PEMBELAJARAN MEMBACA SUKA UANG UNTUK PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA KELAS DUA
Abstract
Tujuan penelitian ini memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar membaca peserta didik tunagrahita kelas dua semester satu di SLB Manunggal Slawi melalui pembelajaran membaca suka uang. Sekitar 80 % peserta didik tunagrahita kelas dua di SLB Manunggal Slawi belum dapat membaca, bahkan belum mengenal huruf. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya : sulit konsentrasi, rendahnya motivasi, dan IQ peserta didik yang rendah. Dari faktor penyebab tersebut, metode suku kata berulang, sebagai metode membaca yang diadaptasi untuk peserta didik dengan hambatan intelektual dimana pembelajaran diawali kegiatan ice breaker yang menyenangkan, materi yang mudah, diharapkan akan memotivasi, memunculkan rasa percaya diri dan peserta didik akan menyukai belajar, sehingga hasil pembelajaran meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subyek penelitiannya adalah peserta didik tunagrahita (hambatan intelektual / intelectual disability) kelas dua Semester dua SLB Manunggal Slawi berjumlah 10 orang. PTK ini dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Dalam 1 pertemuan ada 4 tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes penguasaan membaca, yang dianalisis menggunakan analisis deskriptif komparatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa ada peningkatan kemampuan membaca peserta didik setelah menggunakan metode “suka uang” yaitu pada siklus 1 sebesar 62.36 % dan pada siklus 2 sebesar 69.39 %.
Kata kunci : Pembelajaran membaca suku kata, Peserta didik Tunagrahita
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v2i2.34685
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah WUNY
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Supported by: