Kajian kimia hijau terkait etika kimia berdasarkan fenomena kehidupan pondok: Sisa makanan santri
Abstract
Green Chemistry, juga dikenal sebagai kimia hijau, adalah suatu pendekatan ilmu kimia yang bertujuan untuk merancang, mengembangkan, dan menerapkan proses kimia dan produk kimia yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Serangkaian prinsip dan aturan yang dikenal sebagai "etika kimia hijau" mengatur bagaimana manusia berperilaku sehari-hari dalam kajian kimia hijau. Kategori ini mencakup topik seperti tanggung jawab sosial, etika pertimbangan, dan bagaimana mereka harus berperilaku saat melakukan segala sesuatu dengan mempertimbangkan prinsip kimia hijau. Kajian kimia hijau ini menjadi salah satu materi kimia di kelas X SMA pada implementasi Kurikulum Merdeka. Kehidupan di asrama atau pondok sering kali melibatkan banyak orang yang tinggal bersama dan berbagi fasilitas. Santri atau siswa menjadi bagian terpenting dalam kehidupan pondok. Sisa makanan santri menjadi hal yang unik untuk dikaji dari sisi etika kimia hijau. Penting untuk digali dan dianalisis etika kimia hijau dari para santri terkait fenomena sisa makanan di kehidupan pondok. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Partisipan penelitian ini adalah seluruh santri kelas X sebuah MA Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta yang telah diajarkan materi kimia hijau. Secara acak dari santri kelas X diamati perilakunya dalam hal berkaitan makan siang di asrama. Kajian tentang pandangan santri terhadap nasi dan lauk sisa makan mereka diamati. Dengan bekal pengetahuan akan konsep kimia hijau, sebagian dari santri sudah menerapkan dan sebagian lain masih belum jelas memunculkan perilaku dan sikap dari konsep kimia hijau dalam masalah sisa makanan santri. Beberapa konsep dari kimia hijau merupakan etika untuk memunculkan pembangunan yang berkelanjutan. Santri sudah tahu dan paham akan konsep tersebut, tetapi untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari membutuhkan pembiasaan. Hal ini dapat dijadikan sebagai indikator keberhasilan dalam implementasi kurikulum merdeka di pendidikan madrasah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alami, Y., & Najmudin, D. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah. Tarbiyatu Wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), Article 1.
Anastas, P., & Eghbali, N. (2010). Green Chemistry: Principles and Practice. Chemical Society Reviews, 39(1), 301–312. https://doi.org/10.1039/B918763B
Andi, N. (2015). Sustainable Development Training Model Based of Lesson Study to Improve the Competence Superintendent of School/Madrasah [Doctoral, Universitas Negeri Makassar]. http://eprints.unm.ac.id/733/
Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. https://irigasi.info/wp-content/uploads/2021/03/PROSEDUR-PENELITIAN-17-Mar-2021-14-11-12.pdf
Creswell, J. W. (2012). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed / John W. Creswell; Penerjemah Achmad Fawaid; Penyunting Saifuddin Zuhri Qudsi (Ed. ke-3). Pustaka Pelajar.
Dewi Anggita Islami, R. (2021). Kontribusi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Memperkuat Karakter Etika Lingkungan Siswa. Al-Ulum Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ke Islaman, 8(1), 43–55. https://doi.org/10.31102/alulum.8.1.2021.43-55
Fadilla, N. A. (2020). Implementasi Program Adiwiyata Terhadap Pengembangan Kepedulian Lingkungan Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Negeri Enrekang [Masters, Universitas Negeri Makasar]. http://eprints.unm.ac.id/18537/
Hák, T., Janoušková, S., & Moldan, B. (2016). Sustainable Development Goals: A need for relevant indicators. Ecological Indicators, 60, 565–573. https://doi.org/10.1016/j.ecolind.2015.08.003
Hidayat, A., & Hidayat, A. (2015). Pendidikan Islam dan Lingkungan Hidup. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.14421/jpi.2015.42.373-389xxx
Horváth, I. T., & Anastas, P. T. (2007). Innovations and Green Chemistry. Chemical Reviews, 107(6), 2169–2173. https://doi.org/10.1021/cr078380v
Kurniawan, S., Subakat, R., Faozan, A., Miftah, M., Sriyanto, Muiz, M. N. A., Saputra, M. F., MR, M. I. F., & Afandi, A. (2019). Best Practice Character Building: Model, Inspirasi dan Catatan Reflektif. Samudra Biru.
Kusumastuti, E. (2020). Hakekat Pendidikan Islam: Konsep Etika dan Akhlak Menurut Ibn Myskawaih. Jakad Media Publishing.
Lester, J. N., Cho, Y., & Lochmiller, C. R. (2020). Learning to Do Qualitative Data Analysis: A Starting Point. Human Resource Development Review, 19(1), 94–106. https://doi.org/10.1177/1534484320903890
Mahreni, A., & Nuri, W. (2019). Bahan Kimia Hijau (1; Vol. 1, Issue 1). UPN ‘Veteran’ Yogyakarta. http://www.upnyk.ac.id
MR, M. I. F. (2019). Learning Patterns of Deaf Students in Islamic Religious Studies. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v6i1.3821
MR, M. I. F., & Widiastuti, A. (2024). Pendidikan Sociopreneur Komunitas Muslim: Integrasi Nilai Islam dan Kewirausahaan Sosial. UNY Press. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=qs3egR0AAAAJ&sortby=pubdate&authuser=1&citation_for_view=qs3egR0AAAAJ:eQOLeE2rZwMC
Mulyadi, M. (Ed.). (2015). Pembangunan Berkelanjutan: Dimensi Sosial, Ekonomi, dan Lingkungan (Cetakan pertama). P3DI Setjen DPR RI dan Azza Grafika.
Ningtias, R. K. (2015). Modernisasi Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Lembaga Pendidikan Islam Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama: Studi di Pondok Pesantren Karangasem Muhammadiyah dan Pondok Pesantren Sunan Drajat Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan [Masters, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/3233/
Nugraheni, Y. T., & Firmansyah, A. (2021). Model Pengembangan Pendidikan Karakter di Pesantren Khalaf (Studi Kasus di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta). QUALITY, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.21043/quality.v9i1.9887
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Ramah, S., & Rohman, M. (2023). Analisis Kebijakan Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah. Bustanul Ulum Journal of Islamic Education, 1(1), Article 1.
DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v6i2.76680
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah WUNY
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Supported by: