PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MATA KULIAH DIGITAL BISNIS FESYEN PADA MAHASISWA D4 TATA BUSANA SARJANA TERAPAN

Gina Eka Putri, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan pembelajaran mahasiswa D4 tata Busana sarjana Terapan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta pada mata kuliah digital bisnis fesyen melalui penerapan metode pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran berbasis projek (Project Based Learning). Pengumpulan data digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif yaitu memanfaatkan data kualitatif kemudian hasil temuan dijabarkan secara deskriptif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester enam Program Studi D4 Tata Busana Sarjana Terapan di Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakrta sebanyak 34 orang. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa metode pembelajaran berbasis projek (Project Based Learning) dapat menggali kemampuan dan potensi wirausaha mahasiswa D4 Tata Busana Sarjana Terapan di Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta dalam hal promosi, dan pemasaran produk berbasis vokasi menggunakan berbagai media digital berbasis online.

Keywords


project based learning; metode pembelajaran; digital bisnis fesyen

Full Text:

PDF

References


Richard, J. C., & Rodgers, T. S. (1986). Approaches and Methoeds in Language Teaching. In Cambridge University Press. https://doi.org/10.3138/cmlr.44.3.551Djamaluddin,

Ahdar & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran, 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Sulawesi Selatan: CV. Kaaffah Learning Center.

Schunk, Dale H. (2012). Learning Theories: An Education Perspective, Sixth Edition. Pearson: Boston.

Sulistyorini. (2021). Penerapan Coorperatif Learning dalam Pengajaran Speaking pada MateriAsking for & Giving Opinion. Jurnal Ilmiah WUNY. https://doi.org/10.21831/jwuny.v3i2.43083.Kemdikbud

Ditjen Pendidikan Vokasi. (2020). Rencana Strategis Direktoran Jenderal Pendidikan VokasiTahun 2020-2024. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi. Thomas,

John W. (2000). A Review of Research on Project-Based Learning. Califormia: The Autodesk Foundation.

Afriana, Jaka. (2015). Project Based Learning (PjBL). Makalah untuk Tugas Mata kuliah Pembelajaran IPATerpadu. Program Studi Pendidikan IPA Sekolah Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Larmer, John, Mergendoller, John, Boss, Suzie. (2015). Setting The Standard for Project Based Learning. Alexandria: ASCD. Goodman, Brandon and Stivers, J. (2010). Project Based Learning. Educational Psuchology. ESPY 505.

Jeyaraj, John Sekar. (2019). Effective Learning and Quality Teaching. SSRN Electronic Journal, Vol. 57 (35), Hal 30-35. DOI:10.2139/ssrn.3486348.




DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v4i2.54134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah WUNY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Supported by:

RJI Main logo 

Flag Counter

 View My Stats