Implementasi model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran Bahasa Jawa
Exwan Andriyan Verrysaputro, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah memaparkan implementasi model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran bahasa Jawa. Metode kualitatif deskriptif digunakan sebagai tahapan langkah dalam penelitian ini. Data-data dalam penelitian dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan Miles dan Huberman, yaitu dengan langkah 1) data dikumpulkan, 2) data direduksi, 3) data disajikan, dan 4) data disimpulkan. Informan meliputi kepala sekolah, guru, dan juga siswa. Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis proyek ini dilaksanakan untuk materi wayang. Model PjBL ini dinamai Ngenger. Ngenger dilaksanakan dengan menyiapksan siswa kelas VII, menusun jadwal kegiatan Ngenger, melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Ngenger, melakukan penilaian kepada siswa, dan mengadakan evaluasi terhadap pelaksanaan Ngenger.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afriani, M. A., Harjono, H. S., & Rustam, R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Materi Menulis Teks Deskripsi. Jurnal Basicedu, 7(1), 52–61. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4235
Amanda, N. W. Y., Subagia, I. W., & Tika, I. N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Self Efficacy Siswa. In Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA (Vol. 4).
Dyah Kristanti, Y., Dina Handayani, ati, & Program StudiPendidikanFisika, M. (2016). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) Pada Pembelajaran Fisika di SMA.
Dyah Kristanti, Y., Subiki, & Handayani, R. D. (2016). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) pada Pembelajaran Fisika di SMA.
Fisika, P., Sman, D. I., Fikriyah, M., Indrawati, ), Agus, ), & Gani, A. (2015). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Disertai Media Audio-Visual dalam Pembelajaran Fisika di SMA N 4 Jember.
Fitriana, T. R., & Verrysaputro, E. A. (2021). Nilai Pendidikan Karakter Tokoh Prabu Kresna dalam Serat Pedhalangan Lampahan Tunggul Wulung Pathet Nem untuk Siswa Sekolah Dasar. Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 9(1), 43–52. https://doi.org/10.15294/piwulang.v9i1.43443
Kurniawati, E. W. (n.d.). Evaluasi Program Pendidikan Perspektif Model Cipp (Context, Input, Process, Product). https://siducat.org/index.php/ghaitsa
Lestari, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Ar-Rahman Misriadi Desa Stabat Lama Langkat. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 01(01), 13–23.
Maryati, I. (2018). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Materi Statistika Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama. 7(3). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Mulhayatiah, D. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa.
Munawaroh, A., Christijanti, W., & Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia, J. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan hasil Belajar Sistem Pencernaan SMP. Journal of Biology Education, 2(1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujeb
Siwa, I. B., Muderawan, I. W., & Tika, I. N. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pembelajaran Kimia terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. In Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA (Vol. 3, Issue 1).
Verrysaputro, A., Sholikhati, N. I., & Wijayanti, L. T. (2022). Eyang Rama : Media Pembelajaran Wayang Bermuatan Nilai Karakter Untuk Siswa Smp Di Yogyakarta. 13(2), 153–157. https://doi.org/10.31764
Verrysaputro, E. A., & Fitriana, T. R. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual untuk Perkembangan Anak Usia 15 Bulan. Hadlonah : Jurnal Pendidikan Dan Pengasuhan Anak, 3(2), 142–149.
Wayan Rati, N., Kusmaryatni, N., Rediani, N., & Pendidikan Guru Sekolah Dasar, J. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas, dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 60–71.
Wicaksono dan Sinta Amalia Rahayu Pendidikan Guru Sekolah Dasar, D., & Muhammadiyah Jakarta, U. (2018). Membangun Sinergitas dalam Penguatan Pendidikan Karakter pada Era IR 4.0. Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Widodo, G. (2015). Pengembangan dan Implementasi Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek. In INVOTEC: Vol. XI (Issue 1).
Widodo, G., & Joko. (2015). Pengembangan dan Implementasi Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek. In INVOTEC: Vol. XI (Issue 1).
Wulandari, A. S., Suardana, N., Pande, N. L., & Devi, L. (2019a). Penaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kreativitas Siswa SMP pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia.
Wulandari, A. S., Suardana, N., Pande, N. L., & Devi, L. (2019b). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kreativitas Siswa SMP pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 2(1), 47–58.
DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v6i1.67531
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah WUNY
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Supported by: