Sistem Penilaian Otentik dalam Implementasi Kurikulum 2013

Authors

  • Lia Yuliana

DOI:

https://doi.org/10.21831/jwuny.v16i3.2957

Abstract

Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan nasional, pemerintah telah melakukan berbagai upaya seperti halnya pengembangan dan penyempurnaan kurikulum, pengembangan materi pembelajaran, perbaikan sistem evaluasi,  pengadaan buku dan alat-alat pelajaran, perbaikan sarana prasarana pendidikan, peningkatan kompetensi guru, serta peningkatan mutu pimpinan sekolah (Depdiknas, 2001: 3). Namun demikian, upaya tersebut belum menunjukkan hasil sebagaimana yang diharapkan. Kualitas pendidikan dipengaruhi beberapa faktor, seperti: guru, siswa, pengelola sekolah (Kepala Sekolah, karyawan dan Dewan/Komite Sekolah), lingkungan (orangtua, masyarakat, sekolah), kualitas pembelajaran, dan kurikulum.

Published

2015-02-09

How to Cite

Yuliana, L. (2015). Sistem Penilaian Otentik dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah WUNY, 16(3). https://doi.org/10.21831/jwuny.v16i3.2957