Nilai-nilai anti korupsi dalam pembelajaran akuntansi sebagai pengembangan karakter siswa di SMK

Siswanto Siswanto, Jurusan Pendidikan Akuntani Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Suyanto Suyanto, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Badrun Kartowagiran, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: (1) faktor Kualitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Kompetensi Guru, Persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah dan Persepsi guru terhadap kultur sekolah dalam mengintegrasikan nilai-nilai anti korupsi sebagai pengembangan karakter siswa; (2) pengaruh berbagai faktor terhadap kualitas pembelajaran Akuntansi  yang mengintegrasikan nilai-nilai anti korupsi, dan ; (3) mengetahui faktor yang paling berpengaruh  terhadap pembelajaran Akuntansi yang mengintegrasikan nilai-nilai anti korupsi. Populasi dalam Penelitian ini adalah 279 Guru Akuntansi SMK Bisnis dan Manajemen di Daerah Istimewa Yogyakarta terdistribusi pada 59 SMK. Sampel penelitian diambil 165 guru dan 200 siswa diambil dengan proposional purposive sampling. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Statistik deskriptif digunakan untuk menjelaskan rata-rata skor kualitas setiap faktor dan statistik inferensial dengan SEM untuk menguji hipotesis. Uji kecocokan model dengan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan program LISREL 8.80. Hasil penelitian menunjukkan :(1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) telah mengitegrasikan nilai-nilai anti korupsi dengan baik, siswa memberi penilaian sangat baik pada kompetensi guru, guru memiliki persepsi baik terhadap kepemimpinan kepala sekolah, guru memiliki persepsi baik terhadap kultur sekolah; (2) ada pengaruh yang signifikan dari berbagai faktor terhadap pembelajaran Akuntansi yang mengintegrasikan nilai-nilai anti korupsi. (3) kualitas Rencana Pembelajaran adalah faktor yang paling berpengaruh terhadap kualitas Pembelajaran Akuntansi.

Kata kunci: integrasi nilai-nilai anti korupsi, pembelajaran akuntansi, pengembangan karakter siswa

 

ANTI-CORRUPTION VALUES INTO ACCOUNTING LEARNING TO BUILD STUDENTS’ CHARACTERS AT VOCATIONAL HIGH SCHOOLS (VHSs

Abstract

This study aims to: (1) describe the factors of the lesson plan quality, teachers’ competencies, teachers’ perceptions of principals’ leadership, and teachers’ perceptions of the school culture in integrating anti-corruption values to build students’ characters; (2) describe the effects of a variety of factors on the quality of Accounting learning that integrates anti-corruption values; and (3) find out the factor with the greatest effect on Accounting learning that integrates anti-corruption values. The research population comprised 279 Accounting teachers at 59 Business and Management VHSs in Yogyakarta Special Region. The research sample, consisting of 165 teachers and 200 students, was selected by means of the proportional purposive sampling technique. The data were analyzed using descriptive and inferential statistics. The descriptive statistics were used to explain the mean score of the quality of each factor and the inferential statistics with Structural Equation Modeling (SEM) were used to test the hypotheses. The model fit test used SEM processed by the LISREL 8.80 program. The results of the study are as follows. (1) the lesson plans have integrated anti-corruption values well, the students give excellent ratings to the teachers’ competencies, the teachers have good perceptions of the principals’ leadership, and the teachers have good perceptions of the school culture. (2) there are significant effects of a variety of factors on Accounting learning that integrates anti-corruption values. (3) the quality of the lesson plans is the factor with the greatest effect on the quality of Accounting learning.

Keywords: integration of anti-corruption values, accounting learning, students’ character building

Full Text:

Fulltext PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jppfa.v5i1.14534

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi



Our journal indexed by:

Supervised by:

RJI Main logo



Printed ISSN (p-ISSN): 2302-6383 | Online ISSN (e-ISSN): 2502-1648

Creative Commons License
Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi by https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats