Pengaruh media pembelajaran interaktif tari Melinting terhadap hasil pendidikan karakter dan hasil belajar seni tari

Aline Rizky Oktaviari Satrianingsih, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1.) Mengetahui pengaruh media pembelajaran interaktif tari Melinting terhadap hasil pendidikan karakter dan hasil belajar seni tari siswa kelas XI di SMA Negeri 5 Yogyakarta; dan 2.) Mengetahui nilai signifikan pengaruh media pembelajaran interaktif tari Melinting terhadap hasil pendidikan karakter dan hasil belajar seni tari siswa kelas XI di SMA Negeri 5 Yogyakarta. Metode penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasy experiment) dengan desain non-equaivalent group design. Adapun pengumpulan data didapatkan dari angket hasil pendidikan karakter dan tes hasil belajar seni tari pada materi nusantara yaitu tari Melinting. Berdasarkan dari Manova Test didapatkan signifikansi hasil pendidikan karakter 0,007 < 0,05. Sedangkan, signifikansi hasil belajar seni tari 0,004 < 0,05, maka didapatkan kesimpulan bahwa media pembelajaran interaktif tari Melinting berpengaruh terhadap hasil pendidikan karakter dan hasil belajar seni tari siswa kelas XI di SMA Negeri 5 Yogyakarta.

The effect of interactive learning media Melinting Dance on character education results and the dance learning results

Abstract

The purpose of this research is to: 1.) To know the effect of interactive learning media of Melinting dance on character education and the result of dance student learning of class XI in SMA Negeri 5 Yogyakarta; 2.) To know the significant value of interactive learning media influence of Melinting dance to the result of character education and dance student learning of class XI in SMA Negeri 5 Yogyakarta. This research method is a quasi-experimental design with a non-equivalent group design, from the data obtained from the questionnaire result of character education and test result of dance learning on the material of Nusantara that is Melinting dance. Based on Manova Test, the significance of the character education result is 0.007<0.05. Meanwhile, the importance of the dance art learning result is 0.004<0.05. Then got the conclusion that interactive learning media Melinting Dance affects character education results and the result of dance class student learning at SMA Negeri 5 Yogyakarta.


Keywords


Eksperimen semu; Media pembelajaran interaktif; Pendidikan karakter; seni tari; Tari Melinting; quasi-experimental; interactive learning media; character building; dance art

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2010). Media pembelajaran. RajaGrafindo Persada.

Badan Standar Nasional Pendidikan Republik Indonesia. (2006). Panduan penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah. Badan Standar Nasional Pendidikan Republik Indonesia. https://bsnp-indonesia.org/wp-content/uploads/kompetensi/Panduan_Umum_KTSP.pdf

Danim, S. (1995). Media komunikasi pendidikan. Bumi Aksara.

Daryanto, D. (2016). Media pembelajaran: Peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran (2nd ed.). Gava Media.

Hadi, S. (2001). Analisis regresi (1st ed.). Andi.

Hadi, Y. S. (2005). Sosiologi tari. Pustaka.

Lickona, T. (2012). Educating for character: Mendidik untuk bembentuk karakter: Bagaimana sekolah dapat memberikan pendidikan tentang sikap hormat dan bertanggung jawab (U. Wahyudin & S. Sutyani (eds.); J. A. Wamaungo (trans.); 1st ed.). Bumi Aksara.

Mulyasa, E. (2006). Kurikulum tingkat satuan pendidikan (1st ed.). Remaja Rosdakarya.

Munadi, Y. (2012). Media pembelajaran sebuah pendekatan baru. Gaung Persada Press.

Musfiqon, M. (2012). Pengembangan media dan sumber pembelajaran. Prestasi Pustaka Publishers. http://library.iainmataram.ac.id//index.php?p=show_detail&id=16242

Mustari, M. (2014). Nilai karakter refleksi untuk pendidikan. RajaGrafindo Persada.

Ningrum, R. W., Ismaya, E. A., & Fajrie, N. (2020). Faktor-faktor pembentuk karakter disiplin dan tanggung jawab dalam ekstrakurikuler Pramuka. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1), 105–117. https://doi.org/10.24176/jpp.v3i1.5105

Oktiani, I. (2017). Kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Widyatmojo, G., & Muhtadi, A. (2017). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbentuk game untuk menstimulasi aspek kognitif dan bahasa. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 38–49. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.10194

Zhao, P., Sintonen, S., & Kynäslahti, H. (2015). The pedagogical functions of arts and cultural-heritage education with in online art galleries and musuems. International Journal of Heritage in the Digital Era, 4(1), 103–120. https://doi.org/10.1260/2047-4970.4.1.103




DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v8i1.17393

Refbacks



Copyright (c) 2021 Aline Rizky Oktaviari Satrianingsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

       

View Journal Statistics