UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS STEM (Sciences, Technology, Engineering and Mathematics) PADA MATERI ENERGI DAN DAYA LISTRIK

Nuraini Nuraini,

Abstract


Rendahnya kreativitas siswa dalam melakukan praktikum dan rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IXG SMP N 1 Rembang menjadi permasalahan yang harus diseleseikan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa pada pembelajaran IPA berbasis STEM (Sciences, Technology, Engineering and Mathematics) pada materi energi dan daya listrik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian adalah siswa kelas IXG SMP Negeri 1 Rembang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 sebanyak 32 orang. Metode penelitian menggunakan dua siklus yng masing masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan (planning), tindakan (doing), pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kreativitas dari kurang baik tahap pra siklus,  cukup baik pada siklus I dan baik pada siklus II. Hasil belajar pada materi energi dan daya listrik dengan menggunakan metode pembelajaran STEM  dari pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan 47,4% dan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan 19,4%.  nilai rata-rata klasikal  dari pra siklus 69, siklus I dengan nilai 78  menjadi 81,41% di siklus II dan Kriteria Ketuntasan Belajar (KKM) mengalami peningkatan dari 26,90% pada pra siklus,57,70% pada siklus I menjadi 80,80% pada siklus II. Kreativitas  siswa  pada materi energi dan daya listrik dengan menggunakan metode STEM dari  tahap  pra siklus  , siklus I sampai siklus II  pada kondisi fleksibilitas, kelancaran, elaborasi dan keaslian dalam belajar mengalami perubahan dari kurang kreatif menjadi lebih kreatif. Berdasarkan observasi kemampuan aktivitas diskusi kelompok, pada  pra siklus, siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan. 

Kata Kunci : Kreativitas, STEM, Energi dan Daya Listrik 

Keywords


Kreativitas; STEM; Energi dan Daya Listrik

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v2i2.34681

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah WUNY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Supported by:

RJI Main logo 

Flag Counter

 View My Stats