KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN METEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET PADA KELAS V SD TIMURAN

Novi Kristiani, SD Negeri Timuran Yogyakarta, Indonesia
Zuhdan Kun Prasetyo, Department of Physics Education, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran melalui penggunaan media benda konkret pada siswa kelas V SD Timuran Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tidakan kelas (PTK), yang terdiri atas dua siklus, yang setiap siklus mengikuti tahapan-tahapan Model Kemmis dan Taggart yang meliputi: observasi perencanaan, tindakan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Timuran Yogyakarta yang terdiri atas 11 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes, dan angket. Kriteria keberhasilan penelitian diukur dari (1) nilai rata-rata kelas minimal 75, (2) minimal 75% siswa telah mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 75, dan (3) minimal 75% siswa memberikan respon terhadap pembelajaran dalam kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media benda konkret dapat meningkatkan keefektifan pembelajaran. Hal itu terbukti dari tercapainya semua kriteria keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitian, di antaranya: (1) hasil tes menunjukkan peningkatkan nilai rata-rata kelas (2) persentase siswa yang mencapai nilai KKM yang ditetapkan sekolah meningkat, dan (3) respons siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan media benda konkret dalam kategori baik.

Kata Kunci: keefektifan, pembelajaran matematika, media benda konkret.

 

IMPROVING THE EFFECTIVENESS OF TEACHING MATHEMATICS THROUGH THE CONCRETE MEDIUM TO FITH GRADE STUDENT OF SD TIMURAN

 

Abstract

The aims of this research are to improve the instruction effectiveness through the use of concrete media to the fith grade students of SD Timuran. This research is a classroom action research study consisting of two cycles, each of which follows the stages in Kemmis and Taggart model including: planning, action and observation, and reflection. The subjects of this research were 11 male student and 14 female students of SD Timuran Yogyakarta. The data were collected through observation, test, and questionnaires. The criteria of success were (1) the minimal average class score was 75, (2) a minimum of 75% students exceeded the minimum achievement criterion, and (3) a minimum of 75 % student gave a good response to the teaching. The results show that the use of the concrete media can improve the instruction  effectiveness. It proves that the criteria  of this research can be achieved, including: (1) the average of the test results increases, (2) the percentage of the students who exceed the minimum achievement criterion increases, and (3) the students’ responses to mathematics teaching using concrete media are in a good category.

Keywords: effectivenes, mathematics teaching, concrete media

Keywords


keefektifan; pembelajaran matematika; media benda konkret

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2003). UU no 20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

DePorter, B. & Hernacki, M. (2011). Quantum learning membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan (Terjemahan Alwiyah Abdurrahman). New York: Dell Publishing. (Buku asli diterbitkan tahun 1992)

Gagne, R.M. & Briggs, L.J. (1979). Principle of intructional design. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Hamalik, O. (2009). Perencanaan pengajaran berdasarkan pendekatan sistem. Jakarta: Bumi Aksara

Heinich, R., Molanda, M., Russell, J.D., & Smaldino, S.E. (1996). Intructional media and technologi for learning . Englewood cliffs. Hoboken: A Simon & Schuster Company.

Johnson, E.B. (2002). Contextual teaching and learning. Tousand Oaks. California: Corwin Press

Kemmis, S. & Taggart R. (1988). The action research planner. Deakin University

Muhsetyo, G., dkk. (2007). Pembelajaran matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Santrock, J. W. (2012). Life-span development perkembangan masa-hidup. (Terjemahan Benedictine Widyasinta) McGraw-Hill Companies Jakarta: PT Gelora Angkasa Pratama. (Buku asli diterbitkan tahun 2011).

Winkel, W.S. (2009). Psikologi pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.7791

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Prima Edukasia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Prima Edukasia indexed by:

All rights reserved p-ISSN: 2338-4743 |e-ISSN: 2460-9927

Creative Commons LicenseJurnal Prima Edukasia by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Prima Edukasia Journal Stats