EFEKTIFITAS MOBILE APP PADA METODE MINDMAP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MENGURANGI PENYALAHGUNAAN SMARTPHONE

Tejo Nurseto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Ahmad Chafid Alwi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Kiromim Baroroh, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak: Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan mobile app dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa dan mengurangi penyalahgunaan penggunaan smartphone saat pembelajaran. Penelitian ini merupakan quasi experimental design dengan model non-equivalent group pretest posttest yang diterapkan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan mobile apps pada metode Mindmap cukup efektif untuk meningkatkan prestasi belajar dan mampu mengurangi kebiasaan mahasiswa dalam penyalahgunaan penggunaan smartphone.

Abstract: This study aims to determine the effectiveness of using mobile apps in improving student learning outcomes and reducing abuse of smartphone use during learning. This research is a quasi-experimental design with a non-equivalent group pretest-posttest model applied to the experimental class and the control class. Data analysis in this study using the t-test. The results showed that the use of mobile apps in the Mindmap method was competent enough to improve learning achievement and was able to reduce student habits in the abuse of smartphone use.


Keywords


Hasil Belajar; Penyalahgunaan Smartphone; Mobile Apps; Metode Mindmap

Full Text:

PDF

References


Abugohar, M. A., Yunus, K., & Rashid, R. A. (2019). Smartphone applications as a teaching technique for enhancing tertiary learners’ speaking skills: Perceptions and practices. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(09), 74-92.

Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Barhoumi, C. (2015). The Effectiveness of WhatsApp Mobile Learning Activities Guided by Activty Theory on Students’ Knowldege Management. Contemporary Educational Technology, 6(03), 221-238.

Chear, S. L. S. (2017). Jurnal Pendidikan Malaysian Journal Of Education. Jurnal Pendidikan Malaysia, 42(2), 87–97.

Erawan, Y., & Pambudi, R. (2017). Analisis Penerimaan Dan Penggunaan Teknologi Google Drive Secara Berkelanjutan Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unika Atma Jaya Jakarta. Jurnal Akuntansi, 10(2), 191–205.

Gusti Yarmi, I. L. (2017). Pemanfaatan Handphone di Kalangan Mahasiswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(1), 55-59.

Hake, R.R. (1999). Analizing Change/ Gain Scores. [Online]. Tersedia: http://www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf

Hasan Jamani. (2013). Perilaku Siswa Pengguna Handphone Studi Kasus pada Siswa SMP Negeri 4 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Program Magister Ilmu Sosial Universitas Tanjungpura, 1(0001), 1-14.

Hashim, N. A., Abdullah, N. L., Isa, R. M., & Janor, H. (2015). WhatsApp Messenger Application among Business Students In Malaysia – An Exploration. Jurnal Personalia Pelajar, 18(2), 97-105.

Hay, J. F., & Jacoby, L. L. (1996). Separating habit and recollection: Memory slips, process dissociations, and probability matching. Journal of Experimental Psychology: Learning Memory and Cognition, 22(6), 1323–1335.

Kerlinger, F. (1986). Foundations of Behavioral Research 3rd Ed. In Foundations of behavioral research.

Marzano, R. (1998). A Theory-Based Meta-Analysis of Research on Instruction. Colorado: Mid-Continent Regional Educational Lab.

Ningrum, O. S. & Durinta Puspasari. (2015). Penggunaan Aplikasi Google Drive Sebagai Penunjang Paperless Office. Ilmu Sosial, 1-15.

Robles, H., Guerrero, J., Llinás, H., & Montero, P. (2019). Online Teacher-Students Interactions Using Whatsapp In A Law Course. Journal of Information Technology Education: Research, 18, 231-252.

Sari, K., Sumarjaya, I. W., & Nilakusumawati, D. (2015). Perbandingan Model Pembelajaran Menggunakan Google Drive Dan Tanpa Google Drive. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi & Aplikasinya. 28–34.

Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif Smk Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 111-120.

Warsito, A. B., & Yuliandini, E. (2017). Penerapan Google Drive Untuk Efisiensi Penyimpanan Bahan Ajar Yang Dapat Mendukung Sistem Informasi Bahan Ajar Pada Perguruan Tinggi Berbasis Mobile Aplikasi. SISFOTENIKA, 7(2), 219-228.




DOI: https://doi.org/10.21831/jep.v16i2.31703

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Citation & Indexing:

 

 Creative Commons License

This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International