Efektivitas Pembelajaran berbasis Infographic Project ditinjau dari Statistical Reasoning dan Learning Persistence

Yustina Hilda Yuntari, Department of Mathematics Education, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
Syukrul Hamdi, Department of Mathematics Education, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran berbasis infographic project ditinjau dari statistical reasoning dan learning persistence siswa SMA pada materi Penyajian Data Statistika. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan model pretest-posttest control group design sehingga terdapat kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran berbasis infographic project, sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran ekspositori. Populasi penelitian adalah siswa kelas X di SMA Angkasa Adisutjipto Yogyakarta dengan cluster random sampling. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, pretest-posttest kemampuan statistical reasoning, dan angket learning persistence siswa, yang telah divalidasi. Analisis data yang digunakan adalah uji beda rata-rata multivariat T2 Hotteling’s dan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat ≥ 75% siswa tuntas mencapai KKTP (minimal 75) dalam kemampuan statistical reasoning; (2) terdapat ≥ 75% siswa memiliki learning persistence pada kategori tinggi (skor angket > 70); (3) terdapat perbedaan rata-rata nilai posttest kedua kelas yaitu rata-rata statistical reasoning dan learning persistence kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol; (4) nilai rata-rata posttest statistical reasoning kelas eksperimen sebesar 83,27 ≥ 75 (KKTP); dan (5) nilai rata-rata postscale angket learning persistence siswa sebesar 81,44 mencapai kategori tinggi (>70). rata-rata nilai posttest statistical reasoning kelas eksperimen (≥ 75 mencapai KKTP), Sehingga, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis infographic project efektif ditinjau dari statistical reasoning dan learning persistence siswa SMA.

Keywords


Project Based Learning (PjBL); Infographic Project; Statistical Reasoning; Learning Persistence

References


Alamri, M. M. (2022). Investigating students’ adoption of MOOCs during COVID-19 pandemic: Students’ academic self-efficacy, learning engagement, and learning persistence. Sustainability (Switzerland), 14(714). https://doi.org/10.3390/su14020714.

American Statistical Association. (2016). Guidelines for assessment and instruction in statistics education: College report. In Report (Issue July). https://www.amstat.org/docs/default-source/amstat-documents/gaisecollege_full.pdf.

Battelle for Kids. (2019). Framework for 21st Century Learning Definitions. In Partnership for 21st Century Learning. https://static.battelleforkids.org/documents/p21/p21_framework_definitionsbfk.pdf.

Dzulfikar, A. (2021). Pengaruh kecemasan statistika terhadap kemampuan penalaran statistik dalam pembelajaran kolaboratif berbantuan edmodo. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.30656/gauss.v4i2.3991.

Franklin, C., Kader, G., Mewborn, D., Moreno, J., Peck, R., Perry, M., & Scheaffer. (2007). Guidelines for assessment and instruction in statistics education (GAISE) report: A pre-K-12 curriculum framework (Vol. 9, Issue August 2005).

Garfield, J., & Ben-Zvi, D. (2008). Preparing school teachers to develop students’ statistical reasoning. Joint ICMI/IASE Study: Teaching Statistics in School Mathematics. https://iase-web.org/documents/papers/rt2008/T4P6_Garfield.pdf?1402524990.

Garfield, J. B., Ben-Zvi, D., Chance, B., Medina, E., Roseth, C., & Zieffler, A. (2008). Developing students’ statistical reasoning: Connecting research and teaching practice. Dalam Developing Students’ Statistical Reasoning: Connecting Research and Teaching Practice. https://doi.org/10.1007/978-1-4020-8383-9.

Gerhana, M. T. C. (2015). Efektivitas metode pembelajaran project based learning ditinjau dari minat dan hasil belajar siswa pada pembelajaran statistika sub bab menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram Kelas XI IPS SMA Pangudi Luhur Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015 [Skripsi]. Universitas Sanata Dharma.

Hill, N. (2004). Think and grow rich. The Ralston Society, Meridian Conn.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21: Kunci sukses implementasi kurikulum 2013. In Prosiding TEP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21. Ghalia Indonesia.

Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2015). Pengaruh project based learning terhadap motivasi belajar, kreativitas, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 9–21. https://journal2.um.ac.id/index.php/jpb/article/view/713.

Ismail, R. (2018). Perbandingan keefektifan pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari ketercapaian tujuan pembelajaran. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 188. https://doi.org/10.21831/pg.v13i2.23595.

Jones, G. A., Langrall, C. W., Mooney, E. S., & Thornton, C. A. (2004). Models of development in statistical reasoning. In The Challenge of Developing Statistical Literacy, Reasoning and Thinking. https://doi.org/10.1007/1-4020-2278-6_5.

Kamid, Kurniawan, D. A., Perdana, R., Widodi, B., Triani, E., Yathasya, D., & Fadillah, P. (2023). The persistence character and math processing skills of elementary school students in thematic learning. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 7(2), 363–373. https://doi.org/10.23887/jisd.v7i2.55094.

Kemendikbud. (2014). Materi pelatihan guru implementasi kurikulum 2013. In Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Issue 01). Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2020). Booklet Pembelajaran Daring. In Z. Balqis (Ed.), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/12/Booklet-Pembelajaran-Daring.pdf.

Kemendikbudristek. (2023). Rapor pendidikan Indonesia tahun 2023 diambil dari data pendidikan tahun 2022. https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id.

Klein, J. I., Taveras, S., King, S. H., Commitante, A., Curtis-Bey, L., & Stripling, B. (2009). Project-based learning: Inspiring middle school students to engage in deep and active learning. In Division of Teaching and Learning Office of Curriculum, Standards and Academic Engagement.

Kusuma, U. I., & Widjayanti, D. B. (2019). Efektivitas pendekatan project-based learning berbasis multiple intelligences ditinjau dari kemampuan statistical literacy dan sikap ilmiah siswa SMP [Thesis]. Universitas Negeri Yogyakarta.

La Nani, K., Bakar, M. T., & Saidi, S. (2020). Peningkatan kemampuan penalaran statistis mahasiswa melalui pembelajaran berbasis proyek berbantuan ICT. EDUKASI, 18(2), 304–319. https://doi.org/10.33387/j.edu.v18i2.2119.

Lubis, N. H. M. (2023). Penerapan model project based learning pada pembelajaran mengontruksi karya ilmiah di SMA. LITERASI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 13(1), 120–129. https://doi.org/10.23969/literasi.v13i1.6806.

Maryati, I. (2017). Analisis kesulitan dalam materi statistika ditinjau dari kemampuan penalaran dan komunikasi statistis. PRISMA, 6(2). https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.209.

Masni, E. D., Ralmugiz, U., & Rukman, N. K. (2020). Peningkatan kemampuan penalaran dan komunikasi statistik mahasiswa melalui pembelajaan statistik inferensial berbasis proyek dengan meninjau gaya kognitif mahasiswa. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 12–26. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v5i2.401.

Mendikbud RI. (2016). Permendikbud RI No 22 Tahun 2016. (Jakarta, Mendikbud RI).

Miarsyah, M., Putrawan, I. M., & Hermadianti, D. (2018). Hubungan antara ketekunan (persistence) dengan hasil belajar biologi: Studi korelasional terhadap siswa kelas X MIA di SMA Negeri 102 Jakarta. BIOSFER: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 29–36. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.9-2.5.

Murphy, T. (2018). Infographics powered by SAS: Data visualization techniques for business reporting. SAS Institue Inc.

Nur Islamiati, & Nasruddin. (2020). Disposisi matematis siswa pada penerapan etnomatematika dalam pembelajaran matematika. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 10(1), 1–6. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.241.

Organisation for Economic Co-operation and Development. (2023). PISA 2022 result (Volume I): The state of learning and equity in education. https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2022-results-volume-i_53f23881-en.

Panggabean, R. F. S. B., & Tamba, K. P. (2020). Kesulitan belajar matematika: Analisis pengetahuan awal [Difficulty in learning mathematics: Prior knowledge analysis]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 4(1), 17–30. https://doi.org/10.19166/johme.v4i1.2091.

Partnership for 21st Century Learning. (2015). Partnership for 21st century skills-core content integration. In Partnership for 21st Century Learning.

Peraturan Pemerintah RI Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan (2021).

Pertiwi, D. R., & Kusumaningrum, M. A. D. (2021). The infographic project in speaking activities. JELLT (Journal of English Language and Language Teaching), 5(1), 52–62. https://doi.org/10.36597/jellt.v5i1.10026.

Rahmawati, R., Mujib, A., & Zahari, C. L. (2022). Analisis penalaran statistika berbasis soal HOTS. Jurnal MathEducation Nusantara, 5(1), 118–124. https://doi.org/10.54314/jmn.v5i1.289.

Setianingsih, W. L., Ekayanti, A., & Jumadi, J. (2022). Analisis kemampuan numerasi siswa SMP dalam menyelesaikan soal tipe asesmen kompetensi minimum (AKM). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3262–3273. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5915.

Subekti, F. E., & Jazuli, A. (2022). Pengembangan modul aplikasi penelitian berbasis penalaran statistik. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 1–11. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4190.

Thomas, J. W. (2000, March). A review of research on project-based learning. http://www.bobpearlman.org/BestPractices/PBL_Research.pdf.

Tim Direktorat Pembinaan SMA. (2017). Panduan penilaian oleh pendidik dan satuan pendidikan sekolah menengah atas.

Widoyoko, S. E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran (Instructional Program Evaluation). In Pustaka Pelajar. Pustaka Pelajar.

Zhang, F., Xu, X., Peng, W., & Guo, C. (2024). Educational expectations and academic persistence among rural adolescents: The protective role of high self-esteem. Behavioral Scince, 14, 888. https://doi.org/10.3390/bs14100888.




DOI: https://doi.org/10.21831/pythagoras.v19i1.76174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PYTHAGORAS: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika indexed by:


Creative Commons License Pythagoras is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras.

All rights reserved p-ISSN: 1978-4538 | e-ISSN: 2527-421X

Visitor Number:

View Pythagoras Stats