, aplikasi, dan penelitian. Jakarta: Salemba Humanika.




DOI: https://doi.org/10.21831/jppfa.v7i1.24774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

Supervised by:

RJI Main logo



Printed ISSN (p-ISSN): 2302-6383 | Online ISSN (e-ISSN): 2502-1648

Creative Commons License
Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi by https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats