Hubungan antara efikasi diri dengan keterampilan komunikasi siswa

Budi Astuti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Anggi Idwar Pratama, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dan keterampilan komunikasi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi pada penelitian ini ialah siswa SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta kelas VII A, VII B, VII C, VIID, VII E, VII F dan VII G. Penelitian ini melibatkan seluruh populasi siswa kelas VII dengan jumlah 124 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala efikasi diri dan skala keterampilan komunikasi yang diadaptasi. Realibilitas skala efikasi diri 0,91 dan realibillitas skala keterampilan komunikasi 0,89. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara efikasi diri dengan keterampilan komunikasi siswa. Hasil korelasi diperoleh 0.208 yang berada pada koefesien korelasi antara 0.20-0.399 termasuk memiliki tingkat hubungan rendah. Masih ada faktor-faktor lain yang memiliki hubungan dengan keterampilan komunikasi. Tingkat efikasi diri siswa termasuk dalam kategori sedang sebanyak 94 siswa (76%). Tingkat keterampilan komunikasi siswa termasuk dalam kategori sedang sebanyak 82 siswa (66%). Hasil penelitian ini memberikan implikasi terhadap guru bimbingan dan konseling untuk memberikan intervensi-intervensi yang tepat agar keterampilan komunikasi siswa dapat meningkat dengan efikasi diri yang memadai.

 

The relationship between self-efficacy and student communication skills

This study aimed to determine the relationship between self-efficacy and student communication skills. The research method used is a quantitative approach to the type of correlational research. The population in this study were students of Al Azhar 26 Yogyakarta Islamic Middle School class VII A, VII B, VII C, VIID, VII E, VII F and VII G. This study involved the entire population of grade VII students with a total of 124 students. Data collection techniques using self-efficacy scales and communication skills scales were adapted. The reliability of the self-efficacy scale was 0.91 and the reliability of the communication skills scale was 0.89. The results showed that there was a positive and significant relationship between self-efficacy and student communication skills. The correlation results obtained 0.208 which is at the correlation coefficient between 0.20-0.399 at the low level of relationship. There are still other factors that have a relationship with communication skills. The level of student self-efficacy is included in the moderate category of 94 students (76%). The level of student communication skills is included in the moderate category of 82 students (66%). The results of this study have implications for teacher guidance and counseling to provide appropriate interventions so that students' communication skills can be improved with adequate self-efficacy.


Keywords


efikasi diri; keterampilan komunikasi; bimbingan dan konseling

Full Text:

PDF

References


Akkuzu, N., & Akkaya, N. (2014). Development and validity-reliability study of communucation skills scale for student teacher: suggestion of an alternative model. Electronic Turkish Studies-International Periodical For The Languages, Literature and History of Turkish or Turkic, 9(8), 111-132.

Andriana, A. (2017). Pengaruh lingkungan sekolah terhadap minat belajar siswa kelas XI MA Wasilatul Falah Rangkasbitung. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Ashfia, H. (2018). Efektivitas komunikasi berkualitas untuk meningkatkan efikasi diri pengasuhan anak pada orang tua sibuk. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/13733.

Aw, S. (2011). Komunikasi interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Azwar, S. (2017). Metode penelitian psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Basuki, A. (2013). Efektivitas pelayanan konseling kelompok untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 6(1). 46-54. Doi: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v6i1.4740.

Budiono, H & Abdurrohim, M. (2020). Peran guru dalam mengembangkan keterampilan komunikasi (communication) siswa kelas V sekolah dasar negeri Teratai. Jurnal IKA: Ikatan Alumni PGSD UNARS, 8(1), Juni 2020. Doi: https: doi.org/1036841/pgsdunars.v8il.589.

Cangara, H. (2008). Pengantar ilmu komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Cangara, H. (2019). Pengantar ilmu komunikasi (edisi keempat). Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Chatab, N. (2007). Profil budaya organisasi. Bandung. Penerbit Alfabeta.

Chung, Y., Yoo, J., Kim, S. W., Lee, H., & Zeidler, D. L. (2014). Enhancing students communication skills in the science classroom through socioscientific issue. International Journal of Science and Mathematics Education, 1-27. Doi: https:doi.org/10/1007/s10763-014-9557-6.

Deviyanthi, N. M. F. S. (2016). Hubungan antara efikasi diri dengan kecemasan komunikasi dalam mempresentasikan tugas di depan kelas. Publikasi (Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran).

Feist, J. & Gregory J. F. (2010). Teori kepribadian (edisi ketujuh). Jakarta: Salemba Humanika.

Friedman, H & Meriam, S. (2016). Personality classic theories and modern research. Boston: Pearson/Allyn and Bacon.

Ghufron, N & Risnawita, R. (2014). Teori-teori psikologi (cetakan ke 4.). Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Handayani, F., & Nurwidawati, D. (2013). Hubungan self-efficacy dengan prestasi belajar siswa akselerasi. Jurnal Penelitian Psikologi, 1(2).

Handini, O., & Soekirno, S. (2020). Hubungan efikasi diri (self-efficacy) dan pengembangan diri terhadap komunikasi antar pribadi (Penelitian pada Guru Sekolah Dasar Gugus IX Kota Surakarta). Research Fair Unistri. 4(1).

Harapan, E., & Ahmad, S. (2014). Komunikasi antar pribadi: perilaku insani dalam organisasi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Ihmeideh, F. M., Al-Omari, A. A., & Al-Dababneh, K. A. (2010). Attitudes toward communication skills among students’-teachers’ in Jordanian Public Universities. Australian Journal of Teacher Education, 35(4), July 2010.

Iksan, Z. H, Zakariaa, E., Meerah, T. S. M., Osman, K., Lian, D. K. C., Mahmud, S. N. D., & Krish, P. (2012). Communication skills among university students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 59(2012), 71 – 76.

Jendra, A. F. & Sugiyo. (2020). Pengaruh efikasi diri tehadap kecemasan presentasi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Wuryantoro. Journal of Guidance and Counseling, 4(1). Doi: http://dx/doiorg/10.21043/konseling.v4i1.5993.

Kamaruzzaman, K. (2016). Analisis keterampilan komunikasi interpersonal siswa. Journal Konseling Gusjigang, 2(2). Doi: https://doi.org/1023176/jkg.v2i2744.

Kartianti, M. (2019). Hubungan kepercayaan diri dengan keterampilan berkomunikasi siswa SMA. Seri Ilmu-ilmu Sosial dan Kependidikan, 3(2),71-75.

Kemendiknas. (2020). Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Khanifah, S., Pulkan, K. K & Sukaesih, S. (2012). Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Unes Journal of Biology Education, 1(1), 66-73.

Kharisma, S. M. (2019). Hubungan antara self-efficacy dengan komunikasi interpersonal pada karyawan BPJS ketenagakerjaan. Medan: Universitas Medan Area.

Khasanah, S. U (2016). Pengaruh lingkungan sekolah terhadap kedisiplinan siswa kelas III MIN Paju Ponorogo. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

Kurniawan, R. (2013). Pengaruh lingkungan sekolah, motivasi belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran peralatan kantor kelas X administrasi perkantoran SMK Negeri 1 Kudus. Economic Education Analysis Journal, 2(3), 96-105.

Kusmiarti, R., Yuniati, I., & Noermanzah. (2020). Improving student communication skills in learning Indonesian language through collaborative learning. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(01), January 2020. ISSN 2277-8616207IJSTR©2020www.Ijstr.Org.

Majid, A, & Rochman, C. (2014). Pendekatan ilmiah dalam implementasi kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Maryanti, S., Zikra, & Nurfarhanah. (2012). Hubungan antara keterampilan komunikasi dengan aktivitas belajar siswa. Konselor, 1(2). DOI: https://doi.org/10.24036/02012112700-0-00.

Mawanti, I. (2011). Studi efikasi diri mahasiswa yang bekerja pada saat penyusunan skripsi. Skripsi. UIN Walisongo Semarang.

McBride, E., Oswald, W. W., Beck, L. A., & Vashlishan, M. A. (2020). I’m just not that great at science’: science self-efficacy in arts and communication student. Journal of Research in Science Teaching, 57(4), 597-622. Doi: https://doi.org/10.1002/tea.21604.

Mollah, M. K. (2019). Kepercayaan diri dalam peningkatan keterampilan komunikasi. El-Banat: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 9(1), 1-20.

Musliah, M., Purwanti, P., & Yuline, Y. (2015). Analisis keterampilan komunikasi siswa dengan teman sebaya di sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(12).

Musyafa, M. I. (2017). Hubungan antara efikasi diri dengan kecemasan komunikasi dalam bersiaran pada penyiar radio Kota Malang. Disertasi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Myers, B., & Eike, R. J. (2020). The impact of servive-learning on apparel design students’ self-efficacy of apparel construction, management, and communication skills. International Journal of Fashion Design, Technology and Education, 1-8. Doi:https://doi.org/10.1080/17543266.2020.1797904.

Myers, E. G. (2010). Social psychology. New York: Mc Graw-Hill.

Pal, N., Halder, S & Guha, A. (2016). Study on communication barriers in the classroom. Journal of Communucation and Media Technologies, 6(1), 103-118.

Permana, H., Harahap, F., & Astuti, B. (2016). Hubungan antara efikasi diri dengan kecemasan dalam menghadapi ujian pada siswa kelas IX di MTS Al Hikmah Brebes. Jurnal Hisbah, 13(1), 51-68.

Peterson, J. C., Milstein, T., Chen, Y., & Nakazawa. (2011). Self-efficacy in intercultural communication: the development and validation of a Sojourners’ Scale. Journal of International and Intercultural Communication, 4(4), 290-309. Doi: http://dx/doi.org/101080/17513057.2011.602476.

Purnomo, P. D. (2016). Hubungan keterampilan komunikasi interpersonal dan kepercayaan diri siswa kelas X SMAN 1 Gariam Kabupaten Blitar. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1(2), 55-59. Doi: http://dx.doi.org./10.7977/um00lvli22016p055.

Rahmawati, E. (2014). Pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 22 Pamulang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Romadona, M. R. (2017). Peran efikasi diri dan kemampuan komunikasi peneliti terhadap iklim organisasi di pusat penelitian X. Jurnal Pekommas, 2(1). 55-64.

Sharifirad, G. R., Rezaeian, M., Jazini, A., & Etemadi, Z. S. (2012). Knowledge, attitude and performance of academic members regarding effective communication skills and health promotion. Journal of Education and Health Promotion, 1(4), 8-13. Doi: 10.4103/2277-9531.104812.

Slavin, R. E. (2018). Educational psychology, theory and practice, 12th Edition. New York: Pearson.

Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhanti, I. Y., Puspitasari, D. N., & Noorrizki, R. D. (2018). Keterampilan komunikasi Interpersonal Mahasiswa UM. Prosiding Seminar Nasional Psikologi Klinis. 37-39.

Sumantri, M. S. (2015). Strategi pembelajaran: teori dan praktik di tingkat pendidikan dasar. Jakarta: Rajawali Press.

Suseno, M. N. (2009). Pengaruh pelatihan komunikasi interpersonal terhadap efikasi diri sebagai pelatih pada mahasiswa. Jurnal Intervensi Psikologi, 1(1).

Tingginnehe, P. P., & Wijono, S. (2018). Hubungan antara self-efficacy dengan kemampuan komunikasi pada karyawan di Hotel Pesonna Malioboro Yogyakarta. Kesmas, 7(3).

Tonglo, H. N. T. 2004. Hubungan antara efikasi diri menjalin komunikasi interpersonal dengan kemampuan menjalin komunikasi interpersonal yang efektif. Skripsi. Universitas Sanata Dharma.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bab 1 Pasal 20.

Urwani, A. N., Ramli, M., & Ariyanto, J. (2018). Analisis dominasi komunikasi scientific pada pembelajaran sekolah menengah atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 181-190. doi:https://doi.org/10.21831/jipi.v4i2.21465.

Wahyuni, E. (2015). Hubungan self-effecacy dan keterampilan komunikasi dengan kecemasan berbicara di depan umum. Jurnal Komunikasi Islam, 5(1). 51-58. Doi: https://doi.org/10.15642/jki.2015.5.1.51-82.

Wardani, D. S. K. (2012). Pengaruh pelatihan komunikasi efektif untuk meningkatkan efikasi diri mahasiswa. Jurnal Psikologi dan Pendidikan dan Perkembangan, 1(2). 1-7.

Wati, M. Y., Maulidia, A. I., Irnawawi., & Supeno. (2019). Keterampilan komunikasi siswa kelas VII SMPN 2 Jember dalam pembelajaran IPA dengan model problem based learning pada materi kalor dan perubahannya. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(4), 275-280. Doi: https://doi.org/10.19184/jpf.v8i4.15237.

Widiastuti, S & Muktiani, R. N. (2010). Peningkatan motivasi dan keterampilan menggiring bola dalam pembelajaran sepak bola melalui kucing tikus pada siswa kelas 4 SD Glagahombo 2 Tempel. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 1.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v13i2.33757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Supervised by:

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by:

  

View My Stats