MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE WINDOW SHOPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IX-B SMP NEGERI 1 WANASABA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil hasil belajar siswa dengan model cooperative learning tipe window shopping pada mata pelajaran IPS materi Ekonomi Kreatif dan Pusat Keunggulan Ekonomi Bangsa . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan subyek penelitian siswa kelas IX-B Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 32 orang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan dengan usia rata-rata 15 tahun di SMP Negeri 1 Wanasaba. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang masing-masing meliputi empat tahap, yaitu : 1) Persiapan Tindakan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Pemantauan dan Evaluasi, dan 4) Analisis dan Refleksi. Siklus pertama dengan materi Ekonomi Kreatif dan siklus kedua dengan materi Pusat Keunggulan Ekonomi Bangsa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I model cooperative learning tipe window shopping dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengkonstruksikan pengetahuan dari membaca buku sumber dan hasil diskusi. Pada siklus II model cooperative learning tipe window shopping dapat meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, menemukan dan mengkonstruksi pengetahuan yang diperoleh dari diskusi dan mengunjungi stand kelompok lain serta menyampaikan hasilnya di depan kelompok lain. Hasil penelitian menunjukkan dengan diterapkannya model cooperative learning tipe window shopping pada mata pelajaran IPS materi Ekonomi Kreatif dan Pusat KeunggulanEkonomi Bangsa yaitu dapat ,meningkatkan hasil belajar sebesar 15,6 % dari 71,9% pada siklus I menjadi 87,5% pada siklus II.
Kata kunci: cooperative learning, window shopping, hasil belajar siswa
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v2i2.34690
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah WUNY
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Supported by: