PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI MEDIA KARTU SKENARIO DI SDN 08 VI SUKU, SOLOK

Suri Amelia, SD Negeri 08 VI Suku Solok Sumatera Barat, Indonesia
Kastam Syamsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) proses peningkatan kemampuan bercerita dan peningkatan proses pembelajaran bercerita dengan menggunakan media kartu skenario, (2) hasil peningkatan kemampuan bercerita dan peningkatan proses pembelajaran bercerita dengan menggunakan media kartu skenario. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Variabel penelitian meliputi variabel bebas berupa penggunaan media kartuskenario, dan variabel terikat berupa kemampuan belajar. Penelitian tindakan kelas ini diimplementasikan pada peserta didik kelas III di SD Negeri 08 VI Suku Solok karena diindikasikan bahwa kemampuan peserta didik dalam pembelajaran bercerita masih rendah. Penelitian dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu skenario dalam pembelajaran bercerita terbukti berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan dan proses pembelajaran bercerita siswa. Kemampuan bercerita peserta didik mengalami peningkatan, yaitu dari rata-rata 70,86 pada siklus 1 menjadi 80,00 pada siklus 2 dengan klasifikasi baik. Ketuntasan belajar klasikal dari 40% di siklus 1 meningkat menjadi 77% di siklus 2. Aktivitas guru dalam proses pembelajaran menunjukkan rata-rata 75,00 diklasifikasikan baik pada siklus 1 menjadi 86,00 pada siklus 2 dengan klasifikasi sangat baik. Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dari rata-rata 72,07 pada siklus 1 menjadi 82,93 pada siklus 2 dengan klasifikasi sangat baik. Jadi pelaksanaan tindakan mengguna-kan media kartu skenario telah mencapai indikator keberhasilan dalam penelitian ini, yakni nilai perolehan rata-rata kemampuan bercerita ≥75,00 dan ketuntasan belajar klassikal mencapai 75%. Pelaksanaan proses pembelajaran baik dari aktivitas guru maupun aktivitas siswa memperoleh rata-rata >80,00 dengan klasifikasi sangat baik. Dengan demikian penggunaan media kartu skenario dapat meningkatkan kemampuan bercerita dan dapat meningkatkan proses pembelajaran bercerita siswa kelas III di SD Negeri 08 VI Suku, Solok.


IMPROVING THE STORYTELLING ABILITY OF ELEMENTARY SCHOOL 08 VI SUKU, SOLOK THROUGH SCENARIO CARDS


ABSTRACT

This study aims to describe: (1) the process of improving the students’ storytelling ability and learn-ing process by using scenario cards, (2) the result of improving the students’ storytelling ability and learning process by using scenario cards. This study used the action research design. The variables of the research included an independent variable in the form of the use of scenario cards and a dependent variable in the form of storytelling abilities. This research was implemented to the students of Class III,  SDN  08 VI Suku since it was indicated that the storytelling ability and the learning process in storytelling were still low. This research was conducted in the first semester of the school year of 2013/2014. The data collection techniques used were atest, observation, field notes, and documentation. The study revealed that the use of scenario cards in the teaching and learning process of storytelling improves the students’ storytelling abilities and learning process. The students’ storytelling abilities have improved from the overall mean of 70.86 in the first cycle to 80.00 in the second cycle, that is from good into very good. The mean of the teachers’ activity in the learning process was 75.00 and classified good in the first cycle changed to 86.00 in the second cycle and classified very good. The mean of the students’ activity in the teaching process was 72.07 and classified good in the first cycle changed to 82.93 in the second cycle and classified very good. In short, the use of scenario cards was successful in this study, that is the mean of students’ storytelling abilities ≥ 75 and classical  mastery learning 75%. The mean of the learning process from either teacher’s activities or students’ activities was > 80.00 and classified very good. Thereby, the use of scenario cards can improve the students’ storytelling ability and teaching process in Class III SDN 08 VI Suku, Solok.

Keywords: storytelling abilities, scenario cards media

Keywords


kemampuan bercerita; media kartu skenario

Full Text:

PDF

References


Blair, C. (2013). Using flashcard to remember information. Diambil pada tanggal 13 Juni 2013, dari http://www.how-to-study.com/study-skill/en/32.asp

Donoghue, M. R. (2009). Language arts: Integrating skill for classroom teaching. California: Sage Publication, Inc.

Hopkins, D. (2011). Panduan guru: Penelitian tindakan kelas. (Terjemahan Achmad Fawaid). New York: McGraw Hill-Open University Press. (Buku asli diterbitkan tahun 2008)

Kemendiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22, tahun 2006, tentang Standar Isi.

Kemmis, S & Taggart, R. (1990). The action research planner. Victoria: Deakin University Press.

Nurgiyantoro, B. (2012). Penilaian pembelajaran bahasa berbasis kompetensi. Yogyakarta: BPFE

Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran. Jurnal Ekonomi dan Pendidik-an, 8 (1), 19-35.

Richard-Amato, P. A. (2003). Making it happen: from interactive to partici-patory language teaching. New York: Pearson Education.

Schunk, D. (2008). Learning theories an educational perspective. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Tarigan, H. G. (2008). Berbicara sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa

Tompkins, G. E & Hoskisson, K. (1995). Language arts: Content and teaching strategies. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Trianto. (2007). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivitik. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2722

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Jurnal Prima Edukasia indexed by:

All rights reserved p-ISSN: 2338-4743 |e-ISSN: 2460-9927

Creative Commons LicenseJurnal Prima Edukasia by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Prima Edukasia Journal Stats