PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN IKODAPAT PADA SISWA SLB TUNAGRAHITA
Abstract
Tujuan umum penelitian ini meningkatkan hasil belajar matematika. Upaya peningkatan hasil belajar matematika pada penelitian ini melalui model pembelajaran kooperatif teknik Ikodapat (isi kotak pada tempatnya). Teknik Ikodapat pada operasi perkalian dengan menyediakan kotak untuk menuliskan hasilnya. Bagi siswa SLB Manunggal Slawi pelajaran matematika masih dianggap sebagai pelajaran yang amat sulit untuk dipelajari, sehingga hasil yang diperoleh siswa masih sangat jauh dari yang diharapkan. Sebagai gambaran dari hasil ulangan harian matematika siswa kelas VII Tunagrahita SLB Manunggal Slawi materi sebelumnya, siswa yang memperolah nilai ≥ 67 (sesuai dengan Standar Ketuntasan Belajar Minimal) belum ada. Oleh sebab itu harus diupayakan kiat untuk meminimalkan kesulitan-kesulitan belajar matematika yang dihadapi siswa.
Kegiatan penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Langkah-langkah dalam setiap siklus terdiri dari perencanaan (planning). pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Sebelum diberi tindakan hasil belajar siswa pada ulangan harian matematika materi perkalian bilangan, nilai rata-ratanya 40. Peran aktif siswa dalam pembelajaran masih relatif rendah. Pada siklus I guru menggunakan teknik ikodapat, nilai rata-rata hasil belajar matematika meningkat sebesar 67. Peran aktif siswa dalam pembelajaran meningkat ditandai dengan diskusi kelompok yang lebih hidup. Pada siklus II guru melanjutkan teknik ikodapat untuk perkalian bersusun 2 angka. Nilai rata-rata hasil belajar matematika pada siklus II sebesar 74. Peran aktif siswa selama dua pertemuan pada siklus II meningkat secara signifikan . Hal ini ditandai dengan semakin hidup pelaksanaan diskusi karena antar kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan ditanggapi kelompok lain.
Kata Kunci : teknik Ikodapat, keaktifan belajar, hasil belajar
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v2i2.34688
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah WUNY
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Supported by: