Upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran fisika model Tubasharing

Arif Alfatah, MA Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Tubasharing dan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan analisis diskriptif, yaitu membandingkan hasil belajar (nilai tes Ulangan Harian) antar bab materi fisika dengan indikator kinerja sebelum dan sesudah tindakan, juga menampilkan hasil motivasi siswa. Model penelitian tindakan pada penelitian ini mengacu pada model spiral yaitu perencanaan, pelaksanaan/tindakan, pengamatan, dan pencerminan/refleksi, disingkat tahap P4. Dari hasil penerapan model dan analisis data, bisa disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran fisika model Tubasharing secara sederhana adalah dengan mengajak siswa berdiskusi mengurai suatu tema masalah, dengan masing-masing kelompok diskusi dipimpin oleh seorang tutor dari siswa yang telah dipilih, kemudian hasil diskusi tersebut dituangkan secara bersama dalam bentuk mind mapping dan kemudian dishare presentasikan di depan kelas. Penerapan pembelajaran fisika model TUBASHARING mampu meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa.  

Keywords


motivasi belajar; pembelajaran fisika; tutor sebaya; share; mind mapping

Full Text:

PDF

References


Alfatah, Arif. 2022. Twin Master Outlines Fisika. Sleman: Pustaka Fathlaila. hal 1. ISBN: 978-602-72464-0-9.

Dianawati, E. P. (2019). Pengaruh Media Tebak Gambar dan Talking Stick terhadap Motivasi Belajar Siswa. vol. 1 no. 1. Journal Ilmiah WUNY - Universitas Negeri Yogyakarta.

DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v1i1.26855

Genovese, Jane. (2023). The Mind Mapper's Toolkit. jane@learningfundamentals.com.au. hal. 7. https://learningfundamentals.com.au/wp-content/uploads/The-mind-mappers-toolkit.pdf

Guadalupe, Martínez. (2012). The Effectiveness of Concept Maps in Teaching Physics Concepts Applied to Engineering Education: Experimental Comparison of the Amount of Learning Achieved With and Without Concept Maps. Journal of Science Education and Technology; Springer. vol 22, pages 204–214.

https://link.springer.com/article/10.1007/s10956-012-9386-8.

Gustiawan, Agus. (2021). Penggunaan Metode Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Antusias Siswa SMK dalam Belajar Fisika. JINOTEP Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran Vol. 8 no. 1, Maret 2021 hal. 101-112. DOI: 10.17977/um031v8i12021p101.

http://jounal2um.ac.id/index.php/jinotep/index

Nasihah, E.D, Supeno, dan Lesmono, A. D. (2020). Pengaruh Tutor Sebaya dalam Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Fisika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro. Vol. VIII. No. 1. Maret 2020 hal 44-57. http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v8i1.1899

Subroto. (2020). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Lempar Cakram melalui Modifikasi Cakram dari Piring Plastik pada Siswa SMP. vol. 2 no. 2. Journal Ilmiah WUNY - Universitas Negeri Yogyakarta. DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v2i2.34687

Sugiantoro. 2023. Efektifitas Model Discovery learning Berbantuan Mind Mapping terhadap Peningkatan Hasili belajari kognitif Siswa SMA pada Materi Impuls dan Momentum. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha. vol XII no. 1. p-ISSN: 2599-2554 (Print) e-ISSN: 2599-2562

Sulistyawati, W., Wahyudi, & Trinuryono, S. (2022). Analisis Motivasi Belajar Peserta didik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Blended Learning Saat Pandemi Covid-19 (Deskriptif Kuantitatif Di Sman 1 Babadan Ponorogo). KadikmA, 13(1), 68–73.

https://doi.org/10.19184/kdma.v13i1.31327

Tambunan, P. K., dkk. (2023). Penerapan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Penabur. Jurnal Pendidikan Indonesia. p-ISSN : 2745-7141 e-ISSN : 2746-1920. vol. 4 no. 02. doi : 10.36418/japendi.v4i02.1613 205.




DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v6i1.72629

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah WUNY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Supported by:

RJI Main logo 

Flag Counter

 View My Stats