PEMBELAJARAN BAHASA RESEPTIF BAGI ANAK AUTISME DENGAN PENDEKATAN DISCRETE TRIAL TRAINING(DTT)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas berupa penerapan metode discrete trial training (DTT) dalam upaya meningkatkan bahasa reseptif anak dengan autism dalam belajar. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas awal di kelas 1 SD Negeri 33 pangkalpinang. Penelitian ini akumulatif selama 10 jam pelajaran yang terbagi dalam 5 kali pertemuan. Pertemuan dimulai siklus I tanggal 2 – 3 Oktober 2015, siklus II dilaksanakan pada tanggal 9-10 Oktober 2015 dan siklus II dilaksanakan pada tanggal 6 Nopember 2015. Ketercapaian dilihat berdasar pada penguasaaan materi ditiap tahap pembelajaran. Setiap stimulus dan respon anak didokumentasikan untuk mengetahui tingkat pengulangan dengan semakin sedikit pengulangan menyatakan pemahaman anak. Hasil yang diperoleh pada siklus I subyek Re dapat menguasai 6 dari 10 materi dan subyek RI menguasai 5 materi dari 10 materi, pengulangan stimulus lebih dari 3 kali. Siklus II dilaksanakan dengan merubah stimulus berupa peningkatan reward hasil kegiatan subyek Re dapat menguasai 7 dari 10 materi dan subyek RI menguasai 6 materi dari 10 materi, pengulangan stimulus rata rata 2 kali. Siklus III modifikasi berupa penyesuaian tekanan instruksi yang disesuaikan dengan respon anak. subyek Re dapat menerima respon dengan nada yang lembut menguasai 8 dari 10 materi dan subyek ri menguasai 7 materi dari 10 materi, pengulangan stimulus rata rata dibawah 2 kali. Dengan melihat pengulangan stimulus singkat dan respon yang cepat dan benar maka pembelajaran dianggap berhasil.
Keywords
Stimulus; respon; metode Discrete trial training
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v2i1.30948
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah WUNY
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Supported by: