PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BAGI SISWA KELAS II SD TULASAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Matematika Realistik di kelas II SD Tulasan dan untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas II SD Tulasan menggunakan pendekatan Matematika Realistik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 2 pembelajaran. Tiap siklus dalam penelitian tindakan kelas terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Tulasan yang berjumlah 18 siswa, terdiri dari 8 siswa laki-laki, dan 10 siswa perempuan. Teknik analisis datanya adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan matematika realstik dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II SD Tulasan. Sebelum penelitian, persentase pencapaian KKM untuk hasil tes anak adalah 50%. Setelah penelitian siklus I menjadi 72%, sedangkan setelah siklus II mencapai 89%. Penelitian ini telah mencapai target yang diharapkan yaitu dapat mencapai KKM dengan tingkat pencapaian minimal 75%.
Keywords
prestasi belajar; matematika; pendekatan matematika realistic
Full Text:
PDFReferences
Ariyadi Wijaya. (2012). Pendidikan Matematika Realistik.Yogyakarta:Graha Ilmu.
Koshy, Valsa (2005) Action Research For Improving Practice. London : SAGE Publication.
Sembiring, R., Hoogland, K., Dolk, M.(2010). A Decade of PMRI in Indonesia. Bandung:Utrecht
Walle, J.A.V.(2007). Matematika:Pengembangan Pengajaran Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Erlangga (diterjemahkan oleh Soyono)
https://modelpembelajaran1.wordpress.com/2016/02/22/sintak-model-pembelajaran-matematik-relistik/) Diakses tanggal 2 Februari 2019.
DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v4i1.26859
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah WUNY
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Supported by: