Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Flipbook pada mata pelajaran dasar – dasar Teknik Elektronika di SMK

Authors

  • Umi Rochayati Universitas Negeri Yogyakarta
  • Kusuma Setyawati Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jwuny.v6i1.67344

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Flipbook, (2) menguji kinerja media pembelajaran interaktif berbasis Flipbook. (3) mengukur tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis Flipbook pada mata pelajaran dasar-dasar teknik elektronika Kelas X Teknik Elektronika SMK Negeri 1 Giritontro. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyzis, Design, Development, Implementation, Evaluate). Pengumpulan  data  dilakukan  dengan  menggunakan angket. Subjek penelitian berjumlah 35 siswa kelas X Teknik Elektronika SMKN 1 Giritontro. Produk penelitian divalidasi oleh validator materi dan validator media. Teknik analisis data menggunakan diskriptif kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan: (1) Media pembelajaran interaktif Berbasis Flip Book, (2) Media pembelajaran yang dihasilkan dapat berfungsi dengan baik, (3) Media pembelajaran interaktif berbasis Flip Book mendapatkan persentase kelayakan ahli materi I sebesar 83%, ahli materi II sebesar 78%, Ahli media 97% dan pengguna 86% sehingga media pembelajaran interaktif berbasis flipbook masuk kategori sangat layak digunakan untuk pembelajaran dasar-dasar Teknik elektronika klas X di SMKN 1 Giritontro.

References

Hidayatullah, M. S., & Rakhmawati, L. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flip Book Maker pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar di SMK Negeri 1 Sampang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1), 83–88.

Nurdiansyah, dan Amalia, F. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem. Pgmi Umsida, 1, 1–8.

Nurdyansyah, & Widodo, A. (2015). Inovasi Teknologi Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan

Rahmelina,Ù‘Ù L.,Ù‘Ù Firdian,Ù‘Ù F.,Ù‘Ù Maulana,Ù‘Ù I.Ù‘Ù T.,Ù‘Ù Aisyah,Ù‘Ù H.,Ù‘Ù &Ù‘Ù Na'am,Ù‘Ù J.Ù‘Ù (2019).Ù‘Ù TheÙ‘Ù effectiveness of the flipped classroom model using e-learning media in introduction to information technology course. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(21), 148–162. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i21.10426

Sukoco, A., Sutiman, Z., & Wakid, M. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran

Interaktif Berbasis Komputer Untuk Peserta Didik Mata Pelajaran Teknik Kendaraan Ringan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.

Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.

Downloads

Published

2024-03-29

How to Cite

Rochayati, U., & Setyawati, K. (2024). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Flipbook pada mata pelajaran dasar – dasar Teknik Elektronika di SMK. Jurnal Ilmiah WUNY, 6(1), 99–105. https://doi.org/10.21831/jwuny.v6i1.67344