PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP IPS MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 5E

Laila Fatmawati, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan keaktifan dan pemahaman konsep IPS dengan mengguna-kan model learning cycle 5E. Tahapan learning cycle 5 E meliputi engagement, exploration, explanation, elaboration, evaluation. Subjek penelitian adalah mahasiswa PGSD UAD kelas D yang berjumlah 46 mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian berlangsung dalam dua siklus, setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: observasi, tes hasil belajar, wawancara, catatan lapangan, serta studi dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dengan mengacu pada model Miles & Hubberman, dan kuantitatif berbantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan pemahaman konsep IPS pada mahasiswa dengan menggunakan model learning cycle 5E.

Kata Kunci: learning cycle, keaktifan, pemahaman konsep IPS.

 

INCREASING THE ACTIVENESS AND UNDERSTANDING OF SOCIAL STUDIES CONCEPT THROUGH LEARNING CYCLE

 

Abstract

This research aims to improve the activeness and understanding of social studies concept through learning cycle with 5e. Steps of learning cycle with 5e consist of engagement, exploration, explanation, elaboration, evaluation. The subject is college students of class D of the Elementary School Education Department, Ahmad Dahlan University who are 46 students. This research is a classroom action research. This research has two cycles. Each cycle consists of four stages which are planning, implementation, observation, and reflection. Data collection used observation sheets, tests, interviews, field notes, and documentation study. The collected data was analyzed used qualitative referred to Miles & Hubberman model, and quantitative assisted by SPSS. The result of the research is the college students’ activeness has increased through learning cycle with 5e.

Keywords: learning cycle, activeness, understanding social studies concept.


Keywords


learning cycle; keaktifan; pemahaman konsep IPS

Full Text:

PDF

References


Abruscato, J., & DeRosa Donald A. (2010). Teaching children science-a discovery approach-7 ed. Boston: Allyn& Bacon.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2007). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Baharuddin. (2009). Pendidikan dan psikologi perkembangan. Yogyakarta: Arruz Media.

Bintarini, N. K., Marhaeni & Lasmawan, I. W. (2013). Determinasi pemanfaatan ling-kungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar terhadap gaya belajar dan pemahaman konsep IPS pada siswa kelas IV SDN Gugur Yudistira Kecamatan Negara. E-journal Pascasarjana UNDIKSA, 3, 1-11. Laman web pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/602 [diakses 25 Mei 2016]

Bybee, R.W. (2006). The BSCS 5E. Instructional model: Origins and effectiveness. Laman web http://www.hscs.org/site/default/files/BSCS_5E_Instructional_Model-Full_Report.pdf [diakses 20 Maret 2014].

Chiapepetta & Koballa, Jr. (2010). Science instructional in the middle and secondary schools. Boston: Allyn & Bacon.

Ghozali, I. (2009). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Kulsum, U & Hindarto, N. (2011). Penerapan model learning cycle pada sub pokok bahasan kalor untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7, 128-133.

Mulyasa. (2005). Menjadi guru profesional. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Noname. (2014). Activity four, engage, explore, explain, extend, evaluation. Laman web http://smartideas.wikispaces.com/Activity+Two [diakses 12 November 2014]

Rahayuningsih, R., Masykuri, M., & Utami, B. (2012). Penerapan siklus belajar 5E disertai peta konsep untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar kimia pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kartasura tahun pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia, 1 (1), 51-58.

Saputra, I.W.A., Wiyasa, I.K.N., & Ardana, I.K. (2014). Model pembelajaran learning cycle berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V gugus I Kecamatan Dawan. E-journal UNDIKSA, 2 (1),1-10. Laman web http://download.portalgaruda.org/article.php?article=138639&val=1342&title=MODEL%20PEMBELAJARAN%20LEARNING%20CYCLE%20BERPENGARUH%20TERHADAP%20HASIL%20BELAJAR%20IPA%20SISWA%20KELAS%20VGUGUS%20I%20KECAMATAN%20DAWAN [diakses 25 Mei 2016]

Sardiman. (2014). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Setiawan, R. (2012). Masalah pendidikan di Indonesia dan solusinya. (online). Laman web http://kampus.okezone.com/read/2012/10/23/373/708090/indeks-pendidikan-ri-rendah-jangan-salahkan-mendikbud, [diakses 5 April 2013].

Sole, F., & Wilujeng, I. (2013). Pengaruh implementasi the 4-e learning cycle terhadap pengetahuan, keterampilan proses dasar, dan sikap ilmiah IPA siswa SDK Kererobbo. Jurnal Prima Edukasia, 1(1), 43-50. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/2315

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta

Susanto, Y.A., Maftukhin, A., & Ngazizah, N. (2014). Pengembangan LKS berbasis learning cycle untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa di SMP N 15 Purworejo tahun ajaran 2013/2014. Jurnal Radiasi, 5(1), 42-48.

Wahyudi, I. (2012). Mengejar profesionalisme guru strategi praktis mewujudkan citra guru profesional. Jakarta: Prestasi Pustaka

Wahyuni, Z., Syamsu, S., & Muslimin, M. (2013). Penerapan learning cycle tipe 5E dengan media visual untuk meningkatkan hasil belajar fisika pada siswa kelas XC SMA Negerei 2 Dolo. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 1(1), 28-32.

Wenna, M. (2009). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer: Suatu tinjauan konseptual operasional. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.9488

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Prima Edukasia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Prima Edukasia indexed by:

All rights reserved p-ISSN: 2338-4743 |e-ISSN: 2460-9927

Creative Commons LicenseJurnal Prima Edukasia by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Prima Edukasia Journal Stats