Pemetaan kompetensi teknologi informasi dan komunikasi (tik) guru pada dimensi pedagogik

An an Herliani, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Dinn Wahyudin,

Abstract


Kompetensi TIK diharapkan dapat menjadi penopang bagi peningkatan kompetensi pedagogik dan profesional bagi seorang guru. Kajian ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi TIK guru pada dimensi pedagogik yang dapat dijadikan rujukan dalam perancangan program peningkatan kompetensi guru oleh lembaga penyelenggara pendidikan dan pelatihan. Melalui pendekatan Penelitian Desain dan Pengembangan (Design and Development Research) dengan merujuk pada kerangka kerja kompetensi TIK untuk guru yang dikembangkan oleh UNESCO (UNESCO ICT Competency Framework for Teachers). Hasil penelitian telah memetakan kompetensi TIK yang dapat dicapai oleh guru melalui Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan secara berjenjang dalam tiga level kompetensi yang dilengkapi dengan deskripsi kompetensi pada setiap levelnya.


Mapping information and communication technology (ICT) competency for teachers from the  pedagogic dimension

ICT competence is expected to be a support for the improvement of pedagogical and professional competence for a teacher. This study aims to develop teacher's ICT competence on the pedagogic dimension that can be used as a reference in the design of teacher competency improvement programs by education and training providers. Through the Design and Development Research approach by referring to the ICT competency framework for teachers developed by UNESCO. The research results have mapped the competence of ICT that can be achieved by teachers through Continuous Professional Development in three levels of competence with a description of competence at each level.


Keywords


teachers competency; Teacher Development Program; Continuous Professional Development; ICT Competency Framework

Full Text:

PDF

References


Akker, J. van den et. a. (1999). Design Approaches and Tools in Education and Training. Kluwer Academic Publishers. http://doi.org/10.1007/978-94-011-4255-7

Hooper, S., & Rieber, L. P. (1995). Teaching with technology. In A. C. Ornstein (Ed.), Teaching: Theory into practice. Needham Heights, MA: Allyn and Bacon.

Kemendikbud. (2015a). Pedoman Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru. Pedoman Uji Kompetensi Guru.

Kemendikbud. (2015b). Pedoman Penyusunan Modul Diklat. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemdikbud.

Kemendikbud. (2017). Pedoman Umum Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemdikbud.

Kristiawan, M. dkk. (2017). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Lampiran Peraturan Presiden RI No. 32 Tahun 2011 Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia 2011 - 2025. Indonesia.

Maulipaksi, D. (2016). 7 Provinsi Raih Nilai Terbaik Uji Kompetensi Guru 2015. Retrieved January 3, 2018, from https://www.kemdikbud.go.id/

Mulyasa, E. (2013). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Murti, K. E. (2015). Pendidikan abad 21 dan aplikasinya dalam pembelajaran di SMK. (2009). Retrieved from http://www.p4tksb-jogja.com/images/artikel/Pendidikan_Abad_21_dan_Aplikasinya_dalam_Pembelajaran_di_SMK_-_Kuntari.pdf

̇Peciuliauskiene, Palmira., & Barkauskaite, Marija. (2007). Would-Be Teachers’ Competence in Applying ICT: Exposition and Preconditions for Development. Informatics in Education, IV, No. 2, 397–410.

Peraturan Kepala BPPK Nomor PER-003/PP/2009.

Peraturan Kepala LAN Nomor 5 tahun 2009 (2009).

Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Nomor 1 Tahun 2006 (2006).

Qing, Z., & Qizhong, O. (2012). Study on cultivation of teachers’ ICT ability. In 7th Nternational Conference on Computer Science & Education (ICCSE).

Rajsekhar. (2013). The Role of Information and Communication Technology in Teacher in India: A Study.

Richey, R. C. & Klein, J. D. (2007). Design and Development Research. Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

UU Nomor 14. (2005). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Produk Hukum, 2.

Wahyudin, D. (2010). Model Pembelajaran ICARE Pada Mata Pelajaran TIK di SMP. Jurnal Penelitian Kependidikan, Vol. 11, Nomor 1.

Wahyudin, D. (2016). Manajemen Kurikulum dalam Pendidikan Profesi Guru (Studi Kasus di Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Kependidikan, Vol. 46, Nomor, 259–270.

Wahyudin, D. (2017). Curriculum Development and Teaching Philosophy. Germany: Lambert Academic Publishing Saarbrucken.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v11i2.19825

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Supervised by:

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by:

  

View My Stats